Comscore Tracker

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

Pasangan Jepang dan China mendominasi

Setelah Greysia Polii gantung raket dari dunia bulu tangkis profesional, kini sektor ganda putri Indonesia mengandalkan sosok pasngan Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Apriyani Rahayu. Keduanya baru saja berdiri di podium tertinggi salah satu turnamen Super 500 BWF, Singapore Open 2022.

Pertanyaannya, mampukah pasangan ganda putri bulu tangkis andalan baru Indonesia ini tampil konsisten hingga menyamai rekor peringkat satu dunia versi BWF terlama seperti halnya sederet ganda putri di bawah ini? Rekor siapa saja yang perlu dikalahkan Siti Fadia/Apriyani Rahayu untuk bertengger sebagai ganda putri terlama menduduki peringkat satu dunia versi BWF tersebut?

1. Tian Qing/Zhao Yunlei (25 minggu)

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFTian Qing/Zhao Yunlei (bwfbadminton.com)

Sebagai pemain ganda putri China yang menjadi andalan pada masanya, Tian Qing/Zhao Yunlei mulai menikmati kejayaan medio akhir tahun 2011. Mereka juga menjadi pasangan yang sukses meraih dua medali emas Kejuaraan Dunia dan medali emas Olimpade London 2012.

Kala itu, Zhao menjadi pemain serba bisa dan sangat cerdik di depan net. Sedangkan, Tian kerap memberikan daya serang dari belakang yang membuat mereka mampu merepotkan lawan-lawannya. Berkat konsistensi tersebut, pasangan ini mampu menjadi pasangan yang bertengger di peringkat satu dunia selama 25 minggu secara beruntun.

2. Chen Qingchen/Jia Yifan (33 minggu)

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFChen Qingchen/Jia Yifan (bwfbadminton.com)

Mulai dipasangkan pada tahun 2013 saat keduanya berusia 16 tahun, Chen Qingchen/Jia Yifan memberikan persaingan baru di sektor ganda putri. Meski belum berhasil meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, pasangan ini sangat konsisten di beberapa kejuaraan bulu tangkis, khususnya dalam ajang superseries.

Sebelum berpasangan dengan Chen Qingchen, Jia Yifan berpasangan dengan Huang Dongping di level junior. Sementara Chen Qingcheng sempat bermain di sektor ganda campuran bersama Zheng Siwei. Sejak dipasangkan, Chen Qingchen/Jia Yifan mampu menduduki peringkat pertama dunia selama 33 minggu secara berturut-turut.

Baca Juga: 5 Ganda Campuran Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

3. Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (46 minggu)

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFYuki Fukushima/Sayaka Hirota (bwfbadminton.com)

Pasangan yang sempat bertengger di peringkat satu dunia versi BWF ini merupakan ganda putri yang sempat berhenti dipasangkan. Momen itu terjadi saat Sayaka Hirota terpaksa menepi akibat cedera lutut parah medio Juni 2021 lalu.

Atas kejadian itu, peringkat BWF mereka pun melorot hingga urutan keempat dunia. Namun, pasangan ini comeback saat Hirota dinyatakan pulih setelah beristirahat kurang lebih tujuh bulan lamanya.

Kendati baru comeback dari cedera, pasangan Fukushima/Hirota masih menjadi momok di sektor ganda putri bulu tangkis dunia. Pasalnya, segera kembali ke peringkat dua dunia dewasa ini. Pasangan Fukushima/Hirota memang terbukti sebagai salah satu ganda putri terbaik dunia setelah sukses menempati peringkat satu dunia BWF selama 46 minggu secara beruntun.

4. Wang Xiaoli/Yu Yang (73 minggu)

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFWang Xiaoli/Yu Yang (scmp.com)

Pasangan fenomenal asal China ini mulai mengalami masa kejayaannya pada tahun 2011. Kala itu, mereka berhasil menyapu bersih lima gelar bergengsi superseries, mulai dari All England, Indonesia Open, Korea Open, China Open, hingga Denmark Open.

Berkat pencapaian dan konsistensi Wang Xiaoli/Yu Yang di beberapa kejuaraan bulu tangkis dunia, pasangan legendaris ini mampu menempati peringkat pertama dunia selama 73 minggu secara berturut-turut. Sungguh capaian rekor yang sulit disamai.

5. Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (84 minggu)

5 Ganda Putri Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWFMisaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (olympics.com)

Meski capaian Wang Xiaoli/Yu Yang tergolong fantastis, nyatanya rekor itu masih kalah dibandingkan milik pasangan ganda putri Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Sederet prestasi telah banyak diraih dari pasangan ganda putri ini, dari mulai kejuaraan Grand Prix sampai BWF Superseries. Pasangan Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi pun menjadi ganda putri terlama yang berhasil menduduki peringkat pertama dunia BWF selama 84 minggu beruntun atau setara dengan 1 tahun 6 bulan!

Persaingan ganda putri yang makin ketat membuat para atlet bersaing ketat menjadi yang terbaik. Mengingat pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia mulai menjadi momok baru yang menakutkan di sektor ganda putri, mampukah keduanya memecahkan rekor milik Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi sebagai pemegang peringkat satu dunia BWF terlama secara beruntun? Kita doakan yang terbaik bagi kiprah ganda putri andalan Indonesia tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Ganda Putra Bulu Tangkis Terlama Duduki Peringkat Satu BWF

Faialms Photo Verified Writer Faialms

welcome, happy reading~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya