Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP Inggris

Verstappen sempat disalip Lando Norris pada awal balapan

Max Verstappen kembali mengukir kemenangan di Formula 1 2023. Kali ini, pembalap Red Bull itu finis terdepan di GP Inggris yang digelar pada 9 Juli 2023 malam WIB. Verstappen sukses mengungguli Lando Norris dan Lewis Hamilton yang menuntaskan balapan di posisi kedua serta ketiga.

Meski meraih kemenangan, Max Verstappen rupanya tetap menyoroti kekurangan yang terjadi saat balapan berlangsung. Salah satunya adalah start kurang mulus yang membuatnya disalip Norris. Lalu, apa yang dirasakan Verstappen ketika harus mengejar Norris pada awal balapan?

1. Max Verstappen meraih pole position untuk kedua kalinya di Sirkuit Silverstone

Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP InggrisMax Verstappen saat menjalani pekan balap GP Inggris 2023. (formula1.com)

Max Verstappen kembali meraih pole position di sesi kualifikasi GP Inggris. Pembalap berkebangsaan Belanda itu mencatatkan waktu 1 menit 26,720 detik, unggul 0,241 detik dari Lando Norris. Itu menjadi kedua kalinya Max Verstappen meraih pole position di Sirkuit Silverstone setelah sebelumnya terjadi pada musim 2021.

Pole position di GP Inggris juga menjadi yang kelima secara beruntun di Formula 1 2023. Sebelum GP Inggris, Verstappen juga memulai balapan dari posisi terdepan di GP Monako, Spanyol, Kanada, dan Austria. Secara keseluruhan, Max Verstappen sudah meraih tujuh pole position dari sepuluh seri balap yang sudah digelar musim ini.

Baca Juga: 11 Pembalap Inggris yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Inggris

2. Verstappen sempat berada di belakang Lando Norris pada lap-lap awal GP Inggris

Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP InggrisLando Norris berada di depan Max Verstappen saat balapan GP Inggris 2023. (formula1.com)

Memulai balapan dari posisi terdepan menjadi keuntungan bagi Verstappen. Ia berpeluang menambah koleksi kemenangan beruntun menjadi enam kali. Pada prosesnya, Verstappen berhasil mewujudkan hal tersebut setelah sukses finis terdepan mengungguli Lando Norris dan Lewis Hamilton.

Akan tetapi, capaian tersebut tak didapat Verstappen dengan mulus. Ia langsung menghadapi tantangan setelah Norris melakukan start dengan baik dan berada di posisi pimpinan balapan. Verstappen bahkan harus bertahan dari kejaran Oscar Piastri yang berusaha mengambil posisi kedua.

Kemudian, Verstappen berhasil menjauh dari kejaran Piastri dan fokus mengejar Norris yang memimpin jalannya balapan. Puncaknya, Verstappen berhasil menyalip Norris di tikungan 6 pada lap kelima. Posisi tersebut berhasil dipertahankan Verstappen hingga bendera chequered dikibarkan.

3. Meski merasa senang, Verstappen tetap menyoroti masalah start di GP Inggris

Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP InggrisMax Verstappen saat menjalani pekan balap GP Inggris 2023. (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen merasa senang bisa meneruskan tren kemenangan setelah finis pertama di GP Inggris. Namun, ia tetap menyoroti masalah start yang tidak mulus sehingga membuat dirinya berada di belakang Norris. Apalagi, Verstappen butuh beberapa lap untuk bisa mendahului Norris agar berada di posisi terdepan.

“Kami mengalami start yang sangat buruk, jadi kami butuh memeriksa mengapa hal itu bisa terjadi. Bahkan, setelah kejadian tersebut, kedua mobil McLaren sangat cepat sehingga butuh beberapa lap untuk menyalip Norris. Kemudian, pada satu titik aku bisa mengurangi jarak dan aku pikir semuanya terlihat baik kembali.

Namun, setelah Safety Car, menggunakan kompon ban paling lunak di sini menjadi sedikit lebih susah bagi kami untuk menjaganya tetap hidup. Jadi, jaraknya tetap di sekitar 3 hingga 3,5 detik. Tentu saja, sangat senang kami menang lagi,” papar Verstappen dilansir Racing News 365.

4. Max Verstappen kian kokoh di puncak klasemen, unggul 99 poin dari Sergio Perez

Max Verstappen Soroti Start Kurang Oke saat Formula 1 GP Inggrisklasemen pembalap Formula 1 2023 selepas GP Inggris (twitter.com/F1)

Kemenangan Max Verstappen di GP Inggris semakin menambah koleksi finis pertama dirinya sepanjang musim 2023. Verstappen sudah merengkuh 8 kemenangan dari 10 seri balap yang sudah dihelat. Hasil tersebut juga meneruskan tren sapu bersih kemenangan Red Bull musim ini. Sebab, belum ada pembalap dari tim selain Red Bull yang finis terdepan saat main race.

Max Verstappen masih berada di singgasana dengan koleksi 255 poin. Ia unggul dari Sergio Perez, rekan setimnya, dengan jarak 99 poin. Sementara itu, Red Bull semakin kokoh di puncak klasemen konstruktor lewat perolehan 411 poin. Mereka menjauh dengan jarak 208 poin dari Mercedes.

Performa cemerlang Verstappen dan Red Bull masih akan berlanjut pada seri-seri berikutnya musim ini. Akan tetapi, mereka tak boleh jemawa mengingat masalah yang terjadi pada lap-lap awal balapan F1 2023 GP Inggris. Peluang tim lain untuk mengganggu dominasi Red Bull juga masih terbuka lebar.

Baca Juga: Harapan Juan Pablo Montoya untuk Max Verstappen di Formula 1 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya