Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP Belanda

Pol Espargaro merasakan sakit pada tulang rusuk

Repsol Honda kembali didera berita kurang mengenakkan. Pol Espargaro memutuskan untuk mundur dari sisa pekan balap GP Belanda yang kini sedang berlangsung.

Pembalap bernomor motor 44 itu rupanya masih merasakan cedera pada bagian tulang rusuk. Kondisi ini membuat tim hanya menurunkan satu pembalap, yaitu Stefan Bradl.

1. Pol Espargaro masih menderita cedera setelah terjatuh pada FP1 GP Jerman

Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP BelandaPol Espargaro terjatuh pada GP Jerman 2022 (motogp.com)

Melansir situs resmi Repsol Honda, Pol Espargaro masih menderita cedera setelah terjatuh pada sesi latihan pertama (FP1) GP Jerman. Sejatinya, Polyccio, sebutan Pol Espargaro, sempat turun pada FP1 dan FP2 GP Belanda yang berlangsung Jumat (24/6/2022).

Akan tetapi, Pol Espargaro masih merasakan rasa sakit di tulang rusuknya setelah FP2 usai. Alhasil, adik kandung Aleix Espargaro itu menepi dan dipastikan tak akan ikut balapan pada Minggu (26/6/2022) malam WIB.

2. Alberto Puig konfirmasi langsung kondisi kesehatan Pol Espargaro

Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP BelandaPol Espargaro pada sesi latihan GP Belanda 2022 (motogp.com)

Kondisi kesehatan terkini Pol Espargaro tersebut dikonfirmasi langsung oleh Alberto Puig. Pria yang menjabat sebagai Manajer Tim Repsol Honda tersebut menuturkan bahwa pembalap bernomor motor 44 itu merasa sulit bernapas ketika menggeber motor saat FP2 digelar.

"Dia merasakn sakit luar biasa. Kemarin saat sesi FP1 berlangsung hujan, dia merasa cukup baik karena berlangsung jauh lebih mulus. Ketika FP2 digelar dalam kondisi trek kering, dia harus mendorong.

Dia datang dalam satu waktu dan benar-benar terhambat. Bahkan, dia tidak bisa bernapas. Saya menduga bahwa itu berkaitan dengan tulang rusuknya," papar Puig dikutip MotoGP.

Baca Juga: Nasib di Honda Belum Jelas, Pol Espargaro Diisukan Balik ke KTM

3. Puig meyakini Pol Espargaro tidak bermasalah pada ligamen

Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP BelandaPol Espargaro pada sesi latihan GP Belanda 2022 (motogp.com)

Lebih lanjut, Puig merasa masalah pada tubuh Pol Espargaro bukan pada bagian ligamen. Sebab, dirinya yakin Polyccio tak akan berhenti balapan karena permasalahan pada bagian tersebut.

"Aku tak berpikir itu adalah ligamen. Aku pikir itu adalah sesuatu pada tulang rusuknya yang menekan paru-parunya karena Pol adalah pria yang sangat kuat dan dia tak akan berhenti dalam sebuah balapan hanya karena itu.

Kami tak bisa menempatkannya pada sebuah motor jika dia tak bisa bernapas. Kami dengan suara bulat memutuskan untuk tidak melakukannya," tegas Puig.

4. Pol Espargaro buka suara tentang kondisinya, berencana lakukan cek kesehatan

Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP BelandaPol Espargaro pada sesi latihan GP Belanda 2022 (motogp.com)

Sementara itu, Pol Espargaro buka suara mengenai cedera yang dialaminya saat ini. Pembalap asal Spanyol itu mengaku menggunakan obat penghilang rasa sakit saat balapan di Sachsenring. Ia masih bisa menggeber RC213V sebelum akhirnya masuk ke pit dan tak melanjutkan balapan.

Akan tetapi, ketika berada di Assen, rasa sakitnya kambuh dan membuatnya kesulitan bernapas. Untuk itu, ia berencana melakukan cek kesehatan untuk mengetahui seperti apa cedera yang diderita.

"Di sini (Assen), setelah kami menggunakan sebuah ban baru, aku merasa sulit bernapas. Aku memiliki sesuatu pada tulang rusukku yang tak mengizinkanku mengambil udara.

Pagi ini, aku bahkan kesulitan berjalan. Aku merasa sangat kasihan pada timku, tapi aku perlu melakukan pengecekan secara mendalam karena tidak normal menderita sakit yang sebesar ini," kata Pol Espargaro.

5. Repsol Honda hanya akan menurunkan Stefan Bradl pada GP Belanda

Masih Cedera, Pol Espargaro Putuskan Mundur dari GP Belandatest rider Repsol Honda Stefan Bradl (motogp.com)

Absen Pol Espargaro menjadi kerugian bagi Repsol Honda. Pasalnya, saat ini Marc Marquez juga absen lantaran masih dalam masa pemulihan setelah menjalani operasi pada humerus tangan kanannya.

Praktis, mereka hanya menurunkan Stefan Bradl yang notabene test rider sekaligus pembalap pengganti untuk Marc Marquez. Mampukah Stefan Bradl finis setidaknya di zona poin?

Baca Juga: 10 Fakta Pol Espargaro, Punya Mimpi Konser Piano di Garasi MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya