Comscore Tracker

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021

Marc Marquez belum capai performa terbaiknya pasca cedera

Marc Marquez sudah raih dua kemenangan di MotoGP 2021. Pembalap Repsol Honda itu raih podium tertinggi pada GP Jerman dan GP Amerika.

Walau begitu, Marc Marquez masih merasa kesulitan menghadapi ketatnya persaingan di musim ini. Hal ini terjadi lantaran kondisi fisiknya yang belum sepenuhnya pulih pasca cedera yang dialaminya musim lalu.

1. Marc Marquez sudah kantongi dua kemenangan pasca absen panjang akibat cedera

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021Marc Marquez angkat trofi usai menangi GP Amerika (motogp.com)

Marc Marquez baru comeback pada GP Portugal di musim 2021 pasca cedera yang dideritanya saat balapan GP Spanyol di Jerez pada Juli 2020 lalu. Saat kembali musim ini, ia tak lantas langsung bisa meraih kemenangan.

Kakak kandung Alex Marquez itu kembali meraih finis pertama pada GP Jerman di Sachsenring. Terbaru, ia mampu finis terdepan pada balapan GP Amerika di Circuit of The Americas (COTA).

2. Marc Marquez akui musim 2021 adalah waktu yang berat untuk dijalani

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021Marc Marquez saat bersiap jelang balapan GP Amerika (motogp.com)

Walau sudah mengantongi dua kemenangan, Marc Marquez masih merasa kehilangan ‘sentuhan khusus’. Baginya, musim ini adalah waktu yang benar-benar berat untuk dijalani.

“Untukku, musim ini adalah musim yang berat dan benar-benar aneh. Aku tak pernah merasakan perasaan semacam ini di dalam karierku sebelumnya. 

Terkadang, aku alami insiden dan tak mengerti mengapa bisa terjadi. Terkadang, aku bisa cepat dan aku bisa juga lambat. Aku juga tak bisa mengerti”, kata Marc Marquez dilansir speedcafe.com.

Baca Juga: Marc Marquez Dedikasikan Trofi GP Aragon untuk Hugo Milan

3. Bisa membalap dengan lebih baik, Marc Marquez tekankan performanya masih belum di level optimal

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021Marc Marquez memimpin balapan GP Amerika (motogp.com)

Walau begitu, Marc Marquez mengaku sedikit demi sedikit bisa berkendara dengan lebih baik. Tapi, ia menekankan performanya masih belum berada di level yang optimal.

“Aku butuh bekerja keras karena itu (performa yang optimal) masih jauh. Sentuhan khusus yang kupunya belum ada saat mengendarai motor ini (RC213V)”.

4. Kevin Schwantz beri pendapat tentang kemenangan Marc Marquez di GP Jerman

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021Marc Marquez saat menangi GP Jerman (motogp.com)

Sementara itu, Kevin Schwantz memberi pendapatnya terkait performa Marc Marquez di musim 2021. Menurut juara dunia kelas utama musim 1993, GP Jerman berpeluang jadi momentum perubahan besar untuk gelaran MotoGP musim ini.

“Aku sebenarnya melihat balapan di Sachsenring secara langsung. Dan, aku berpikir seseorang telah kembali dari cedera fisik. Kemudian, pada balapan yang secara teknis menantang, dia (Marc Marquez) mampu melaju dan meninggalkan yang lain. Aku pikir musim ini akan alami perubahan besar di sana.

“Tapi, tampaknya ia belum memiliki kepercayaan diri di beberapa balapan dan melihat beberapa pembalap beradu kecepatan dengannya seperti Bagnaia di Aragon adalah hal bagus. Luar biasa melihat beberapa pembalap berada di deretan depan setiap akhir pekan”, ujar Schwantz dikutip Crash.net.

5. Posisi Marc Marquez di klasemen sementara saat MotoGP 2021 tersisa tiga seri balap

Menang Dua Kali, Marc Marquez Masih Kesulitan di MotoGP 2021Marc Marquez saat menunggangi RC213V pada GP Amerika (motogp.com)

MotoGP 2021 tinggal tersisa tiga balapan lagi. Marc Marquez untuk sementara berada di posisi ketujuh dengan 117 poin. Ia sudah meraih tiga kali podium dengan dua berbuah kemenangan di GP Jerman dan Amerika. Ia sekali meraih runner-up di GP Aragon.

Hasil bagus yang didapat Marc Marquez semuanya didapat pada sirkuit berkarakter anti-clockwise atau sirkuit yang memiliki tikungan ke kiri lebih banyak. Pada tiga balapan tersisa, hanya GP Valencia saja yang berkarakter anti-clockwise.

Sementara itu, GP Emilia Romagna yang berlangsung di Misano dan GP Algarve termasuk ke dalam sirkuit clockwise atau dominan tikungan ke kanan.

Meski alami kesulitan di sirkuit clockwise pasca cedera di lengan kanan, bukan tidak mungkin pembalap bernomor motor 93 itu bisa raih hasil bagus di dua sirkuit tersebut. Jadi, mari kita nantikan!

Baca Juga: Kesempurnaan Marc Marquez di MotoGP Amerika Serikat

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya