5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Belgia

Verstappen kian tinggalkan para pesaingnya

Max Verstappen kembali menorehkan hasil positif dengan meraih kemenangan di Formula 1 GP Belgia. Meski harus start dari urutan ke-14, Verstappen mampu bangkit dan menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis.

Kemenangan ini juga menjadi awal yang bagus setelah jeda musim panas. Kini, pembalap asal Belanda tersebut kian menjauhi para pesaingnya. Simak beberapa fakta menarik kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP Belgia.

1. Meski jadi yang tercepat pada sesi kualifikasi, Max Verstappen harus start dari urutan ke-14

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP BelgiaMax Verstappen (formula1.com)

Dominasi Max Verstappen sejatinya sudah terlihat sejak sesi kualifikasi. Ia mampu membawa mobil Red Bull miliknya meraih pole position. Namun, ia harus start dari urutan ke-14 setelah melebihi batas pergantian mesin.

Verstappen bukan satu-satunya pembalap yang mengalami penurunan posisi start. Pesaing utamanya, Charles Leclerc, juga harus start dari urutan ke-15 karena alasan yang sama. Selain itu, Esteban Ocon, Lando Norris, Zhou Guanyu, Mick Schumacher, dan Valtteri Bottas mengawali balapan dari urutan belakang.

2. Kemenangan beruntun Max Verstappen di GP Belgia

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP BelgiaMax Verstappen menjuarai GP Belgia 2022. (formula1.com)

Max Verstappen sukses mempertahankan takhtanya di GP Belgia. Sebelumnya, ia menjadi yang tercepat pada 2021. Namun, saat itu, balapan hanya berlangsung dua lap karena cuaca buruk.

Verstappen untuk pertama kalinya memimpin jalannya balapan GP Belgia tanpa adanya safety car. Penampilannya musim ini cukup dominan dengan selisih mencapai 17 detik dari Sergio Perez di urutan kedua.

Baca Juga: Max Verstappen Beri Penilaian pada Mobil Formula 1 Musim 2022

3. Dua kali menang beruntun ketika start dari posisi sepuluh atau lebih buruk

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP BelgiaMax Verstappen menjuarai GP Hungaria 2022. (formula1.com)

Kemenangan Max Verstappen dari urutan ke-14 makin menunjukkan kekuatan mobil Red Bull musim ini. Sebelumnya, memang banyak yang memprediksi Verstappen akan menjadi pemenang, melihat catatan waktunya di sesi kualifikasi.

Kemenangan ini juga menjadi kemenangan dari grid terendah bagi Verstappen. Catatan itu mematahkan rekor sebelumnya yang ia dapat di GP Hungaria 2022, ketika ia harus start dari posisi kesepuluh. Posisi start ternyata tak terlalu berpengaruh bagi Verstappen musim ini.

4. Hattrick kedua Verstappen pada 2022

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP BelgiaMax Verstappen menjuarai GP Prancis 2022. (formula1.com)

Dengan kemenangannya di GP Belgia, Max Verstappen menorehkan hattrick kemenangan setelah menjadi yang tercepat di GP Prancis dan Hungaria. Menariknya, ini bukan kali pertama pada 2022 Verstappen menorehkan hattrick.

Pembalap asal Belanda tersebut pertama kali melakukannya ketika menyabet tiga kemenangan beruntun di GP Emilia Romagna, Miami, dan Spanyol. Verstappen telah mengecap sembilan kemenangan musim ini.

5. Raihan terbaik Sergio Perez di GP Belgia

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di Formula 1 GP BelgiaSergio Perez dan Max Verstappen raih podium di GP Belgia 2022. (formula1.com)

Catatan menarik tak hanya datang dari Max Verstappen, Sergio Perez juga menorehkan raihan impresif setelah menempati posisi kedua. Sebab, ini pertama kalinya pembalap asal Meksiko tersebut finis di jajaran podium pada GP Belgia.

Padahal, sebelumnya Perez tak pernah menyelesaikan balapan di sirkuit Spa lebih baik dari posisi lima. Musim lalu, Perez harus puas menempati posisi ke-19 pada balapan yang chaos.

Kemenangan di GP Belgia makin menunjukkan dominasi Red Bull dan Max Verstappen musim ini. Kini, Verstappen kian menjauhi para pesaingnya dengan keunggulan 93 poin dari rekan setimnya, Sergio Perez.

Baca Juga: Franz Tost Wanti-wanti Rival Max Verstappen untuk Sisa Musim F1 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya