Inilah Sosok Pemain di Logo NBA yang Gak Banyak Orang Tahu

Penasaran kan?

Buat para penggemar NBA (National Basketball Associaton), tentu sudah akrab dengan logo biru dan merah serta siluet warna putih yang memperlihatkan seorang pemain basket sedang memegang bola.

Banyak yang belum tahu bahwa orang yang ada pada logo NBA tersebut adalah seorang legenda Liga Basket Amerika Serikat yang telah memberikan sumbangsih bagi kemajuan dunia basket dan mencetak banyak rekor selama bermain.

Jadi, logo NBA itu tidak hanya asal dibuat, namun unsur-unsurnya berdasarkan pada seorang pemain yang menjadi bagian sejarah penting NBA. Selain warna merah-biru yang merupakan warna khas dari bendera nasional Amerika.

Gambar siluet di logo NBA diambil dari gaya dribel bola Jerry West

Inilah Sosok Pemain di Logo NBA yang Gak Banyak Orang Tahutwitter.com/byrhsin

Ya, orang yang berada di logo NBA itu adalah Jerry West yang berkarir di NBA dari tahun 1960 sampai tahun 1974. Siluet manusia di logo NBA itu diambil dari gaya dribel bolanya selama aktif bermain. 

Lahir dengan nama lengkap Jerry Alan West pada tanggal 28 Mei 1938 di Chelyan, Amerika Serikat. Sejak kecil ia sangat terobsesi menjadi atlet basket dan kakaknya David West adalah orang yang selalu memotivasi Jerry kecil untuk meraih cita-citanya tersebut.

Namun satu momen yang mengubah dirinya ketika mendengar kakaknya David tewas saat bertempur di Perang Korea yang membuatnya terpuruk untuk sementara waktu. Setelah mengalami fase keterpurukan akhirnya West bangkit, ia rajin mengkonsumsi vitamin agar bisa tumbuh tinggi karena tubuhnya saat kecil lebih pendek dibanding anak-anak seusianya.

Sehingga badanya bisa bertambah tinggi dan ketika mulai usia dewasa ia bisa memenuhi keinginanya menjadi atlet basket profesional dan memulai debut di tahun 1960 di kompetisi NBA Bersama LA Lakers.

Selama bermain, Jerry West hanya membela LA Lakers dan meraih banyak prestasi tim maupun individu

Inilah Sosok Pemain di Logo NBA yang Gak Banyak Orang Tahuaminoapps.com

Walau telah bergabung di tahun 1960 namun baru dua tahun berikutnya West memberikan kontribusi berarti untuk Lakers. Dia selalu menciptakan 30 skor atau lebih di setiap pertandingan. Jerry juga mendapat julukan Mr. Clutch dari pendukung Lakers karena sering menyumbangkan poin di akhir-akhir pertandingan yang berujung pada kemenangan tim pantai barat Amerika ini.

Selama 14 tahun membela Lakers, West sudah mencetak lebih dari 25 ribu poin, 14 kali membela tim NBA all star, NBA finals MVP tahun 1969, juara NBA tahun 1972, dan medali emas olimpiade 1960. Setelah pensiun dari dunia basket, Jerry juga masih mendapatkan penghargaan pribadi seperti masuk dalam Basketball Hall of Fame pada tahun 1980 dan terpilih sebagai salah satu pemain terbaik di hari jadi NBA ke-35 di tahun yang sama.

Puncaknya di tahun 1996 ia dinobatkan menjadi 50 pemain terbaik sepanjang sejarah NBA bersanding dengan bintang-bintang lain seperti Michael Jordan, Magic Johnson, Kobe Bryant, Karim Abdul Jabbar, Shaquille O'neal dll.    

Lalu apa aktivitasnya saat ini?

Inilah Sosok Pemain di Logo NBA yang Gak Banyak Orang Tahusi.com

Setelah pensiun Jerry kemudian menjadi pelatih Lakers selama 3 tahun dari medio 1976 hingga 1979. Usai melepas jabatan pelatih ia kemudian masih berkarir di Lakers sebagai direktur pengembangan pemain.

Jerry West sempat keluar dari Lakers, klub yang sudah dibelanya selama hampir 40 tahun sebagai pemain dan staff untuk menerima pekerjaan sebagai Presiden Basketball Operation di klub Memphis Grizzli di tahun 2002. Saat ini di usianya yang menginjak 79 tahun, Jerry masih aktif di dunia perbasketan Amerika dengan mengisi posisi sebagai dewan penasihat kompetisi NBA.

Berikut cuplikan video aksi Jerry West

https://www.youtube.com/embed/Av-GUf5njCA

Terlihat di video, Jerry West mencetak 3 poin dari jarak lebih dari setengah lapangan. Kehebatan itulah yang membuat Jerry menjadi salah satu pemain basket terhebat di NBA dan pantas mendapat pengahargaan gaya dribelnya dijadikan logo kompetisi NBA.

 

Dwiki Libra Photo Verified Writer Dwiki Libra

https://serigala-bola.blogspot.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya