Oscar Piastri Bantah Bakal Gantikan Fernando Alonso di Alpine

Padahal, Alpine umumkan Piastri sebagai pembalap untuk 2023

Drama bursa pembalap Formula 1 untuk musim 2023 masih berlanjut usai Fernando Alonso resmi bergabung ke Aston Martin. Alpine digadang bakal mempromosikan Oscar Piastri untuk bertandem dengan Esteban Ocon pada musim depan.

Benar saja, Alpine mengumumkan kabar bahwa Piastri mengisi kursi balap yang lowong dalam tim pada Selasa (2/8/2022) malam WIB. Akan tetapi, berselang beberapa jam, Oscar Piastri justru membantah pernyataan Alpine.

Lantas apa yang sebenarnya terjadi pada kubu Alpine perihal line-up pembalap mereka musim depan? Mari disimak sampai tuntas!

1. Alpine umumkan Oscar Piastri bakal balapan musim depan, tapi ada yang janggal

Selepas Alonso mengumumkan kepergiannya ke Aston Martin, Alpine langsung bergerak cepat mengonfirmasi susunan pembalap mereka untuk musim depan. Oscar Piastri yang saat ini berstatus sebagai reserve driver tim asal Prancis tersebut ditunjuk sebagai pengganti peraih dua gelar juara dunia Formula 1 itu untuk musim 2023.

Tentunya kabar ini diumumkan secara resmi oleh akun media sosial resmi Alpine dan juga dikabarkan melalui situs resmi Formula 1. Namun, kejanggalan ditemukan oleh sejumlah pihak pada pernyataan resmi yang dirilis tim.

Jika biasanya Team Principal dan pembalap memberikan pernyataan setelah resmi meneken kontrak kerja sama, hal lain justru terjadi pada pengumuman Oscar Piastri. Hanya Otmar Szafnauer saja yang memberi pernyataan terkait masuknya juara Formula 2 musim 2021 ke dalam susunan pembalap Alpine.

"Piastri adalah talenta cerah dan langka. Kami bangga telah memelihara dan mendukungnya melalu jalur yang sulit sejak dari junior formula. Melalui kolaborasi kami selama empat tahun terakhir, kami telah melihat dirinya berkembang dan matang untuk menjadi seorang pembalap yang mampu melangkah ke Formula 1," bunyi pernyataan resmi Szafnauer dikutip Formula 1.

2. Oscar Piastri bantah sudah ada kesepakatan untuk membalap bersama Alpine musim depan

Kejanggalan terkait pernyataan resmi tim perihal terpilihnya Oscar Piastri menjadi pembalap Alpine rupanya menemui titik terang. Melalui akun Twitter resmi, pembalap berusia 21 tahun itu membantah bahwa dirinya sudah ada kesepakatan untuk berada di balik kemudi mobil Alpine musim depan. Bahkan, dia menegaskan tak akan membalap untuk tim tersebut tahun depan.

"Aku paham bahwa, tanpa persetujuanku, Alpine telah mengeluarkan rilisan pers bahwa aku akan membalap untuk mereka tahun depan. Itu salah dan aku belum menandatangani kontrak dengan Alpin untuk musim 2023. Aku tidak akan membalap untuk Alpine tahun depan," tulis Piastri.

Baca Juga: Finis Keenam pada F1 GP Prancis, Alonso: Kejutan Bagus untuk Alpine

3. Piastri dirumorkan ke McLaren, Szafnauer: dia punya kewajiban kontrak dengan Alpine

Oscar Piastri Bantah Bakal Gantikan Fernando Alonso di Alpinereserve driver Alpine Oscar Piastri (twitter.com/OscarPiastri)

Pernyataan Oscar Piastri kian menegaskan rumor bahwa dirinya akan berlabuh ke tim lain. Pasalnya, sejumlah tim diketahui telah menaruh minat pada pembalap yang pernah menyabet juara Formula 3 musim 2020. 

Sebelumnya, Piastri dikabarkan bakal dipinjamkan ke Williams. Namun, McLaren kini lebih sering dibicarakan bakal menggaet Piastri guna menggusur posisi Daniel Ricciardo yang penampilannya dinilai kurang memuaskan. 

Rumor adanya pembicaraan antara pihak Piastri dan McLaren ditanggapi oleh Otmar Szafnauer. Dia menegaskan Piastri masih punya kontrak wajib dengan Alpine dan berlaku hingga musim 2023.

"Aku tak tahu rahasia apa pun yang dia miliki dengan McLaren jika itu ada. Namun, aku mendengar rumor yang sama seperti yang Anda tahu di pitlane. Akan tetapi, yang aku tahu adalah dia memiliki kewajiban kontraktual kepada kami.

Kami telah menghormati kewajiban itu sepanjang tahun. Itu berlangung hingga 2023. Mungkin berlanjut hingga 2024 jika beberapa opsi diambil," tegas Szafnauer dilansir PlanetF1.

4. Szafnauer tegaskan masa depan Piastri bisa diputuskan jika menghormati kontrak yang ada

Oscar Piastri Bantah Bakal Gantikan Fernando Alonso di Alpinereserve driver Alpine Oscar Piastri (twitter.com/OscarPiastri)

Szafnauer pun ditanya tentang peluang Piastri bakal tetap memperkuat Alpine musim depan atau tidak. Pria kelahiran Semlac, Rumania, itu merespons dengan menekankan keputusan masa depan Piastri bisa diputuskan secara mulus jika kontrak yang telah ditandatangani bisa dihormati dengan baik.

"Piastri dan kubunya sedang mempertimbangkan opsi mereka, apapun itu artinya. Seharusnya tak ada komplikasi. Jika semua orang setia pada kesepakatan yang telah ditandatangani beberapa bulan lalu, kita harus dapat bergerak maju dengan perjanjian yang kita miliki," jelas Szafnauer.

5. Jika Piastri berlabuh ke tim lain, Alpine kemungkinan bakal alami pukulan telak

Oscar Piastri Bantah Bakal Gantikan Fernando Alonso di Alpinereserve driver Alpine Oscar Piastri (twitter.com/OscarPiastri)

Szafnauer memang masih berharap Piastri bakal membela timnya bersama Esteban Ocon di Alpine. Namun, jika Piastri benar-benar pergi, itu akan menjadi kerugian bagi mereka.

Alpine telah menginvestasikan banyak hal kepada Piastri sebagai persiapan untuk balapan di Formula 1 musim depan. Bukan tidak mungkin masalah kontrak ini akan merembet ke jalur pengadilan.

 

Menarik untuk menantikan seperti apa kelanjutan perkembangan bursa pembalap Formula 1 2023 di kubu Alpine? Akankah Piastri benar-benar pergi dari tim dan memilih McLaren?

Baca Juga: 10 Potret Oscar Piastri, Juara Baru Formula 2 asal Australia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya