Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP Austria

Namun, tetap menekankan perlunya peningkatan untuk W13

Mercedes meraup hasil mengesankan pada GP Austria akhir pekan lalu. Tim berjuluk Silver Arrows ini sukses finis zona poin usai Lewis Hamilton dan George Russell masing-masing menuntaskan balapan di posisi ketiga serta keempat.

Capaian itu membuat Toto Wolff cukup puas. Meski begitu, pria yang berposisi sebagai Team Principal Mercedes tersebut mengaku timnya masih membawa sejumlah pekerjaan rumah untuk meningkatkan performa W13.

1. Russell dan Hamilton masuk 10 besar pada sesi kualifikasi meski mengalami insiden saat Q3

Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP AustriaLewis Hamilton dan George Russell mengalami insiden ketika sesi kualifikasi GP Austria 2022. (formula1.com)

Mercedes sejatinya memulai pekan balap di Red Bull Ring dengan capaian bagus. George Russell mampu memperoleh posisi start keempat untuk Sprint. Sementara itu, Lewis Hamilton menempati posisi kesembilan pada sesi kualifikasi.

Meski meraih hasil bagus, Mercedes dibuat gusar lantaran Russell dan Hamilton sama-sama mengalami insiden pada sesi kualifikasi ketiga (Q3). Tentu hal tersebut dikhawatirkan akan memengaruhi penampilan keduanya karena W13 yang mereka kemudikan mengalami sedikit kerusakan.

2. Russell dan Hamilton mampu mengemas poin saat Sprint

Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP AustriaGeorge Russell pada GP Austria 2022 (twitter.com/FormulaRapidaEN)

Meski mengalami insiden pada sesi kualifikasi, Russell dan Hamilton rupanya masih bisa menampilkan performa terbaik dan mendulang poin saat Sprint. George Russell berhasil finis keempat dan meraup 5 poin.

Lewis Hamilton juga mampu mengemas sebiji poin usai menyudahi balapan durasi pendek selama 30 menit tersebut di posisi kedelapan. Hasil kedua pembalap tersebut dalam gelaran Sprint juga menjadi posisi start mereka ketika Main Race.

Baca Juga: Mengingat Kembali Musim Rookie Lewis Hamilton, Hampir Juara Dunia

3. Lewis Hamilton naik podium, George Russell finis posisi empat pada Main Race

Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP AustriaLewis Hamilton saat naik podium GP Austria 2022 (formula1.com)

Serangkaian hasil mengesankan pada sesi kualifikasi serta Sprint berlanjut saat balapan dilangsungkan. Pada prosesnya, Lewis Hamilton naik podium usai finis posisi ketiga. Meski tak naik podium, George Russell menuntaskan balapan berdurasi 71 lap dengan menempati posisi keempat.

Berdasarkan data StatsF1, Lewis Hamilton sudah empat kali finis posisi ketiga pada musim 2022. Selain GP Austria, juara dunia Formula 1 tujuh kali itu juga finis ketiga pada GP Bahrain, Kanada, dan Inggris.

Jika ditotal, Mercedes mengantongi 33 poin dari pekan balap GP Austria. Saat ini, tim yang berbasis di Brackley, Inggris, tersebut sudah mengumpulkan 237 poin, tertinggal 66 poin dari Ferrari yang berada di peringkat kedua klasemen konstruktor.

4. Toto Wolff cukup puas pada hasil GP Austria, tapi menyadari W13 masih belum cepat

Toto Wolff mengaku cukup puas melihat capaian yang ditorehkan Hamilton dan Russell selama akhir pekan di Red Bull Ring. Meski begitu, pria berusia 50 tahu itu mengaku bahwa timnya masih perlu melakukan banyak hal untuk pembenahan performa W13.

"Kami masih kekurangan 0,2 atau 0,3 detik dalam hal performa. Secara keseluruhan, mobil sangat lebih cepat pada hari Minggu ketimbang Sabtu. Akan tetapi, tidak cukup cepat untuk benar-benar menantang barisan depan," jelas Wolff dilansir Racing News 365.

5. Mercedes kini berfokus tingkatkan performa W13 guna bisa bersaing di deretan depan

Toto Wolff Cukup Puas dengan Capaian Mercedes pada GP AustriaLewis Hamilton saat finis ketiga pada GP Austria 2022 (twitter.com/PET_Motorsports)

Sebelumnya, Mercedes dihantui persoalan porpoising pada awal musim 2022. Namun, Wolff meyakini bahwa masalah tersebut kini bukan isu utama untuk timnya. Fokus Mercedes kini berhubungan dengan peningkatan performa W13 agar bisa bersaing di deretan depan bersama Red Bull dan Ferrari.

"Aku pikir itu murni soal performa. Terkait porpoising, aku rasa kami sudah mengatasinya. Aku rasa jika kami kembali ke Monako dan Baku, kami tidak akan menjadi hebat. Namun, pastinya kami tidak akan memiliki masalah yang kami telah lihat beberapa pekan sebelumnya," ungkap Wolff.

 

Formula 1 akan kembali mengaspal pada akhir pekan depan. Circuit Paul Ricard yang berada di Prancis akan menjadi tuan rumah berikutnya untuk balapan yang berlangsung pada 22--24 Juli 2022 mendatang. Akankah performa bagus Mercedes di Austria bisa berlanjut?

Baca Juga: Toto Wolff Minta Maaf ke Hamilton karena Performa Buruk W13 di Imola

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya