Comscore Tracker

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan Bagus

Berharap GP Abu Dhabi berjalan lebih bersih

Sejumlah drama mewarnai keseruan balapan Formula 1 GP Arab Saudi yang berlangsung Senin (6/12/2021) dini hari WIB. Pada prosesnya, Lewis Hamilton sukses finis pertama dan mengungguli Max Verstappen.

Bos tim Mercedes pun memberi penilaian untuk balapan yang digelar di Jeddah Corniche Circuit itu. Menurutnya, GP Arab Saudi berlangsung spektakuler, tapi bukan balapan yang bagus. Apa alasannya?

1. Lewis Hamilton dan Max Verstappen terlibat pertarungan sengit, puncaknya insiden di lap 37

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan BagusMax Verstappen dan Lewis Hamilton terlibat insiden pada lap 37. (formula1.com)

Lewis Hamilton dan Max Verstappen terlibat pertarungan sengit pada beberapa kesempatan di GP Arab Saudi. Puncaknya terjadi pada lap 37 saat Verstappen melambatkan laju mobilnya jelang tikungan 27.

Saat itu, Red Bull menginstruksikan Verstappen mengembalikan posisi pertama kepada Hamilton. Ini karena pembalap asal Belanda itu memotong jalur di tikungan 2.

Memang, Verstappen memperlambat mobilnya sesuai arahan tim. Namun, tindakannya justru memicu insiden yang membuat Hamilton menabrak bagian belakang mobilnya.

2. Dapat penalti 10 detik akibat kejadian pada lap 37, Verstappen finis runner-up

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan BagusMax Verstappen mengangkat trofi pada GP Arab Saudi. (twitter.com/Max33Verstappen)

Seusai balapan, kedua pembalap menghadap ke stewards untuk membahas insiden pada lap 37. Hasilnya, Verstappen mendapat tambahan penalti 10 detik akibat tindakannya itu.

Meski demikian, pembalap bernomor mobil 33 itu tetap berhak untuk posisi finis runner-up GP Arab Saudi. Namun, Hamilton sempat mengutarakan kekesalannya pada gaya balap Verstappen yang dinilai melebihi batas.

Baca Juga: Lewis Hamilton Menangi Balapan Penuh Drama di GP Arab Saudi

3. Toto Wolff menilai GP Arab Saudi spektakuler, tapi bukan sebuah balapan yang bagus

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan Bagusbos tim Mercedes Toto Wolff (planetf1.com)

Menanggapi tensi panas antara Hamilton dan Verstappen di GP Arab Saudi, Toto Wolff menilai bahwa hal ini terasa spektakuler. Namun, ia merasa balapan kali ini bukanlah yang berjalan bagus.

“Dia (Hamilton) bisa saja beberapa kali keluar dengan sayap depan yang rusak. Aku tak ingin ada hal-hal kotor di sini. Balapannya spektakuler, tapi bukanlah yang bagus,” papar Wolff dilansir PlanetF1.

4. Berharap balapan GP Abu Dhabi bisa berjalan lebih "bersih"

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan BagusLewis Hamilton dan Max Verstappen pada balapan GP Arab Saudi. (formula1.com)

Lebih lanjut, Wolff berharap balapan terakhir di Abu Dhabi dapat berlangsung dengan lebih "bersih". Ia tak ingin ada cara-cara kotor yang dipakai guna menyegel gelar juara dunia.

“Ini adalah balapan yang perlu dinilai dan diperhatikan. Sangat sulit dan mungkin melewati batas. Kami hanya ingin kejuaraan yang berjalan bersih dan berharap pembalap terbaik yang menang. 

Jika yang menang nantinya Verstappen, maka aku bisa berdamai dengan hal itu. Namun, kami hanya ingin semua ini berjalan secara adil,” harap Wolff dikutip Racingnews365.

5. Poin kini sama kuat, siapa yang akan jadi juara dunia Formula 1 2021?

Nilai GP Arab Saudi Spektakuler, Toto Wolff: Tapi Bukan Balapan BagusJumlah poin Max Verstappen dan Lewis Hamilton kini sama kuat (twitter.com/F1)

Kini, persaingan gelar juara Formula 1 2021 kian ketat dan panas. Hamilton dan Verstappen saat ini sama-sama mengemas 369,5 poin.

Ada 25 poin yang bisa diperebutkan jika finis posisi pertama ditambah satu poin dari fastest lap. GP Abu Dhabi akan jadi saksi siapa yang akan berjaya pada pengujung musim. 

Kalau kalian lebih menjagokan siapa? Lewis Hamilton atau Max Verstappen?

Baca Juga: Ralf Schumacher Tak Yakin Max Verstappen Meraih Juara Dunia F1 2021

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya