7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli Barcelona

Dari Rookie Alex Rins sampai dengan sang juara dunia bertahan, Marc Marquez!

Dari dulu hingga saat ini nama Spanyol selalu mendominasi di MotoGP, baik itu rider aktif maupun venuee penyelenggara.

Musim 2017 ini setidaknya ada 10 rider di kelas MotoGP yang berasal dari Spanyol dari total 23 rider yang akan berlaga.

Siapa sangka, kebanyakan dari mereka adalah anak-anak Barcelona. Lalu mengapa ada begitu banyak bintang MotoGP yang berasa dari Barcelona/Catalonia?

Seperti diketahui bahwa Federasi Spanyol ternyata sangat peduli dengan yang namanya prestasi dan giat para remaja dan pemudanya. Ada banyak kelas balap yang lebih kecil dan terjangkau bagi pembalap-pembalap muda, guna berlatih sejak ini kepada mereka yang tertarik menjadi pembalap.

Jadi program pemerintah setempat ini sangat membantu keluarga yang ingin mendukung anak-anak mereka menjadi seorang pembalap. 

Federasi Catalan juga benar-benar bekerja sangat-sangat keras. Dalam dekade terakhir, mereka juga genjor-genjoran mendukung talenta muda secara finansial, karena olahraga kami benar-benar kelas mahal. Oleh karena itu, dengan program ini pembalap muda sangat terbantu," kata Espargaro.

"Dengan kondisi tersebut, dapat berkembang banyak pembalap muda dan selalu terus berkembang. Sekarang Anda bisa melihat di balap kelas dunia, dampak setelah sepuluh tahun kerja keras. Di masa depan, kita masih akan melihat banyak bakat dari Barcelona/Catalonia," terang salah satu rider asal Barcelona, Aleix Espargaro.

1. Alex Rins

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonaSuzuki MotoGP

Alex Rins memulai debutnya (Rookie) di kelas MotoGP tahun ini, bersama tim pabrikan Suzuki Ecstar, pemilik nomor start #42 ini merupakan bintang jebolan Moto2 2016 lalu dengan predikat runner-up.

Rins lahir pada 8 Desember 1995 (21 tahun) lalu di kota Barcelona, Spanyol.

2. Maverick Vinales

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonaOkeZone

Maverick Vinales adalah salah satu rider yang paling mencuri perhatian di awal musim 2017 ini, terlebih usia bergabung dengan tim Movistar Yamaha, besanding dengan rider jagoan asal Italia, Valentino Rossi.

Vinales lahir pada 12 Januari 1995 di Figueres, sebuah kota di Spanyol. Kota ini letaknya di wilayah otonomi Catalunya/Barcelona.

3. Aleix Espargaro

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonarunganSport

Tahun ini Aleix Espargaro membela tim Aprilia Gresini Racing, usai posisinya di Suzuki Ecstar digantikan oleh Andrea Iannone.

Espargaro merupakan salah satu rider terkenal di MotoGP, ia lahir di kota Granollers, kota kecil yang hanya berpenduduk 59.930 jiwa ini masih terletak dalam batas administratif provinsi Barcelona.

4. Pol Espargaro

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonaHarian Indo

Pol musim ini merapat ke tim Red Bull KTM MotoGP, tim yang baru masuk ke MotoGP mulai tahun ini, ia dan rekan setimnya, Bradley Smith juga sama-sama mantan rider kelas kakap jebolan tim Satelit Monster Yamaha Tech 3.

Pol adalah adik kandung Aleix Espargaro, so! tempat kelahirannya pun sama, sama-sama anak Barcelona.

5. Tito Rabat

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonaCrash

Sama halnya dengan Alex Rins, Rabat merupakan remaja asli asal Barcelona, yang menarik dari rider Saletin Honda ini adalah sering menggunakan bahasa Indonesia dalam setiap status media sosialnya, jadi sosoknya sangat terkenal di Indonesia ketimbang daerah asalnya.

6. Dani Pedrosa

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonarunganSport

Pedrosa memiliki nama lengkap Daniel "Dani" Pedrosa Ramal. Rider Repsol Honda ini lahir di Sabadell, adalah kota terbesar ke-2 di comarca Vallès Occidental, Barcelona, Catalunya, Spanyol. 

Kota ini terletak 20 km dari Barcelona, pusat comarca tersebut. Kota ini dilalui oleh Sungai Ripoll. Kota ini berpenduduk 193.954 jiwa.

7. Marc Marquez

7 Bintang MotoGP Ini Ternyata Bocah Asli BarcelonarunganSport

Nah, kalau yang inis udah pada tahu kan? Doi adalah rider dengan kehadiran terfenomenal di kelas MotoGP. Sejak kemunculannya pada 2013 lalu di kelas utama, Marquez langsung mencuri perhatian dengan mengegembok gelar juara dunia pertama di tahun pertamanya.

Marquez lahir di kota Cerverra, provinsi Barcelona di Spanyol, ia punya adik yang juga aktif membalap di kelas Moto2, Alex Marquez.

DN Han Photo Writer DN Han

10 tahun dari sekarang adalah kemarin.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya