Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard Motor

Bakal ingatkan pembalap jika ada masalah saat balapan

Inovasi demi inovasi berusaha diberikan oleh MotoGP, bukan hanya untuk memanjakan para penggemar tetapi juga demi keselamatan pembalap. Salah satu yang terbaru adalah pembaruan pesan yang dikirim pada dashboard motor para pembalap.

1. Dua pesan baru untuk para pembalap diterapkan mulai GP Austria

Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard MotorTampilan dashboard motor Ducati Desmosedici

Seperti dilansir speedcafe.com, ada dua pesan baru yang nantinya dapat dikirim oleh Race Direction kepada pembalap pada situasi tertentu. Kedua pesan tersebut berkaitan dengan peralatan balap dan perilaku pembalap saat mengendarai motor mereka.

Nantinya, dua pesan tersebut akan mulai diterapkan pada pekan balap GP Austria yang berlangsung Jumat (13/8/2021). Dua pesan tersebut juga bakal dipakai untuk seri-seri berikutnya.

2. ‘Equipment’, pesan pengingat untuk pembalap agar peralatan balap terpakai dengan benar

Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard MotorValentino Rossi saat memasang helm di garasi tim (motogp.com)

Mengenai pesan yang dikirim melalui dashboard motor pembalap, ada dua jenis pesan yang dikirimkan. Pertama, pesan akan bertuliskan ‘equipment’ yang artinya pembalap harus memastikan peralatan balap mereka harus terpasang dengan benar. Peralatan yang dimaksud antara lain wearpack, sepatu, sarung tangan, dan helm.

“Jadi, kami memiliki sebuah pesan baru, menampilkan ‘equipment’ pada dashboard pembalap dan itu memberi penjelasan kepada pembalap dan tim: Ada masalah pada peralatan balap dan Anda perlu membetulkannya segera.

“Jika itu berarti Anda harus masuk ke pit, oke. Tapi, jika Anda bisa membetulkannya saat berada di lintasan, tak masalah. Yang kami butuhkan Anda harus membetulkannya dengan segera”, kata Race Director MotoGP Mike Webb.

Baca Juga: 7 Motor Andalan Valentino Rossi, Tunggangan Sang Juara Dunia 9 Kali

3. ‘Warning’, pengingat agar pembalap lebih berhati-hati saat menggeber motor di lintasan

Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard MotorMarc Marquez dan Aleix Espargaro pada GP Styria (motogp.com)

Selain masalah peralatan balap, pesan baru lainnya yang bakal dialamatkan pada dashboard pembalap adalah terkait perilaku mereka saat menggeber motor di lintasan. Pesan ini hadir atas permintaan dari Stewards FIM MotoGP guna peringatkan pembalap agar lebih berhati-hati.

“Ada beberapa waktu ketika seorang pembalap melakukan sesuatu yang tidak kami inginkan, tapi itu adalah sebuah batasan dan dapat menjadi sebuah salah penilaian atau sebuah kesalahan.

“Tapi, jika mereka mengulanginya dan terbukti maka akan dikenai penalti. Jadi, stewards ingin memberi pesan ‘warning’ untuk mengatakan ‘Hei, jangan lakukan itu. Kami melihat dan jika Anda mengulanginya itu akan jadi penalti’", lanjut Webb.

4. Kemunculan dua pesan baru dipicu insiden Quartararo pada GP Catalunya

Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard MotorRitsleting jaket balap Quartararo terbuka saat balapan GP Catalunya (motogp.com)

Munculnya dua pesan baru, utamanya berkaitan dengan peralatan balap, dipicu oleh insiden pada GP Catalunya bulan Juni lalu. Dilansir Motorsport.com, Fabio Quartararo mengalami masalah karena ritsleting jaket balapnya terbuka dan pelindung dadanya terlepas.

Walau begitu, ia tetap lanjutkan balapan hingga tuntas walau harus dipenalti tiga detik akibat track limit dan dinyatakan finis di posisi keempat. Tak berselang lama, ia mendapat hukuman tambahan akibat insiden ritsleting jaket balapan dan posisi finisnya melorot ke peringkat ke-6.

5. Jadwal balap MotoGP 2021 seri Austria

Cegah Insiden Quartararo, MotoGP Perbarui Pesan di Dashboard MotorPotret balapan GP Styria (motogp.com)

Akhir pekan ini Red Bull Ring masih akan menyuguhkan aksi-aksi dari para pembalap MotoGP. Kali ini, balapan bakal digelar dengan tajuk GP Austria. 

Pada balapan GP Styria pekan lalu, Jorge Martin berhasil mempersembahkan kemenangan pertama untuk Pramac Racing. Mampukah ia menang kembali akhir pekan ini? Nah, agar tidak terlewat ada baiknya cek terlebih dahulu jadwal lengkapnya berikut ini.

  • Jumat, 13 Agustus 2021

Sesi latihan 1: 14.55 WIB - 15.40 WIB

Sesi latihan 2: 19.10 WIB - 19.55 WIB

  • Sabtu, 14 Agustus 2021

Sesi latihan 3: 14.55 WIB - 15.40 WIB

Sesi latihan 4: 18.30 WIB - 19.00 WIB

Kualifikasi 1: 19.10 WIB - 19.25 WIB

Kualifikasi 2: 19.35 WIB - 19.50 WIB

  • Minggu, 15 Agustus 2021

Main Race: 19.00 WIB

Baca Juga: Jorge Martin Banjir Pujian Usai Jinakkan Ducati

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya