Comscore Tracker

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP Inggris

Kemenangan pertama Sainz sepanjang karier di Formula 1

Carlos Sainz akhirnya bisa tersenyum lebar. Setelah melewati 149 start balapan, kemenangan yang dinantikan datang juga. Pembalap Ferrari itu sukses finis pertama pada GP Inggris yang berlangsung pada Minggu (3/7/2022) malam WIB.

Kemenangan kali ini bertepatan dengan start balap ke-150 Sainz sepanjang berkiprah di ajang Formula 1. Balapan GP Inggris juga diwarnai oleh sejumlah insiden. Seperti apa jalannya balapan sepanjang 52 lap ini?

1. Balapan sempat terhenti usai insiden yang menimpa Zhou Guanyu

Langit cerah menyambut para pembalap dan penonton di Sirkuit Silverstone. Tak ada tanda-tanda hujan akan turun mengguyur sirkuit saat balapan berlangsung. Para pembalap pun bersiap di grid mereka masing-masing sesuai hasil kualifikasi sehari sebelumnya.

Setelah lampu start padam, Max Verstappen yang meraih posisi start kedua langsung merangsek merebut posisi terdepan dari Sainz. Akan tetapi, balapan langsung dihentikan akibat insiden di tikungan 1.

Zhou Guanyu mengalami insiden yang membuat mobilnya terbalik dan terseret hingga melompati barrier. Terlihat, George Russell sempat terlibat kontak dengan Pierre Gasly sebelum menabrak Zhou hingga menyebabkan insiden. Beruntung, Zhou dinyatakan sadar dan langsung dibawa ke medical centre

Selain Zhou, Esteban Ocon juga mengalami insiden sebelum masuk tikungan 1. Mobilnya ditabrak Sebastian Vettel dari belakang sehingga menghantam tembok dan membentur mobil pembalap lain. Pembalap Alpine tersebut juga dinyatakan dalam kondisi sadar dan segera dilarikan ke medical center.

2. Sainz pimpin balapan setelah start kedua, Perez alami kerusakan pada sayap depan

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP Inggrismomen saat balapan kembali dilanjutkan pada lap 3 GP Inggris 2022 (twitter.com/F1)

Balapan pun terhenti selama kurang lebih satu jam guna mengevakuasi sejumlah mobil yang terlibat insiden di tikungan 1. Setelah tuntas, balapan dilanjutkan dari lap 3 dengan posisi start tetap menggunakan hasil kualifikasi.

Sainz langsung terlibat duel dengan Max Verstappen sesaat setelah balapan dimulai kembali. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu berhasil memimpin balapan, disusul Max Verstappen dan Charles Leclerc.

Sempat terjadi kontak antara Leclerc yang membuat sayap depan mobil Perez mengalami sedikit kerusakan. Pada lap 6, Perez masuk pit untuk mengganti hidung sayap depan mobil dan ban ke jenis medium. Posisinya pun melorot dari peringkat keempat menjadi ke-16.

3. Aksi salip menyalip terjadi antara Sainz dan Vertsappen 

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP InggrisSainz menyalip Verstappen pada balapan GP Inggris 2022. (twitter.com/F1)

Pada lap 10, Sainz sempat melebar setelah tikungan 13. Ini membuat Verstappen berhasil menyusul dan merebut posisi pimpinan balapan. Dua lap berselang, Sainz sukses menyalip Verstappen yang tampak mengalami masalah pada bodi mobilnya.

Tak berselang lama, Verstappen masuk pit dan mengganti ban ke jenis medium. Pembalap Red Bull itu keluar pit di posisi keenam. Akan tetapi, ia merasa tak puas dengan kondisi mobilnya dan mengklaim bahwa RB18 yang dikemudikannya memang mengalami kerusakan.

Dilansir Formula 1, Sainz kemudian masuk pit pada lap 20 untuk ban hard baru. Leclerc baru melakukan pergantian ban ke jenis yang sama pada lap 25. Itu membuat Hamilton untuk pertama kalinya memimpin balapan untuk pertama kalinya pada musim 2022.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik usai Carlos Sainz Raih Kemenangan di GP Inggris

4. Ocon gagal lanjutkan balapan, perebutan posisi kedua dan ketiga berlangsung sengit

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP Inggrissalah satu momen perebutan posisi kedua dan ketiga antara Leclerc, Perez, dan Hamilton (twitter.com/F1)

Kesialan menimpa Esteban Ocon. Mobilnya melambat dan berhenti sebelum memasuki tikungan 9. Ini membuat safety car masuk memimpin balapan. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh para pembalap dengan masuk pit untuk mengganti ban. Hanya Kevin Magnussen dan Charles Leclerc yang tetap bertahan di trek tanpa melakukan pergantian ban.

Balapan kembali berlanjut tanpa safety car pada lap 43. Leclerc yang memimpin balapan langsung disalip oleh Sainz yang menggunakan ban soft. Dua lap kemudian, Leclerc melebar di tikungan terakhir sehingga menyebabkan dirinya diasapi oleh Hamilton dan Perez.

Keseruan perebutan posisi kedua dan ketiga pun masih berlanjut. Perez, Hamilton, dan Leclerc saling salip menyalip memperebutkan posisi di zona podium. Pada prosesnya, Perez dan Hamilton yang akhirnya menempati posisi kedua serta ketiga di akhir balapan. Carlos Sainz pun melintasi garis finis sebagai pemenang.

5. Sainz tak akan melupakan keberhasilan meraih kemenangan pada GP Inggris

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP InggrisCarlos Sainz saat di podium GP Inggris (twitter.com/F1)

Saat ditemui seusai balapan, Sainz terlihat sangat senang. Pasalnya, ini menjadi kemenangan pertamanya sepanjang berkarier di Formula 1 sejak 2015 silam. Sainz mengaku balapan GP Inggris menjadi hari yang sangat spesial dalam hidupnya.

"Aku tak tahu harus bilang apa. Itu luar biasa. Ini kemenangan pertama setelah 150 balapan bersama Ferrari di Sliverstone. Ini hari yang sangat spesial, sebuah hari yang aku tak akan pernah lupakan. Terima kasih kepada semua dukungan dan sorak sorai kalian," kata Sainz dilansir Racing News 365.

6. Klasemen sementara usai GP Inggris, Max Verstappen masih memimpin

Carlos Sainz Raih Kemenangan Perdana pada Formula 1 GP Inggrisklasemen pembalap Formula 1 usai GP Inggris 2022 (twitter.com/F1)

Keberhasilan Sainz memenangi GP Inggris membuat posisi pembalap bernomor mobil 55 itu di klasemen sementara naik satu peringkat menjadi posisi ke-4 dengan raihan 127 poin. Sementara itu, Max Verstappen yang menuntaskan balapan di posisi ke-7 masih kokoh di puncak klasemen dengan perolehan 181 poin.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Red Bull Ring, Austria pada 8--10 Juli 2022 mendatang. Siapakah yang akan menang pada balapan akhir pekan nanti? Mari kita nantikan ya!

Baca Juga: Carlos Sainz Tertawa Tanggapi Rumor Konflik Perpanjangan Kontrak

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya