Comscore Tracker

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!

Usia muda sudah bisa berprestasi lho!

Formula 1 GP Austria yang berlangsung Minggu (5/7) berhasil dimenangkan oleh pembalap Mercedes Valtteri Bottas. Pembalap asal Finlandia itu sukses meraih podium tertinggi dengan memimpin sepanjang balapan dengan total putaran sebanyak 71 lap.

Di sisi lain, seri pembuka musim 2020 ini juga menjadi hari baik Lando Norris. Ini karena ia berhasil finis di posisi ketiga dalam balapan tersebut. Norris pun masuk jajaran pembalap termuda dalam sejarah Formula 1 yang mampu naik podium.

Lantas, di posisi berapa Norris dalam rekor ini? Dan, siapa saja selain Norris yang masuk dalam catatan sejarah tersebut? Daripada penasaran langsung saja kamu simak artikel ini ya!

1. Max Verstappen (18 tahun, 228 hari)

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!skysports.com

Max Verstappen hingga saat ini masih berada di posisi pertama pembalap termuda Formula 1 yang sukses naik podium pertama kali. Podium pertama pembalap dengan nomor mobil 33 itu didapat pada GP Spanyol di tahun 2016. Saat itu, umurnya baru 18 tahun, 228 hari.

Dilansir dari skysport.com, Dalam balapan yang berlangsung selama 66 lap itu Verstappen mampu keluar sebagai pemenang. Ia mengungguli duo Ferrari yang ketika itu diperkuat oleh Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. Raikkonen menduduki posisi runner-up sementara Vettel ada di urutan ketiga. 

2. Lance Stroll (18 tahun, 239 hari)

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!sportskeeda.com

Lance Stroll menempati peringkat kedua dalam daftar rekor ini. Pembalap asal Kanada itu mampu naik podium pertama dalam kariernya pada usia 18 tahun, 239 hari. Capaian itu diraih kala Formula 1 menggelar GP Azerbaijan di tahun 2017.

Stroll yang saat itu berada di tim Williams Mercedes sukses menyelesaikan balapan di posisi ketiga. Berdasarkan catatan resmi dari formula1.comStroll naik podium bersama dengan Bottas yang finis sebagai runner-up dan Ricciardo yang berhasil menang di balapan sepanjang 51 lap tersebut.

Baca Juga: Sirotkin Resmi Dampingi Lance Stroll di Tim Williams Formula 1

3. Lando Norris (20 tahun, 235 hari)

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!thesportsrush.com

Suksesnya Norris naik podium di posisi ketiga dalam GP Austria di musim 2020 ini turut mengantarnya sebagai pembalap termuda ketiga dalam sejarah kejuaraan yang mampu naik podium kali pertama. Ia meraihnya saat umurnya menginjak 20 tahun, 235 hari.

Selain memperoleh podium dan masuk dalam catatan rekor, Norris juga menyelesaikan lomba sebagai pencatat waktu tercepat dalam satu putaran. Ia sukses membukukan waktu 1 menit 7,475 detik pada lap 71. Atas hasil itu pula Norris berhak dengan tambahan satu poin sehingga dalam balapan tersebut ia sukses mengemas 16 poin. 

4. Sebastian Vettel (21 tahun, 73 hari)

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!redbull.com

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel juga tercatat sebagai pembalap termuda dalam sejarah yang naik podium pertama kali dalam karier. Vettel membukukannya ketika berusia 21 tahun, 73 hari. Momen bersejarah itu terjadi saat GP Italia 2018 silam.

Vettel yang kala itu membela Toro-Rosso Ferrari ini sukses keluar sebagai pemenang dalam balapan yang berlangsung di sirkuit Monza. Ia finis di depan Heikki Kovalainen dan Robert Kubica. Dalam balapan itu, Vettel memulai lomba di urutan terdepan setelah dalam sesi kualifikasi berada di posisi pertama.

5. Daniil Kvyat (21 tahun, 91 hari)

5 Pembalap F1 Ini Masuk Rekor Peraih Podium Termuda, Ada Vettel Juga!bleacherreport.com

GP Hungaria 2015 mungkin jadi salah satu momen yang tak pernah dilupakan seorang Daniil Kvyat. Pembalap berkebangsaan Rusia ini mampu naik podium di usia 21 tahun, 91 hari.

Dikutip dari bbc.com, dalam balapan yang digelar di sirkuit Hungaroring itu Kvyat mampu melenggang finis sebagai runner-up. Ia menyelesaikan lomba di belakang Vettel yang keluar sebagai jawara di seri tersebut. Rekan setimnya kala itu di Red Bull, Daniel Ricciardo menemaninya di podium setelah finis di posisi ketiga.

Nah, itu tadi kelima pembalap Formula 1 yang tercatat sebagai pembalap termuda dalam sejarah kejuaraan yang naik podium pertama di karier mereka. Kira-kira adakah pembalap favorit kamu di catatan rekor ini?

Baca Juga: Daniil Kyvat Perkuat Toro Rosso Lagi Musim Depan

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Pecinta K-Pop, Olahraga, dan berita teknologi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya