Comscore Tracker

Marc Marquez Finis Terdepan di GP Jerez

Dovizioso, Lorenzo dan Pedrosa alami kecelakaan beruntun

Marc Marquez kembali merebut kemenangan di MotoGP musim ini. Setelah sukses menaklukan Circuit of The Americas dua pekan lalu, kini giliran Jerez yang jadi saksi keperkasaan Baby Alien, julukan Marquez. Marc Marquez berhasil finis di depan Johann Zarco dengan jarak waktu 5,241 detik.

Di belakang Zarco, Pebalap Suzuki Ecstar Andrea Ianone mampu naik podium setelah finis di posisi ketiga. Ini menjadi podium keduanya di musim ini setelah sebelumnya berhasil finis di posisi yang sama pada GP Amerika Serikat lalu.

Hasil ini membuat Marc Marquez memimpin klasemen pebalap dengan 70 poin, menggusur Andrea Dovizioso yang pada balapan kali ini gagal mendulang poin karena mengalami kecelakaan. Posisi kedua di klasemen pebalap diduduki oleh Johann Zarco dengan 58 poin dan Maverick Vinales di posisi ketiga dengan 50 poin.

1. Lorenzo sempat memimpin jalannya lomba

Marc Marquez Finis Terdepan di GP JerezMotoGP.com

Selepas lampu start padam, Jorge Lorenzo yang berada di posisi start keempat langsung memimpin jalannya race. Dani Pedrosa dan Johann Zarco membuntuti di posisi kedua dan ketiga. Cal Crutchlow yang berstatus pole position melorot ke posisi keempat dan dibayangi oleh Marc Marquez. Sementara itu, dua pebalap pabrikan Yamaha Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkutat di posisi kesembilan dan kesepuluh.

Tak butuh waktu lama bagi Marquez untuk merangsek naik dan menempati posisi terdepan. Pada lap ketiga, Marquez merebut posisi kedua dari Dani Pedrosa dan berusaha mengejar Jorge Lorenzo yang masih memimpin jalannya balapan. Lima lap berselang menjadi momen emas Marquez mengambil alih lomba.

Dikutip dari Crash.net, pebalap Repsol Honda itu mampu menyalip Lorenzo di tikungan terakhir dan memulai lap kesembilan sebagai pemimpin lomba sementara Crutchlow harus terjatuh di lap yang sama.

2. Dovizioso, Lorenzo, dan Pedrosa alami kecelakaan di lap 18

Marc Marquez Finis Terdepan di GP JerezTwitter MotoGP

Saat Marquez makin nyaman memimpin balapan tejadi persaingan sengit yang melibatkan tiga pebalap di belakangnya. Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso saling salip menyalip untuk memperebutkan posisi kedua. Namun, nasib nahas harus diterima ketiganya. Pada lap 18 tepatnya di tikungan keenam, ketiganya harus keluar lomba karena saling bersenggolan.

Andrea Dovizioso yang berusaha menyalip Jorge Lorenzo melebar dan gagal menyusul rekan setimnya itu. Di saat yang bersamaan, Lorenzo berusaha untuk merapat ke dalam tikungan. Tetapi, Lorenzo tidak menyadari bahwa di sisi kanan sudah ada Dani Pedrosa dan keduanya pun bertabrakan. Motor Lorenzo pun menyenggol Andrea Dovizioso sehingga membuat pebalap Italia itu turut terkena imbas. Kecelakaan ini pun membuka jalan bagi Johann Zarco untuk finis di posisi runner up.

3. Persaingan posisi ketiga libatkan empat pebalap sekaligus

Marc Marquez Finis Terdepan di GP JerezMotoGP.com

Selain itu, seperti dikutip dari Autosport.com, kecelakaan tersebut juga memberi kesempatan bagi empat pebalap untuk berebut posisi ketiga. Adalah Danilo Petrucci, Andrea Iannone, Jack Miller dan Valentino Rossi berada dalam persaingan untuk satu tempat terakhir di podium. Pada akhirnya, Andrea Iannone berhak atas posisi ketiga disusul Petrucci di posisi keempat.

Valentino Rossi mampu menyelesaikan lomba di posisi kelima menungguli Jack Miller yang finis satu strip dibawahnya diikuti oleh Maverick Vinales yang mengakhiri lomba di posisi ketujuh. Sementara itu, pebalap Malaysia Hafizh Syahrin harus menerima kenyataan gagal mendulang poin pada balapan kali ini. Rekan setim Johann Zarco itu hanya mampu finis di urutan ke-16 dan berada di belakang Scott Redding yang meraup satu poin setelah finis ke-15.

4. Ini hasil lengkap balapan MotoGP 2018 seri Jerez, Spanyol

Marc Marquez Finis Terdepan di GP JerezMotoGP.com

Balapan MotoGP berikutnya akan menyambangi Le Mans, Prancis pada 20 Mei mendatang. Untuk kamu yang penasaran dengan hasil balapan yang berlangsung Minggu (6/5/2018), berikut kami sajikan hasil lengkapnya seperti dilansir oleh Motorsport.com.

1    Marc Márquez     Honda RC213V    41:39.678
2    Johann Zarco           Yamaha YZR-M1    5.241
3    Andrea Iannone       Suzuki GSX-RR      8.214
4    Danilo Petrucci                Ducati GP18    8.617
5    Valentino Rossi     Yamaha YZR-M1       8.743
6    Jack Miller                       Ducati GP17    9.768
7    Maverick Viñales     Yamaha YZR-M1  13.543
8    Álvaro Bautista              Ducati GP17    14.076
9    Franco Morbidelli     Honda RC213V    16.822
10    Mika Kallio                    KTM RC16    19.405
11    Pol Espargaró                 KTM RC16    21.149
12    Takaaki Nakagami     Honda RC213V  21.174
13    Bradley Smith                KTM RC16    21.765
14    Tito Rabat                     Ducati GP17    22.103
15    Scott Redding            Aprilia RS-GP    36.755
16    Hafizh Syahrin      Yamaha YZR-M1    41.861
17    Xavier Siméon               Ducati GP16    49.241
18    Karel Abraham              Ducati GP16    1 lap
DNF    Jorge Lorenzo            Ducati GP18    
DNF     Andrea Dovizioso     Ducati GP18    
DNF    Dani Pedrosa             Honda RC213V    
DNF    Cal Crutchlow          Honda RC213V    
DNF    Thomas Lüthi           Honda RC213V    
DNF    Álex Rins                 Suzuki GSX-RR    
DNF    Aleix Espargaró       Aprilia RS-GP    

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Community Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You