Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022

Diperkuat Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli

Menjelang tes pramusim di Sepang yang akan berlangsung pada 5--6 Februari 2022, Monster Energy Yamaha resmi meluncurkan motor YZR-M1 terbaru. Video peluncuran disiarkan secara daring melalui situs resmi MotoGP pada Jumat (4/2/2022).

Juara dunia musim 2021 lalu, Fabio Quartararo, akan bertandem dengan Franco Morbidelli di musim 2022 ini. Seperti apa tampilan motor YZR-M1 versi terbaru kali ini?

1. Livery musim 2022 tak jauh berbeda dibandingkan dengan versi 2021

Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022perbandingan YZR-M1 Monster Energy Yamaha versi 2021 dan 2022 (motogp.com)

Livery YZR-M1 milik Monster Energy Yamaha untuk versi 2022 tidak jauh berbeda dengan musim 2021. Perpaduan warna warna hitam-biru masih diandalkan oleh tim pabrikan itu. Kombinasi kedua warna itu juga akan tersemat pada wearpack pembalap serta pit box tim.

Logo Monster Energy masih akan menghiasi bodi motor seperti di musim lalu. Produk minuman berenergi itu sudah menjadi titel sponsor untuk tim sejak musim 2018.

2. Bos tim Yamaha mengaku tak sabar untuk memulai musim baru

Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022YZR-M1 2022 milik Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (motogp.com)

Lin Jarvis selaku bos tim mengaku tak sabar untuk memulai musim baru MotoGP. Ia kini memiliki dua pembalap yang bertalenta di atas motor YZR-M1. Ia pun merasa puas atas pencapaian tim di musim lalu.

“Musim 2021 adalah musim yang benar-benar luar biasa untuk kami. Namun, ini musim baru dan aku benar-benar bersemangat untuk memulainya. Kami punya tim dan dua pembalap yang luar biasa,” kata Jarvis dilansir Motorsport.com.

Baca Juga: Serba-serbi Tes Resmi MotoGP 2022, Salah Satunya Digelar di Mandalika

3. Euforia juara dunia telah usai, Quartararo kini berfokus menatap musim 2022

Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022pembalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo (motogp.com)

Fabio Quartararo juga turut merasakan kebahagiaan bisa meraih gelar juara di musim lalu. Namun, pembalap asal Prancis itu menekankan bahwa kini euforia itu telah usai dan dirinya bersama tim harus fokus menatap musim baru.

“Gelar juara tahun lalu telah di belakang kami sekarang. Kami harus fokus pada kejuaraan tahun ini. Tahun lalu kami hampir tidak melakukan tes pramusim karena pandemi. Tahun ini aku telah punya pengalaman dengan tim, jadi kami tahun bagaimana bekerja dengan baik bersama,” ucap Quartararo dikutip yamahamotogp.com.

4. Kondisi lutut kian membaik, Franco Morbidelli siap menunggangi YZR-M1 2022

Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022pembalap Monster Energy Yamaha Franco Morbidelli (motogp.com)

Sementara itu, Franco Morbidelli sudah tak sabar menunggangi motor YZR-M1 terbaru di musim ini. Kondisi fisiknya juga sudah lebih baik ketimbang musim sebelumnya. 

Perlu diketahui, Morbidelli sempat absen dari GP Belanda lantaran mengalami cedera lutut saat latihan. Alhasil, dirinya harus absen dalam lima balapan dan baru bisa bergabung kembali pada GP San Marino.

“Aku tak sabar mengendarai motor 2022 sebab saat ini lututku dalam kondisi lebih baik. Aku sangat tertarik melihat bagaimana progres kami akan berlanjut. Aku juga menanti seluruh tim kembali pada tes. Atmosfer di tim benar-benar bagus tahun lalu, jadi mari kita lihat seperti apa langkah yang bisa kami buat pada tes pramusim,” ujar Morbidelli.

5. Akankah Quartararo mampu pertahankan gelar dan bisakah Yamaha mengungguli Ducati?

Monster Energy Yamaha Resmi Perkenalkan Motor YZR-M1 Versi 2022Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (motogp.com)

Monster Energy Yamaha bertekad meraih hasil lebih baik dibanding musim sebelumnya. Meski merengkuh gelar juara pembalap melalui Fabio Quartararo, tim gagal meraih gelar tim terbaik. Tim pabrikan asal Jepang itu finis di belakang Ducati Lenovo Team dengan meraup 380 poin.

Di sisi lain, Quartararo juga bertekad mempertahankan gelar juara dunia yang didapatnya pada musim 2021. Mampukah Quartararo melakukannya dan akankah Yamaha bisa berada di atas Ducati musim ini?

Baca Juga: Tak Bisa Hadang Quartararo Jadi Juara Dunia, Joan Mir: Aku Kecewa

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo
  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya