Comscore Tracker

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai Rencananya

Rossi juga mengakui Sachsenring sirkuit yang cukup rumit

Valentino Rossi masih belum naik podium pada tujuh balapan MotoGP 2021. Posisi finis terbaiknya diraih pada GP Italia di sirkuit Mugello. The Doctor finis di posisi ke-10 pada balapan di negaranya sendiri tersebut.

Kini Rossi akan menatap seri kedelapan di Sachsenring, Jerman, akhir pekan ini. Rossi punya harapan agar balapan dapat berjalan sesuai dengan rencananya.

1. Datang ke Sachsenring dengan ketertinggalan poin yang jauh dari Morbidelli

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai RencananyaMorbidelli berada di depan Rossi pada GP Portugal (motogp.com)

Rossi datang ke Sachsenring dalam kondisi poin yang tertinggal jauh dari rekan setimnya, Franco Morbidelli.

Rossi berada di posisi ke-19 klasemen dengan baru mengumpulkan 15 poin. Rossi berjarak 25 poin dari Morbidelli yang bercokol di posisi ke-10.

2. Bermodal pada tes resmi Catalunya, Rossi optimistis tampil oke di Sachsenring

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai RencananyaValentino Rossi saat keluar garasi pada tes Catalunya (motogp.com)

Di sisi lain, Rossi juga mengalami nasib kurang beruntung pada GP Catalunya. Ia terjatuh sehingga gagal finis pada balapan tersebut. Meski demikian, Rossi mampu mencatatkan waktu cukup baik di tes resmi sehari berselang.

Pada tes yang hanya berlangsung sehari, Rossi berhasil ada di posisi ke-10. Ia terpaut 0,650 detik dari pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, yang menjadi pembalap tercepat.

Bermodal hasil tes resmi itu, Rossi optimistis bisa tampil lebih baik pada GP Jerman. Ia pun berharap balapan akan bisa berjalan sesuai dengan perkiraannya.

“Kami punya hasil tes bagus di Catalunya. Kami mencoba beberapa setting motor dan kecepatanku bagus. Aku ada di posisi sepuluh besar dan perasaanku positif. Aku harap kami dapat melanjutkannya di Jerman dan mendapatkan pekan yang baik dan balapan kami berjalan sesuai rencana,” kata Rossi dilansir GPOne.

Baca Juga: Valentino Rossi Sesali Hasil Negatif di MotoGP Seri Catalunya

3. Rossi akui Sachsenring berbeda dari sirkuit MotoGP lainnya

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai RencananyaRossi saat memamerkan helm spesial pada GP Italia (motogp.com)

Meski merasa optimistis, Rossi juga mengakui bahwa Sachsenring merupakan sirkuit yang berbeda dari sirkuit lainnya. Menurutnya, banyaknya tikungan ke kiri membuat sirkuit ini terkadang memberi kesulitan bagi para pembalap.

“Ini adalah trek yang sangat berbeda dibanding yang lainnya. Dengan lebih banyak tikungan ke kiri, hal ini membuat sirkuit ini menjadi cukup rumit. terkadang bisa sangat sulit. Namun, aku punya beberapa pertarungan hebat di sana, terutama di 2009.”

4. Franco Morbidelli juga berharap bisa tampil lebih kuat di Sachsenring

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai RencananyaFranco Morbidelli pada GP Italia (motogp.com)

Tak hanya Rossi, Franco Morbidelli juga berharap bisa tampil lebih kuat di GP Jerman. Ia menilik hasil pada balapan dan sesi tes di Catalunya sebagai hal positif menyongsong balapan di Sachsenring.

“Kami dapat hal positif pada sesi hari Jumat dan Sabtu di Catalunya dan juga saat tes di sana untuk nantinya dibawa ke Jerman pekan ini. Aku harap kami bisa menggunakannya dan menjadi lebih kuat di Sachsenring.”

“Namun, tentu saja kami harus melihat apa yang terjadi ketika kami berada di sana. Ini trek yang bagus, sangat ketat di beberapa titik, dan aku tak sabar untuk kembali ke sana,” ujar Morbidelli dilansir Crash.

5. Sirkuit Sachsenring absen semusim akibat pandemi COVID-19

Rossi Berharap MotoGP Seri Jerman Berjalan Sesuai RencananyaMarc Marquez saat pimpin balapan GP Jerman 2019 (motogp.com)

Balapan di Sachsenring pada 18--20 Juni kali ini menjadi kali pertama setelah absen pada musim 2020 lalu. MotoGP tak menyambangi sirkuit dengan panjang 3,7 kilometer itu lantaran pandemi COVID-19.

Hingga saat ini, Marc Marquez tercatat sebagai pembalap di kelas utama yang meraih kemenangan terbanyak di Sachsenring. Total pembalap asal Spanyol itu mengantongi tujuh kemenangan di sana.

Baca Juga: Upaya Marc Marquez Pertahankan Rekor Apik di GP Jerman

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya