Start dari Posisi ke-14, Verstappen Sukses Menang di F1 GP Belgia

Charles Leclerc gagal finis di posisi lima besar

Max Verstappen kembali tampil sebagai pemenang pada balapan Formula 1 musim 2022. Kali ini, pembalap Red Bull itu sukses finis terdepan pada GP Belgia meski harus start dari posisi ke-14.

Sementara itu, Charles Leclerc harus menelan pil pahit karena gagal finis posisi lima besar. Lantas, seperti apa jalannya balapan yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps pada Minggu (28/8/2022) malam WIB?

1. Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas keluar dari balapan lebih dini

Start dari Posisi ke-14, Verstappen Sukses Menang di F1 GP Belgiainsiden antara Hamilton dan Alonso pada balapan F1 GP Belgia 2022 (twitter.com/F1)

Verstappen harus start dari posisi ke-14 meski menuntaskan sesi kualifikasi sebagai yang tercepat. Hal ini terjadi karena Red Bull melakukan penggantian power unit pada RB18 miliknya. 

Kondisi serupa juga dialami oleh Charles Leclerc. Pembalap berkebangsaan Monako itu juga memulai balapan dari barisan belakang, tepatnya pada posisi ke-15 usai Ferrari melakukan penggantian komponen power unit F1-75.

Selepas lampu start padam, Sainz yang menduduki posisi start pertama langsung melenggang memimpin balapan. Sementara itu, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso mengalami insiden. 

Mobil kedua pembalap mengalami kontak saat melibas area tikungan Les Combes. Alhasil, mobil Hamilton melompat dan berujung pada gagal finisnya pembalap Mercedes tersebut. 

“Betapa idiotnya. Dia (Hamilton) menutup jalur dari sisi luar tikungan,” keluh Alonso atas insiden tersebut dikutip PlanetF1.

Pada lap 2, insiden kembali terjadi melibatkan Valtteri Bottas dan Nicholas Latifi. Mobil yang dikemudikan Bottas melintir karena berusaha menghindari potensi tabrakan dengan Latifi yang juga melintir karena roda mobilnya keluar trek dan melindas gravel. Akibatnya, Bottas gagal lanjutkan balapan dan safety car keluar untuk memandu balapan.

2. Leclerc masuk pit lebih awal, Verstappen pimpin balapan pada lap 12

Saat periode safety car, Leclerc mendapat informasi untuk masuk pit dan dirinya melakukannya pada lap 4 untuk mengganti ban ke jenis medium. Ferrari memberi tahu bahwa pada ban depan kanannya mengeluarkan asap. Tim berlogo kuda jingkrak itu mengonfirmasi bahwa penyebab munculnya asap itu adalah adanya serpihan yang tersangkut pada brake duct ban depan kanan mobilnya.

Balapan kembali berlanjut normal tanpa safety car pada lap 5. Verstappen yang sebelum periode yellow flag sudah berhasil naik ke posisi kedelapan kembali mampu menyalip pembalap di depannya. Ia sukses menyalip Albon dan Ricciardo untuk berada di posisi keenam.

Sementara itu, Leclerc baru masuk posisi 10 besar pada lap 12. Pada lap yang sama, Verstappen memimpin jalannya balapan setelah sukses menyalip rekan setimnya, Sergio Perez.

3. Verstappen kembali pimpin balapan pada lap 18 usai ganti ban ke medium

Start dari Posisi ke-14, Verstappen Sukses Menang di F1 GP BelgiaVerstappen menyalip Carlos Sainz pada F1 GP Belgia 2022 (twitter.com/F1)

Leclerc yang berhasil naik di posisi keempat mendapat perlawanan dari Russell pada lap 16. Namun, ban medium yang lebih segar ditambah DRS yang aktif membuat Russell mampu menyalip Leclerc.

Pada lain pihak, Verstappen yang keluar pit setelah mengganti ban ke jenis medium pada lap yang sama berusaha mengejar Sainz yang memimpin balapan. Hasilnya, juara dunia Formula 1 musim lalu itu sukses merebut posisi pimpinan balapan pada lap 18.

Tiga lap berselang, Sainz kembali harus turun posisi usai Perez menyalipnya sebelum masuk ke tikungan Les Combes. Selepas itu, Ferrari bereaksi dengan melakukan double stack pada lap 26. Sainz mengganti ban ke jenis hard sementara Leclerc menggunakan jenis medium.

Selepas itu, Sainz mampu kembali naik ke posisi tiga dan Leclerc berhasil mengamankan posisi kelima usai menyalip Ocon dan Vettel pada lap 31.

Baca Juga: Verstappen Bantah Ferrari Muluskan Jalan Menuju Gelar Juara F1 2022

4. Leclerc terkena penalti lima detik pada akhir balapan, Verstappen finis sebagai pemenang

Pada lap 43, Leclerc kembali masuk pit untuk mengganti ban dari medium ke jenis soft. Ini dimaksudkan agar Leclerc bisa mendapat tambahan satu poin dari catatan waktu tercepat saat balapan.

Memang, Leclerc berhasil merebut kembali posisi kelima dari Alonso setelah sempat melorot usai masuk pit. Akan tetapi, bukannya mendapat tambahan satu poin, Leclerc justru terkena penalti lima detik karena melanggar aturan batas kecepatan di pit lane. Alhasil, ia dinyatakan finis keenam.

Sementara itu, keunggulan Verstappen tak terbendung hingga chequered flag dikibarkan. Ia pun berhak mendapatkan 26 poin karena finis pertama dan mencatatkan fastest lap. Sergio Perez dan Carlos Sainz masing-masing menuntaskan balapan di posisi kedua serta ketiga.

5.  Verstappen tetap tampil tenang meski ada sejumlah kejadian pada lap pertama balapan

Start dari Posisi ke-14, Verstappen Sukses Menang di F1 GP BelgiaMax Verstappen diwawancara usai balapan GP Belgia 2022. (twitter.com/F1)

Selepas balapan, Verstappen menilai GP Belgia merupakan balapan yang luar biasa. Meski ada banyak kejadian terutama pada lap-lap awal, Verstappen tetap berusaha tenang dan memaksimalkan performa RB18 guna meraih kemenangan.

“Itu lap pertama yang sibuk untuk mencoba menghindari masalah. Ada banyak hal yang terjadi di depanku. Namun, sekali kami menetap setelah periode safety car, mobil benar-benar berada di jalurnya. Kami memilih tempat yang tepat untuk menyalip pembalap lain dan kami bisa merawat ban. Begitulah kami membuat jalan kami menuju ke depan,” jelas Verstappen dilansir Formula 1.

6. Verstappen dan Red Bull semakin kokoh di puncak klasemen usai GP Belgia

Start dari Posisi ke-14, Verstappen Sukses Menang di F1 GP Belgiaklasemen pembalap Formula 1 usai GP Belgia 2022 (twitter.com/F1)

Kemenangan pada GP Belgia membuat Verstappen semakin kokoh di puncak klasemen. Ia kini mengemas 284 poin. Sementara itu, Leclerc justru melorot ke posisi ketiga lewat perolehan 186 poin. Posisi runner-up di klasemen pembalap saat ini dihuni Sergio Perez yang sudah mengumpulkan 191 poin.

Sementara itu, Red Bull semakin menjauh dari kejaran Ferrari di klasemen konstruktor. Jarak antara keduanya kini menjadi 118 poin. Tentu, ini semakin menyulitkan Ferrari jika ingin meraih gelar juara konstruktor pada musim ini.

 

Formula 1 kini sudah ditunggu balapan berikutnya di Zandvoort, Belanda, pada 2–4 September 2022 mendatang. Akankah Verstappen mampu meraih hasil maksimal di hadapan publik negaranya sendiri?

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Belgia

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya