Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP Argentina

Double long lap penalti yang dijatuhkan kepadanya hangus

Marc Marquez telah menjalani operasi usai mengalami insiden main race MotoGP 2023 seri Portugal. Meski begitu, pembalap Repsol Honda itu akan absen di GP Argentina yang akan berlangsung pada 31 Maret--2 April 2023 mendatang.

Lantas, seperti apa kondisi Marc Marquez setelah operasi dilakukan? Lalu, apakah hukuman double long lap penalty untuk Marc Marquez akan hangus begitu saja? Simak ulasannya berikut ini!

 

1. Marc Marquez terlibat insiden dengan Miguel Oliveira saat main race GP Portugal

Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP ArgentinaMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (twitter.com/MotoGP)

Marc Marquez mengalami insiden lap ketiga main race GP Portugal. Ia menabrak Miguel Oliveira saat berusaha melewati tikungan 3. Kedua pembalap gagal meneruskan balapan akibat insiden tersebut.

Marc Marquez dan Miguel Oliveira langsung dibawa ke Medical Centre selepas insiden. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa Miguel Oliveira mengalami memar pada kaki kanan.

Sementara itu, Marc Marquez didiagnosis menderita patah tulang metakarpal pada tangan kanannya. Oleh karena itu, Marc Marquez perlu mendapat pemeriksaan lebih lanjut selepas GP Portugal.

2. Marc Marquez langsung terbang ke Spanyol guna jalani operasi

Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP ArgentinaMarc Marquez saat berada di garasi tim Repsol Honda. (twitter.com/HRC_MotoGP)

Marc Marquez langsung terbang ke Spanyol guna menjalani pemeriksaan secara mendetail. Ia menjalani operasi di Ruber Internacional Hospital yang berlokasi di Madrid.

Diagnosis awal juga dibenarkan oleh pihak rumah sakit. Pembalap bernomor motor 93 itu mengalami patah tulang pangkal metakarpal pertama di ibu jari tangan kanan. 

Melansir Honda Racing Corporation, operasi berlangsung lancar dengan melalui proses pengurangan fraktur tertutup dan fiksasi internal menggunakan dua sekrup. Dr. Ignacio Roger de Ona bertindak sebagai pemimpin tim operasi dan dibantu oleh Dr. Samuel Antuna serta Dr. Andrea Garcia Villanueva.

Baca Juga: Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP Portugal

3. Marc Marquez dijadwalkan kembali balapan di GP Amerika pada pertengahan April 2023

Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP Argentinapembalap Repsol Honda Marc Marquez (motogp.com)

Meski telah menjalani operasi, Marc Marquez tetap akan absen di GP Argentina. Pemilik enam gelar juara dunia kelas utama MotoGP itu dijadwalkan kembali ke lintasan di GP Amerika pada pertengahan April 2023 mendatang.

Mengutip Speedweek, Repsol Honda tak akan menurunkan pembalap pengganti untuk mengisi posisi Marc Marquez. Alhasil, Joan Mir saja yang akan memperkuat tim utama Honda saat balapan di Circuit of The Americas.

4. Absen di GP Argentina berimbas pada hangusnya double long lap penalty. Kok, bisa?

Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP ArgentinaMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (motogp.com)

Absennya Marc Marquez di GP Argentina juga berimbas pada hukuman double long lap penalty yang diberikan kepadanya. Pasalnya, hukuman yang dijatuhkan oleh stewards secara spesifik menyebut bahwa penalti hanya berlaku saat balapan di Termas de Rio Hondo akhir pekan nanti.

Berkaca dari hal tersebut, hukuman double long lap penalty untuk Marc Marquez akan hangus. Pembalap berusia 30 tahun itu tidak perlu melakoni hukuman saat kembali mengaspal di GP Amerika.

 

5. Selain Marc Marquez, ada dua pembalap lain yang juga absen di GP Argentina

Selesai Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP ArgentinaEnea Bastianini terlibat insiden dengan Luca Marini saat sprint race MotoGP Portugal 2023. (motogp.com)

Selain Marc Marquez, ada dua pembalap lainnya yang pasti absen di GP Argentina. Mereka adalah Enea Bastianini dan Pol Espargaro.

Pol Espargaro harus menepi lantaran mengalami patah tulang punggung, rahang, dan memar pada paru-paru usai terjatuh saat sesi latihan kedua GP Portugal. Sementara itu, Enea Bastianini menderita cedera bahu kanan setelah terlibat insiden dengan Luca Marini saat sprint race

Dengan tiga pembalap absen, maka tersisa 19 pembalap yang bertarung di MotoGP 2023 seri Argentina. Semoga tak ada lagi pembalap yang mengalami cedera pada seri-seri berikutnya, ya!

Baca Juga: Marc Marquez: Yang Terpenting Miguel Oliveira Baik-baik Saja

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya