Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGP

Francesco Bagnaia sapu bersih poin

Gelaran perdana MotoGP 2023 di Sirkuit Algarve, Portugal, Minggu (26/3/23) malam WIB, berlangsung ketat. Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang. Ia sekaligus menyapu bersih seluruh podium, baik sprint race maupun balapan Minggu.

Maverick Vinales dan Marco Bezzecchi juga tampil apik. Keduanya tampil konsisten meski tak bisa mengalahkan keperkasaan Bagnaia.

Berikut catatan unik GP Portugal 2023.

1. Marc Marquez sundul Miguel Oliveira

Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGPMiguel Oliveira dan Marc Marquez (instagram.com/rnfracingofficial)

Marc Marquez tak bisa mengonversi pole position miliknya menjadi kemenangan. Pembalap Repsol Honda ini mengalami insiden pada putaran ketiga.

Marquez kehilangan titik pengereman hingga membuat motornya menyundul motor Miguel Oliveira. Insiden itu melibatkan tiga pembalap, yaitu Marquez, Oliveira, dan Jorge Martin.

Martin yang berada tepat di belakang Oliveira berhasil menghindar dan kembali ke lintasan. Sementara, Oliveira gagal bertarung memperebutkan podium karena keluar dari balapan.

2. Momen pilu Miguel Oliveira

Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGPAprilia RS-GP Miguel Oliveira (instagram.com/rnfracingofficial)

Miguel Oliveira berharap dapat mengangkat piala sebagai pembalap tuan rumah. Kali terakhir ia meraih kemenangan di Portugal terjadi pada 2020 lalu bersama KTM. 

Sejak hari pertama, Oliveira memperlihat penampilan apik. Pada sesi sprint race pun pembalap CryptoData RNF MotoGP Team ini tampil ngotot memperebutkan podium. Sayangnya, pada sesi balapan Minggu, ia harus mengubur mimpi naik ke atas podium di atas tunggangan barunya, Aprilia RS-GP.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Kuasai Portugal

3. Pertarungan ketat lima pembalap

Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGPJohann Zarco (instagram.com/johannzarco)

Pertarungan ketat berlangsung saat memperebutkan posisi keempat. Lima pembalap MotoGP susul menyusul. Alex Marquez (Ducati), Jack Miller (KTM), Brad Binder (KTM), Johann Zarco (Ducati), dan Aleix Espargaro (Aprilia) menempel ketat.

Sekitar sepuluh putaran terakhir, jarak kelima pembalap ini sangat dekat. Mereka tampil menggila. Alex Marquez lalu menjadi pembalap terbaik. Meski diserang bertubi-tubi oleh dua KTM, ia berhasil mengatasinya dengan tenang.

Sayang, Alex harus mengakui keperkasaan Johann Zarco yang mengeluarkan potensi terbaiknya pada putaran akhir. Zarco berhasil finis di urutan keempat diikuti Alex, Binder, Miller, dan Aleix.

4. Mengulang podium Assen 2022

Podium GP Portugal 2023 mengingatkan fans kepada GP Assen 2022. Kala itu, Francesco Bagnaia keluar sebagai pemenang, diikuti Marco Bezzecchi (2) dan Maverick Vinales (3).

Sedikit berbeda dengan podium di Sirkuit Algarve, posisi pertama tetap milik Bagnaia, tetapi posisi Bezzecchi dan Vinales bertukar. Vinales kini finis di posisi kedua sementara Bezzecchi di posisi ketiga.

5. Francesco Bagnaia sapu bersih poin di Portugal 

Catatan Unik GP Portugal 2023, Kisah Sukses dan Pilu di MotoGPFrancesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Usai penampilan impresif pada sprint race, Francesco Bagnaia kembali meraih kemenangan pada balapan Minggu. Juara dunia 2022 ini menyapu bersih seluruh poin terbaik. Ia meraup 12 poin dari sprint race dan 25 poin dari balapan Minggu. 

Sejak hari pertama, nama Bagnaia memang tak pernah absen dari jajaran pembalap tercepat. Dengan torehan ini, ia memimpin klasemen dengan 37 poin.

Francesco Bagnaia tampil digdaya di atas motor Desmosedici GP23. Gelaran MotoGP berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 31—2 April 2023. Apa ia dapat kembali sapu bersih poin di sana?

Baca Juga: Performa Sophomore dan Rookie di Seri Perdana MotoGP, Siapa Terbaik?

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya