Williams Dapat Poin Pertama pada F1 2022, Jost Capito Merasa Lega

Williams dapat poin usai Albon finis ke-10 di Australia

Williams akhirnya mendapat poin perdana pada Formula 1 musim 2022. Hal tersebut menyusul keberhasilan Alexander Albon yang menuntaskan balapan di posisi ke-10 pada GP Australia akhir pekan lalu.

Hasil tersebut membawa kelegaan bagi skuad yang berbasis di Grove, Inggris. Itu disampaikan langsung oleh Jost Capito selaku Team Principal Williams dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

1. Williams mengalami kesulitan pada tes pramusim dan dua balapan awal F1 2022

Williams Dapat Poin Pertama pada F1 2022, Jost Capito Merasa LegaNicholas Latifi mengalami insiden pada GP Arab Saudi 2022 (formula1.com)

Williams mengalami sejumlah kesulitan pada awal musim. Mereka mengalami progres kurang oke jika dibandingkan dengan para rival saat tes pramusim. Hasil kurang memuaskan ini juga berlanjut pada GP Bahrain dan Arab Saudi.

Nicholas Latifi dan Alexander Albon gagal mendapat poin pada dua balapan tersebut. Adapun Albon mendapat nasib kurang oke pada GP Arab Saudi. Ia terlibat insiden dengan Lance Stroll yang menyebabkan pembalap asal Thailand itu dipenalti 3 posisi start saat balapan GP Australia.

2. Nasib kurang oke Williams terjadi pada sesi kualifikasi GP Australia

Williams Dapat Poin Pertama pada F1 2022, Jost Capito Merasa LegaAlexander Albon pada Q1 GP Australia (twitter.com/Anthony_Nagel_)

Pada GP Australia Williams sempat mengalami nasib kurang oke pada sesi kualifikasi. Mobil Nicholas Latifi rusak setelah bertabrakan dengan Lance Stroll. Sementara itu, Albon didiskualifikasi lantaran mobilnya tidak bisa memenuhi persyaratan pengecekan bahan bakar karena tidak mencapai 1 liter untuk sampel. 

Meski begitu, Albon mampu tampil bagus saat balapan. Ia mampu bertahan di trek dengan ban hard selama 57 lap sebelum akhirnya masuk pit. Pembalap bernomor mobil 23 itu akhirnya finis di posisi ke-10 dan menyumbangkan sebiji poin.

Baca Juga: Peluang Nicholas Latifi Unjuk Gigi di Williams pada Formula 1 2022

3. Jost Capito mengakui timnya menjalani GP Australia dengan begitu berat

Williams Dapat Poin Pertama pada F1 2022, Jost Capito Merasa LegaAlexander Albon pada balapan GP Australia 2022 (twitter.com/WilliamsRacing)

Jost Capito mengakui bahwa pekan balap GP Australia begitu berat bagi Williams. Apalagi, timnya diterpa serangkaian nasib kurang mujur menjelang balapan pada hari Minggu (10/4/2022). 

"Kami memiliki start yang sangat sulit dan juga akhir pekan yang berat setelah hari Sabtu. Sebelum balapan, kami bilang bahwa kami harus mempelajari ban yang dipakai. Jika kami berada di posisi ke-18 dan 20 pada grid maka tidak perlu mendorong terlalu keras dan tetap mempelajari ban dan melihat apa yang terjadi saat kami ada di trek.

Kami tahu dari waktu lalu bahwa bahwa ban hard benar-benar bagus untuk kami. Jadi, kami berharap itu dapat muncul juga di sini. Kami menyimpan dua ban hard untuk setiap mobil dan tak memakainya sama sekali sepanjang akhir pekan," kata Capito dilansir F1i.

4. Keberhasilan Alexander Albon dapat poin pada GP Australia melegakan Williams

Williams Dapat Poin Pertama pada F1 2022, Jost Capito Merasa Legapembalap Williams Alexander Albon (formula1.com)

Keberhasilan Albon meraih posisi ke-10 pada GP Australia tentunya melegakan Williams. Capito pun mendapat pelajaran berharga dari lika-liku yang dialami timnya saat balapan di Albert Park Circuit.

"Tentunya itu sebuah kelegaan bagi tim. Mendapatkan poin lebih dulu pada musim ini cukup menggembirakan. Itu adalah hal bagus pada balapan, hal-hal yang bisa berubah pada balapan hari Minggu.

Itu menunjukkan bahwa semuanya belum berhasil sebelum benar-benar berakhir. Jika Anda tetap berusaha dan selalu termotivasi serta percaya pada diri sendiri dalam waktu-waktu sulit, keberuntungan dapat berubah," jelas Capito.

5. Williams bertengger di posisi ke-9 klasemen konstruktor setelah GP Australia

Saat ini Williams masih bertengger di posisi ke-9 klasemen sementara konstruktor dengan 1 poin. Berdasarkan data Stats F1, Aston Martin kini menjadi satu-satunya tim yang belum meraih poin pada tiga balapan awal Formula 1 2022.

Balapan berikutnya akan berlangsung di Imola, Italia pada 22--24 April 2022 mendatang. Tentunya Williams akan berusaha sebaik mungkin untuk kembali meraih poin agar tetap menjaga asa bertarung untuk memperoleh posisi lebih baik di klasemen. Mari kita nantikan kiprah Williams berikutnya.

Baca Juga: Mengenang Sir Frank Williams, Sosok Jenius Dominasi Williams di F1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya