Nico Huelkenberg Bakal Gantikan Sebastian Vettel pada GP Bahrain

Sebastian Vettel positif COVID-19

Kabar kurang menyenangkan menghampiri Aston Martin di Formula 1. Sebastian Vettel dipastikan menepi pada GP Bahrain akibat positif COVID-19. Alhasil, Aston Martin harus mencari pengganti.

Nico Huelkenberg pun didapuk menjadi pengganti Vettel dalam balapan yang berlangsung pada 18–20 Maret 2022. Huelkenberg akan ikut dari sesi latihan pertama yang berlangsung Jumat (18/3/2022) malam WIB.

1. Aston Martin mengumumkan secara resmi melalui media sosial

Aston Martin menyampaikan pengumuman resmi pada Kamis (17/3/2022). Tim dengan warna livery hijau itu menyatakan bahwa Sebastian Vettel akan digantikan oleh Nico Huelkenberg pada GP Bahrain.

“Sebastian Vettel telah dites positif COVID-19. Oleh karena itu, ia tak akan mengambil bagian pada GP Bahrain 2022. Pembalap yang menggantikannya untuk mengemudikan AMR22 adalah pembalap cadangan Nico Huelkenberg yang akan berada di dalam mobil dari FP1,” bunyi pernyataan resmi Aston Martin.

2. Nico Huelkenberg pernah menggantikan Sergio Perez pada 2020 lalu

Nico Huelkenberg Bakal Gantikan Sebastian Vettel pada GP BahrainNico Huelkenberg saat membalap untuk Racing Point. (formula1.com)

Nico Huelkenberg sejatinya pernah menggantikan pembalap yang terpapar COVID-19 pada 2020 lalu untuk Aston Martin. Ketika itu, Aston Martin masih menggunakan nama Racing Point.

Dilansir GP Fans, pembalap berkebangsaan Jerman itu menggantikan Sergio Perez pada GP Inggris dan GP 70th Anniversary Formula 1. Pada GP Inggris, Huelkenberg mencatatkan posisi start ke-13. Namun, ia gagal ikut balapan karena mobilnya mengalami masalah mesin beberapa saat sebelum start.

Kemudian, pada GP 70th Anniversary, Huelkenberg mampu finis sepuluh besar. Ia melintasi garis finis dengan menempati posisi ke-7.

Baca Juga: 9 Pembalap Ini Pernah Jadi Rekan Satu Tim Sebastian Vettel

3. Menggantikan Lance Stroll pada GP Eifel 2020, The Hulk mampu finis di posisi ke-8

Nico Huelkenberg Bakal Gantikan Sebastian Vettel pada GP BahrainNico Hulkenberg pada GP Eifel 2020 (automobilsport.com)

Perjanalan Huelkenberg sebagai pembalap pengganti pada 2020 tak berhenti di situ. Pada GP Eifel yang berlangsung di Nurburgring, Jerman, pembalap berjuluk The Hulk menggantikan Lance Stroll yang notabene rekan setim Sergio Perez di Racing Point saat itu.

Meski harus memulai balapan dari posisi ke-20, Huelkenberg rupanya kembali menembus sepuluh besar pada balapan tersebut. Ia sukses menyudahi balapan dengan menempati posisi ke-8.

4. Max Verstappen merespons kembalinya Nico Huelkenberg untuk menggantikan Sebastian Vettel

Nico Huelkenberg Bakal Gantikan Sebastian Vettel pada GP BahrainMax Verstappen menyapa Nico Hulkenberg seusai balapan. (planetf1.com)

Kembalinya Nico Huelkenberg sebagai pembalap pengganti dalam suatu pekan balap mendapat respons Max Verstappen. Pembalap Red Bull itu memprediksi Huelkenberg akan mengalami kesulitan kali ini. Mobil yang dikemudikannya berbeda dari musim sebelumnya karena adanya perubahan regulasi pada Formula 1.

“Mobilnya benar-benar baru untuknya dan dia belum pernah mengemudikan mobil dengan ban 18 inci. Ia hanya memiliki sesi latihan sementara semua orang benar-benar memiliki putaran yang bagus saat tes pramusim. Ini akan menjadi hal sulit pastinya,” kata Verstappen dikutip Racing News 365.

5. Jadwal lengkap Formula 1 GP Bahrain 2022

Nico Huelkenberg Bakal Gantikan Sebastian Vettel pada GP Bahrainbalapan Formula 1 GP Bahrain 2021 (formula1.com)

Formula 1 2022 akhirnya tiba juga. GP Bahrain menjadi balapan pembuka pada musim baru yang sudah dinantikan banyak orang. Balapan yang berlangsung di Bahrain International Circuit akan menjadi saksi era baru mobil Formula 1 yang mengalami perubahan berdasarkan regulasi yang berlaku.

Nah, biar tidak ketinggalan keseruan balapan Formula 1 akhir pekan ini, ada baiknya menyimak jadwal berikut ini. Jangan sampai ketinggalan, ya!

  • Jumat, 18 Maret 2022

Sesi latihan 1: 19.00–20.00 WIB

Sesi latihan 2: 22.00–23.00 WIB

  • Sabtu, 19 Maret 2022

Sesi latihan 3: 19.00–20.00 WIB

Kualifikasi: 22.00–23.00 WIB

  • Minggu, 20 Maret 2022

Main race: 22.00 WIB

Baca Juga: Sebastian Vettel Masih Berambisi Raih Kemenangan pada Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya