Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP Portugal

Oliveira terlibat insiden dengan Marc Marquez

Miguel Oliveira menelan pil pahit pada main race MotoGP 2023 Portugal yang berlangsung, Minggu (26/3/2023) malam WIB. Ia gagal finis usai mengalami insiden dengan Marc Marquez.

Hasil kurang beruntung itu tak ayal bikin Miguel Oliveira kecewa. Padahal, ia punya peluang membuat publik negaranya sendiri bersorak sebab ia sempat memimpin jalannya balapan. 

1. Oliveira sempat memimpin balapan pada lap pertama sebelum disalip Francesco Bagnaia

Miguel Oliveira sejatinya memulai balapan dengan baik. Menempati posisi start keempat, Oliveira langsung melesat ke posisi pertama saat balapan baru berumur satu lap.

Namun, Oliveira gagal mempertahankan kedudukannya sebagai pemimpin balapan. Pada lap 2, ia disalip Bagnaia sehingga turun ke posisi kedua.

2. Oliveira ditabrak Marc Marquez saat memasuki tikungan 3

Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP PortugalMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (motogp.com)

Memasuki lap ketiga, Oliveira masih berusaha mengejar Bagnaia demi mengambil alih kembali posisi pertama. Bukannya menyalip Bagnaia, Oliveira justru tertimpa nasib malang karena ditabrak oleh Marc Marquez di tikungan 3.

Akibatnya, Oliveira dan Marc Marquez gagal tuntaskan balapan. Setelah insiden, Marc Marquez terlihat masuk ke garasi RNF Racing guna bertemu dengan Oliveira untuk meminta maaf. 

Baca Juga: Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGP

3. Oliveira kecewa gagal meraup poin saat main race di hadapan publik negara sendiri

Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP Portugalpembalap RNF Racing Miguel Oliveira (motogp.com)

Kegagalan meraup poin pada main race MotoGP Portugal tentu menyisakan rasa kecewa dalam diri Oliveira. Pembalap bernomor motor 88 itu tahu motornya punya kecepatan yang mumpuni untuk bisa bersaing dalam perebutan posisi lima besar.

"Aku termotivasi dan benar-benar tenang pada balapan ini sebab aku tahu aku punya kecepatan yang bagus untuk bertarung demi posisi lima besar. Sejak Sabtu, tempat terburukku adalah posisi keenam saat warm-up sehingga aku cukup kompetitif akhir pekan ini.

Sangat mengecewakan mengakhiri balapan seperti ini. Lebih mengecewakan lagi karena Marc Marquez juga mengalami luka," ucap Oliveira dilansir Crash.

4. Oliveira menilai Marc Marquez terlambat mengerem saat berupaya melibas tikungan 3

Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP PortugalMarc Marquez dan Miguel Oliveira terlibat insiden saat main race GP Portugal 2023. (twitter.com/MotoGP)

Mengenai manuver Marc Marquez, Oliveira merasa pembalap Repsol Honda itu terlambat mengerem ketika berusaha melewati tikungan 3. Kondisi tersebut mengakibatkan motor Marc Marquez kesulitan berhenti yang berujung menghantam Oliveira.

"Dia mengerem terlambat karena mungkin terlalu optimistis untuk menyalip. Dia harus menghindari Jorge Martin karena dia tidak punya cukup waktu untuk berhenti. Kemudian, dia tak bisa menghindariku.

Tak ada insiden yang terjadi dengan sengaja, itu jelas. Namun, dia mungkin ingin mendapatkan posisi dalam beberapa lap. Aku pikir, itu adalah tempat yang salah untuk melakukannya," jelas Oliveira.

5. Marc Marquez dijatuhi hukuman double long lap penalty akibat insiden dengan Miguel Oliveira

Miguel Oliveira Kecewa Gagal Finis karena Insiden di MotoGP PortugalMarc Marquez mengecek kondisi Miguel Oliveira saat insiden di GP Portugal 2023. (motogp.com)

Melansir MotoGP, Marc Marquez dijatuhi hukuman double long lap penalty imbas dari insiden dengan Miguel Oliveira. Manuver tersebut dianggap sebagai berkendara secara tidak bertanggung jawab dan melanggar pasal 1.21.2 regulasi FIM World Championship Grand Prix.

Hukuman tersebut bakal dijalani saat GP Argentina asal Marc Marquez dinyatakan dalam kondisi fit untuk turun balapan. Jika Marc Marquez absen saat balapan di Autodromo Termas de Rio Hondo, maka hukuman dapat ditunaikan pada seri berikutnya.

Marc Marquez dan Miguel Oliveira langsung dibawa ke Medical Centre selepas insiden. Oliveira mengalami memar pada kaki kanannya. Di sisi lain, Marc Marquez akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut karena ada kemungkinan ia mengalami patah tulang metakarpal pada tangan kanannya.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Kuasai Portugal

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya