Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP Indonesia

Jadi satu-satunya rookie yang finis 10 besar

Darryn Binder memang baru seumur jagung berada di kelas utama MotoGP. Ia baru berkiprah di kelas teratas pada musim 2022 setelah naik dari kelas Moto3. Namun, adik kandung Brad Binder itu sudah menampilkan performa bagus dengan statusnya sebagai rookie.

Terbaru, pembalap asal Afrika Selatan itu masuk 10 besar pada balapan GP Indonesia. Tentu, capaian tersebut mendapat respons bagus dari berbagai pihak, tak terkecuali Razlan Razali selaku bos WithU Yamaha RNF Team.

1. Start dari posisi belakang, Darryn Binder mampu tuntaskan balapan di posisi 10 besar

Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP IndonesiaDarryn Binder berada di depan beberapa pembalap pada GP Indonesia (motogp.com)

Darryn Binder tak mencatatkan waktu terbaik dalam sesi kualifikasi pertama (Q1). Ia hanya mampu berada di posisi ke-13 pada sesi tersebut yang artinya harus memulai lomba pada posisi start ke-23.

Namun, posisi start yang diperolehnya mengalami peningkatan satu posisi lantaran Marc Marquez absen akibat insiden saat sesi Warm Up. Meski begitu, Darryn Binder tetap mengupayakan yang terbaik pada balapan yang berlangsung selama 20 lap tersebut.

Buktinya, ia mampu menembus posisi 10 besar pada balapan yang digelar dalam kondisi trek basah akibat hujan. Darryn pun menjadi satu-satunya pembalap berstatus rookie yang finis 10 besar pada GP Indonesia.

2. Razlan Razali ungkapkan rasa kagumnya pada pencapaian Darryn Binder pada GP Indonesia

Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP IndonesiaDarryn Binder pada GP Indonesia (motogp.com)

Capaian tersebut tentu membuat tim WithU Yamaha RNF Team senang. Salah satu yang merasa takjub pada performa Darryn Binder adalah Razlan Razali.

Pria asal Malaysia itu mengapresiasi penampilan Darryn pada balapan GP Indonesia meski harus berjibaku dalam kondisi trek yang basah.

“Pada bagian Darryn, aku hanya bisa bilang ‘Wow!’ Itu sebuah penampilan impresif dari rookie yang finis posisi ke-10, bertarung melawan pembalap lainnya yang juga tampil cepat. Kemampuannya untuk berkendara saat hujan benar-benar spektakuler dan kami sangat senang dengan yang dirinya lakukan,” kata Razlan dilansir Motorcycle Sports.

Baca Juga: Darryn Binder, Pembalap Penuh Kontroversi di MotoGP 2022

3. Hasil apik Darryn Binder di Mandalika gagal diikuti oleh Andrea Dovizioso

Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP IndonesiaAndrea Dovizioso pada GP Indonesia (motogp.com)

Sayangnya, hasil apik Darryn Binder tak diikuti oleh rekan setimnya yakni Andrea Dovizioso. Hal ini karena motornya mengalami masalah sejak awal balapan sehingga harus terhenti pada awal lap 7.

Alhasil, Dovizioso pulang dari Sirkuit Mandalika dengan tangan hampa. Poinnya di klasemen sementara pun disalip oleh Darryn Binder yang mengumpulkan 6 poin. Dovizioso baru meraih 2 poin setelah finis posisi ke-14 pada GP Qatar.

4. Enea Bastianini turut berkomentar terkait aksi Darryn Binder pada GP Indonesia

Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP IndonesiaDarryn Binder berada di depan beberapa pembalap pada GP Indonesia (motogp.com)

Meski mendapat pujian dari bos tim yang dibela, performa Darryn Binder juga mendapat komentar dari Enea Bastianini. Menurutnya, cukup berisiko menyalip Darryn Binder karena membuatnya sempat melebar.

“Menyalip Darryn Binder cukup berbahaya. Dia membuatku melebar pada tikungan kedua dan membuatku kehilangan posisi. Untungnya, aku bisa memperbaiki posisi. Itu terlalu buruk karena kami meraih posisi kedelapan, tapi hal yang terpenting adalah berada pada zona poin dan telah memiliki balapan bagus,” ujar Bastianini dikutip GPOne.

5. Berada di urutan teratas dalam klasemen rookie of the year usai GP Indonesia

Razlan Razali Takjub dengan Performa Darryn Binder di GP IndonesiaDarryn Binder pada GP Indonesia (motogp.com)

Saat ini, Darryn Binder untuk sementara berada di posisi terdepan dalam klasemen rookie of the year. Ia unggul 5 poin dari Remy Gardner yang baru mengumpulkan 1 poin setelah finis posisi ke-15 pada GP Qatar.

 

Sementara itu, pembalap berstatus rookie lainnya yaitu Raul Fernandez (Tech3 KTM Factory Racing), Fabio di Giannantonio (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46 Racing Team) belum meraup poin dalam dua balapan awal musim 2022 ini.

Baca Juga: Darryn Binder Spektakuler, Jadi Rookie Tercepat di MotoGP Indonesia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya