Menangi GP Argentina, Aleix Espargaro Bersyukur Punya Motor Bagus

Sebut RS-GP 2022 sebagai motor terbaik sepanjang kariernya

Aleix Espargaro berhasil mencatatkan sejarah pada GP Argentina. Pembalap asal Spanyol itu mampu memenangi balapan yang berlangsung di Termas de Rio Hondo pada Senin (4/4/2022) dini hari WIB.

Kemenangan ini sangat dinantikan Aleix Espargaro dan Aprilia, sebab mereka belum pernah menang di kelas utama MotoGP. Seusai balapan, kakak kandung Pol Espargaro mengucap syukur memiliki motor RS-GP yang membantunya meraih kemenangan.

1. Aleix Espargaro sukses meraih pole position, mengungguli Jorge Martin dan Luca Marini

Menangi GP Argentina, Aleix Espargaro Bersyukur Punya Motor BagusAleix Espargaro pada GP Argentina 2022 (motogp.com)

Aleix Espargaro sejatinya sudah menunjukkan penampilan bagus sejak sesi latihan. Ia mampu lolos langsung ke sesi kualifikasi kedua (Q2) usai mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan kedua.

Saat kualifikasi, Aleix Espargaro mampu memberikan hasil maksimal. Ia sukses merebut pole position mengungguli Jorge Martin (Pramac Racing) dan Luca Marini (Moonet VR46 Racing). Itu menjadi pole position ketiga Aleix Espargaro sepanjang berkiprah di kelas premier sekaligus menjadi pole position pertama Aprilia pada era MotoGP.

2. Aleix Espargaro mencatatkan sejumlah rekor setelah meraih kemenangan pada GP Argentina

Menangi GP Argentina, Aleix Espargaro Bersyukur Punya Motor BagusAleix Espargaro menyalip Jorge Martin pada balapan GP Argentina 2022. (motogp.com)

Saat balapan, Aleix Espargaro konsisten berada di barisan depan meski sempat kehilangan posisi pertama dari Jorge Martin. Namun, pembalap bernomor motor 41 berupaya untuk mengejar Jorge Martin demi finis sebagai pemenang.

Puncaknya, Aleix Espargaro sukses merebut posisi pimpinan balapan pada lap 21 setelah beberapa kali melakukan kesalahan saat hendak melibas Jorge Martin. Ia pun mampu mempertahankan posisi itu hingga chequered flag dikibarkan. 

Kemenangan Aleix Espargaro menghadirkan sejumlah catatan. Itu menjadi kemenangan perdana Aleix Espargaro sepanjang berkiprah di semua kelas MotoGP. Selain itu, capaiannya juga menjadi kemenangan perdana Aprilia di kelas utama MotoGP.

Baca Juga: Rekam Jejak Maverick Vinales dan Aleix Espargaro di MotoGP Argentina

3. Kemenangan GP Argentina bertepatan dengan start balap ke-200 di kelas utama MotoGP

Menangi GP Argentina, Aleix Espargaro Bersyukur Punya Motor Bagusekspresi kegembiraan Aleix Espargaro usai menangi GP Argentina 2022 (motogp.com)

Kemenangan yang diraih Aleix Espargaro bertepatan dengan dua ratus start balap yang sudah dilaluinya selama berada di kelas tertinggi MotoGP. Tentu ini menjadi hal yang membanggakan baginya karena telah banyak lika-liku yang dilalu Aleix hingga bisa memenangi GP Argentina.

“Aku sangat senang. Butuh waktu yang sangat lama untuk bisa seperti ini. Tentunya ini adalah balapan yang benar-benar spesial. Ini adalah start balap ke-200 diriku di kelas utama. Semuanya disiapkan dengan baik, aku tampil kuat dan cepat,” kata Aleix Espargaro dilansir Motorcycle Sports.

4. Aleix Espargaro menyebut RS-GP 2022 sebagai motor terbaik dalam kariernya

Menangi GP Argentina, Aleix Espargaro Bersyukur Punya Motor BagusAleix Espargaro melintasi garis finis pada balapan GP Argentina 2022. (motogp.com)

Aleix Espargaro juga bersyukur memiliki motor seperti RS-GP versi 2022. Menurutnya, RS-GP musim ini adalah motor terbaik yang pernah ditungganginya selama berkarier pada ajang MotoGP. 

“Aku benar-benar senang karena sejak GP Qatar, bahkan ketika tes pramusim, aku merasa diriku memiliki motor terbaik yang pernah aku dapatkan dalam karierku. 

Pastinya, saat tes pramusim sangat sulit untuk menilai apakah motor ini akan membuatku bisa bersaing di deretan 10 besar, 5 besar, atau bahkan memenangi balapan. Akan tetapi, aku telah sangat dekat dengan pembalap tercepat saat tes,” ujar Aleix Espargaro dikutip Crash.

5. Klasemen sementara MotoGP usai GP Argentina, Aleix Espargaro ada di singgasana!

Kemenangan ini membuat Aleix Espargaro memimpin klasemen sementara pembalap dengan raihan 45 poin. Ia unggul tujuh poin dari Brad Binder yang berada di posisi runner-up.

Sementara itu, Suzuki Ecstar berada di posisi teratas pada klasemen tim lewat perolehan 69 poin. Aprilia Racing menempati posisi ketiga dengan mengumpulkan 58 poin. Balapan selanjutnya akan berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Amerika Serikat, pada 8–10 April 2022 mendatang.

Baca Juga: 5 Rekor Aleix Espargaro Usai Pole Position di Argentina

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya