Comscore Tracker

Max Verstappen Menangi GP Miami, Duo Ferrari Finis Podium

Kemenangan perdana Verstappen pada GP Miami

Max Verstappen menuntaskan balapan Formula 1 2022 GP Miami sebagai pemenang. Pembalap Red Bull itu kembali mengasapi Charles Leclerc yang finis sebagai runner-up. Sementara itu, Carlos Sainz melengkapi komposisi podium dengan finis di posisi ketiga.

Sejumlah aksi dan insiden mewarnai balapan yang berlangsung pada Senin (9/5/2022). Seperti apa keseruan balapan GP Miami?

1. Leclerc pimpin balapan selepas start, tetapi disalip Verstappen pada lap sembilan

Selepas lampu start padam, Leclerc yang meraih pole position langsung memimpin jalannya balapan. Sementara itu, Sainz disalip Verstappen sehingga dirinya melorot ke posisi tiga.

Keunggulan Leclerc tak berlangsung lama. Pada lap sembilan, Verstappen sukses menyalip pembalap berkebangsaan Monako itu di trek lurus menjelang tikungan satu. Jarak kedua pembalap yang tak terlalu jauh membuat Verstappen mendapat keuntungan membuka DRS untuk mengasapi Leclerc.

2. Pierre Gasly dan Lando Norris terlibat insiden pada lap 41

Max Verstappen Menangi GP Miami, Duo Ferrari Finis PodiumPierre Gasly dan Lando Norris terlibat insiden pada GP Miami 2022. (twitter.com/F1)

Selepas menyalip Leclerc, Verstappen mampu memperlebar jarak dengan rivalnya hingga mencapai 7,5 detik. Namun, jarak sejauh itu kembali menipis lantaran safety car masuk ke trek. Hal tersebut dipicu insiden yang melibatkan Pierre Gasly dan Lando Norris pada lap 41.

Dilansir PlanetF1, mobil Gasly mengalami kontak dengan mobil Norris yang membuat MCL36 milik Norris spin dan kehilangan ban belakang. Sebelum safety car masuk, balapan berlangsung dalam status virtual safety car (VSC).

Balapan kembali berlanjut normal tanpa safety car pada lap 47. DRS dapat digunakan para pembalap beberapa lap kemudian.

Baca Juga: Max Verstappen Menangi GP Imola, Charles Leclerc Gagal Naik Podium

3. Leclerc berupaya mengejar Verstappen untuk merebut posisi pertama, tetapi gagal

Max Verstappen Menangi GP Miami, Duo Ferrari Finis PodiumMax Verstappen dan Charles Leclerc pada balapan GP Miami 2022 (twitter.com/F1)

Kembalinya balapan ke dalam kondisi normal membuat persaingan di deretan depan kembali sengit. Berulang kali Leclerc mencoba menyalip Verstappen dengan memanfaatkan keuntungan DRS yang dimilikinya. Namun, upaya itu tak mampu menggoyahkan posisi Verstappen dari pimpinan balapan.

Sementara itu, Perez yang sempat mengganti ban ke kompon medium saat safety car masuk ke trek juga terus memburu Sainz guna meraih posisi ketiga. Perez gagal merebut posisi ketiga dari pembalap asal Spanyol tersebut.

Sejatinya, Perez melakukan manuver menyalip pada lap 52 di tikungan 1. Namun, ban depannya terkunci dan membuat mobilnya melebar. Alhasil, kesempatan emas yang ada di depan matanya terbuang sia-sia.

Pada prosesnya, Verstappen menuntaskan balapan berdurasi 57 lap itu sebagai pemenang. Duo Ferrari menyudahi GP Miami dengan masing-masing menempati posisi kedua serta ketiga.

 

4. Verstappen mengakui balapan GP Miami menguras fisiknya

Max Verstappen Menangi GP Miami, Duo Ferrari Finis PodiumMax Verstappen diwawancara usai balapan GP Miami 2022. (twitter.com/F1)

Ditemui seusai balapan, Verstappen mengakui jika GP Miami adalah balapan yang luar biasa. Juara dunia Formula 1 musim 2021 lalu itu juga menyebut balapan kali ini begitu menguras fisiknya.

"Itu balapan yang luar biasa. Sangat menguras fisik, tetapi aku pikir kami terus membuatnya menarik hingga akhir. Saya menghargai banyaknya pertarungan. Rasanya agak seperti itu di luar sana.

Akan tetapi, aku sangat senang dengan kemenangan di sini. Ini menjadi hari Minggu menakjubkan untuk kami," ujar Verstappen dilansir situs resmi Formula 1.

5. Kemenangan Verstappen pada GP Miami pangkas keunggulan poin Leclerc di klasemen

Max Verstappen Menangi GP Miami, Duo Ferrari Finis Podiumklasemen pembalap Formula 1 usai GP Miami 2022 (twitter.com/F1)

Kemenangan Verstappen pada GP Miami ditambah tambahan satu poin karena mencatatkan waktu tercepat saat balapan makin mengikis keunggulan Leclerc pada klasemen sementara pembalap. Pembalap bernomor mobil 16 itu kini berjarak 19 poin dari Verstappen.

Tak hanya keunggulan poin Leclerc yang terpangkas, Ferrari juga kian dikejar Red Bull di klasemen konstruktor. Tim berlogo kuda jingkrak sudah mengoleksi 157 poin. Mereka kini hanya punya keunggulan enam poin dari Red Bull.

Formula 1 akan menggelar seri keenam di Barcelona, Spanyol, pada 20—22 Mei 2022 mendatang. Akankah Ferrari mampu membalas kekalahan pada GP Miami? Atau justru Red Bull yang makin menancapkan dominasinya?

Baca Juga: Charles Leclerc Raih Pole Position F1 GP Miami, Ferrari Start 1-2

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya