Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP Brasil

Persaingan untuk merebut gelar juara dunia makin sengit!

Persaingan perebutan gelar juara dunia Formula 1 2021 masih berlangsung sengit. Terbaru, Lewis Hamilton sukses menaklukkan rival terdekatnya, Max Verstappen, pada balapan GP Brasil.

Balapan yang berlangsung sepanjang 71 lap itu berhasil dituntaskan oleh Hamilton dengan memulai balapan dari posisi start ke-10. Sementara itu, Valtteri Bottas menggenapi komposisi podium GP Brasil dengan finis posisi ketiga.

1. Pekan balap GP Brasil yang penuh lika-liku untuk Hamilton

Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP BrasilLewis Hamilton pada balapan GP Brasil. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Sebelum memulai balapan, Lewis Hamilton melalui pekan balap GP Brasil dengan penuh lika-liku. Pada sprint qualifying yang menentukan posisi start untuk balapan, Hamilton harus mulai dari posisi paling belakang. 

Kondisi tersebut didapat lantaran adanya hukuman yang dijatuhkan akibat dari pelanggaran DRS. Alhasil, hasil kualifikasi yang diperoleh Hamilton dibatalkan. Walau begitu, pembalap asal Inggris itu mampu finis di posisi ke-5 dalam sprint qualifying.

2. Memulai balapan dengan penalti lima posisi start, Hamilton langsung tancap gas salip 4 pembalap

Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP BrasilLewis Hamilton pada balapan GP Brasil. (twitter.com/MercedesAMGF1)

Meski memperoleh posisi ke-5 pada sprint qualifying, Hamilton tak memulai balapan pada posisi start tersebut. Ia masih dapat penalti lima posisi start karena tim melakukan pergantian ICE pada mesin mobilnya.

Situasi tersebut tak membuat Hamilton gentar. Ia bisa menyalip empat pembalap pada lap pembuka. Sementara itu, seperti dilansir PlanetF1,  Bottas yang start dari posisi terdepan justru melebar di tikungan 4. Verstappen mengambil alih balapan diikuti dengan rekan setimnya, Sergio Perez.

Baca Juga: Duel Gelar Juara F1 2021 Bukan Momen Tersulit dalam Karier Hamilton

3. Hamilton berhasil ambil alih pimpinan balapan di lap 59

Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP BrasilHamilton saat menyalip Verstappen pada lap 59 di GP Brasil. (twitter.com/F1)

Pada lap 5, Hamilton berhasil menyalip Bottas untuk memperoleh posisi ketiga. Bottas terlihat melambatkan laju mobilnya sebelum memasuki tikungan 1 untuk beri kesempatan kepada Hamilton mengejar duo Red Bull.

Pertarungan Hamilton melawan Verstappen terjadi pada lap ke-48. Pada tikungan 4, Hamilton berusaha menyalip Verstappen dari sisi luar. Sementara itu, Verstappen berusaha pertahankan posisinya dengan mengamankan sisi dalam tikungan. Alhasil, kedua pembalap melebar keluar trek.

Upaya yang sama dilakukan Hamilton pada lap ke-58 di tikungan yang sama, tapi masih belum buahkan hasil. Barulah pada lap ke-59 Hamilton benar-benar mampu menyalip Verstappen sebelum memasuki tikungan 4. Hamilton mengambil alih pimpinan balapan hingga chequered flag dikibarkan.

4. Hamilton senang bisa menang di GP Brasil

Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP BrasilHamilton saat diwawancara usai GP Brasil. (twitter.com/F1)

Selepas balapan, Hamilton mengaku merasa senang bisa menang di GP Brasil. Ia mengaku tak menyangka bisa memangkas jarak poin dengan Verstappen pada balapan yang berlangsung di Autódromo José Carlos Pace.

“Aku sangat-sangat bersyukur. Balapan yang menakjubkan dan tim melakukan kerja bagus. Bottas juga melakukan hal demikian untuk memperoleh lebih banyak poin. Aku berupaya menekan sekeras mungkin. 

Aku start paling belakang di sprint dan masih dapat penalti lima posisi start. Aku pikir ini akhir pekan yang berat. Aku tak pernah berpikir kami bisa memperkecil jarak hari ini.

Ada banyak hal yang berlawanan dengan kami. Tapi, ini menunjukkan kepada semua orang bahwa jangan menyerah pada apa pun yang Anda hadapi,” kata Hamilton dilansir Formula1.com.

5. Hamilton masih tertinggal 14 poin dari Verstappen

Start dari Posisi ke-10, Hamilton Asapi Verstappen di GP Brasilklasemen sementara F1 2021 usai GP Brasil (twitter.com/F1)

Tambahan 25 poin membuat Hamilton kini mengoleksi 318,5 poin. Ia masih tertinggal 14 poin dari Verstappen yang ada di puncak klasemen. Sementara itu, Formula 1 2021 masih menyisakan 3 seri balap lagi.

Segala kemungkinan masih akan terjadi antara Hamilton dan Verstappen. Apalagi, dua balapan berikutnya, yakni GP Qatar dan Arab Saudi merupakan balapan yang baru digelar musim ini sehingga peluang keduanya untuk saling jegal sangat tinggi.

Seri terakhir yang berlangsung di Abu Dhabi pun juga diprediksi akan menyuguhkan keseruan. Walaupun balapan di sana lebih menguntungkan Mercedes, bukan tidak mungkin Red Bull bisa memberi kejutan. Lantas, siapa yang akan merengkuh gelar juara dunia di akhir musim? Layak dinanti bersama!

Baca Juga: 7 Momen Paling Dramatis pada Lap Terakhir Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya