5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor Baru

Umur hanyalah angka bagi mereka

Bermain di NBA bukanlah perkara mudah. Selain perlu ketangkasan mumpuni, para pemain juga harus menjaga kebugaran fisik. NBA dikenal memiliki intensitas permainan yang tinggi. Oleh karena itu, banyak pemain yang sudah berumur kalah saing lantaran fisiknya sudah tidak prima sehingga performanya menurun.

Namun, ada pengecualian bagi pemain yang berusaha menjaga fisiknya semaksimal mungkin. Performa mereka cenderung stabil meski usianya sudah tua. Kelima pemain ini menjadi contoh nyata. Bahkan, mereka masih mampu menembus NBA All-Star yang merupakan ajang bagi pemain dengan performa impresif selama musim reguler bergulir.

Berikut ini lima pemain tertua di NBA All-Star 2024.

1. Paul George (33 tahun) terpilih sebagai pemain cadangan di NBA All-Star 2024

5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor BaruPaul George (nba.com)

Pemain pertama adalah Paul George, bintang Los Angeles Clippers. Ia terpilih sebagai pemain cadangan di NBA All-Star 2024 saat usianya sudah menginjak 33 tahun. Ini jadi kali ke-9 George masuk daftar NBA All-Star setelah berkarier di NBA selama 13 musim.

Sepanjang 2023/2024, Goerge mencatat statistik cemerlang bersama Clippers. Pemain yang biasa mengisi posisi shooting guard dan small forward ini mengukir rataan 22,5 poin, 5,3 rebound, dan 3,6 assist. Sang pemain juga berhasil membawa Clippers bertengger di papan atas klasemen Wilayah Barat.

Performa impresif George itu terbilang mengesankan. Pasalnya, ia punya riwayat cedera parah. George pernah mengalami patah tulang kaki pada 2014 silam. Namun, berkat kegigihannya, ia berhasil bangkit dan bisa terus tampil solid.

2. Damian Lillard (33 tahun) menjadi starter NBA All-Star 2024 usai pindah ke Milwaukee Bucks

5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor BaruDamian Lillard (nba.com)

Damian Lillard memulai petualangan baru di NBA 2023/2024. Ia hengkang untuk pertama kalinya dari Portland Trail Blazzers dan bergabung ke Milwaukee Bucks. Keputusan Lillard berganti tim terbilang tepat. Kariernya justru makin melonjak. Pemain berposisi point guard ini mampu membuat rataan 24,6 poin, 4,1 rebound, dan 6,7 assist selama musim reguler NBA 2023/2024.

Hal tersebut berhasil mengantarkan Lillard menembus NBA All-Star 2024. Pemain 33 tahun itu menambah rekor penampilannya di NBA All-Star menjadi delapan kali. Namun, di NBA All-Star 2024, Lillard terpilih sebagai starter. Sebelum-sebelumnya, Lillard hanya menjadi pemain cadangan.

Baca Juga: 5 MVP NBA All-Star Celebrity Game Terakhir, Micah Parsons Terbaru

3. Stephen Curry (35 tahun) tidak lagi terpilih sebagai starter di NBA All-Star 2024

5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor BaruStephen Curry (nba.com)

Stephen Curry sering disebut-sebut sebagai shooter terbaik sepanjang sejarah NBA. Wajar saja, ia bisa memasukkan bola dari berbagai area tembakan tiga angka tanpa kesulitan yang berarti. Berkat kemampuan itu, Curry berhasil meraih kesuksesan besar, baik di level individu maupun bersama tim yang setia dibelanya, Golden State Warriors.

Pada 2023/2024 saja, Curry telah mengukir rataan 28 poin, 4,4 rebound, dan 5 assist. Sang pemain juga masuk daftar NBA All-Star 2024. Curry mengenapkan jumlah penampilan di NBA All-Star menjadi sepuluh kali saat usianya kini menginjak 35 tahun. Namun, Curry tidak lagi terpilih sebagai starter, tetapi hanya berperan sebagai cadangan. Posisinya diambil alih Shai Gilgeous-Alexander yang tampil lebih impresif sepanjang musim reguler NBA 2023/2024.

4. Kevin Durant (35 tahun) masih dipercaya sebagai starter di NBA All-Star 2024

5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor BaruKevin Durant (nba.com)

Pemain selanjutnya adalah Kevin Durant. Bigman andalan Phoenix Suns ini menunjukkan performa gemilang sepanjang 2023/2024. Durant mengemas rataan 28,2 poin, 6,6 rebound, dan 5,7 assist. Statistik itu sudah cukup membawa pemain yang kini berusia 35 tahun untuk terpilih sebagai starter di NBA All-Star 2024. Ini jadi kali ke-14 Durant mendapat kesempatan tampil di NBA All-Star.

Durant sendiri merupakan pemain yang komplet. Meski memiliki postur setinggi 211 sentimeter, ia cukup lincah dan punya kemampuan playmaking yang baik. Tak ayal dirinya bisa dengan mudah mencetak poin melalui tembakan 2 atau 3 angka.

5. LeBron James (39 tahun) menjadi pemain dengan penampilan terbanyak di NBA All-Star

5 Pemain Tertua di NBA All-Star 2024, LeBron James Buat Rekor BaruLeBron James (nba.com)

LeBron James menyandang status sebagai pemain tertua di NBA 2023/2024. Ia sudah berusia 39 tahun. Meski begitu, belum ada tanda-tanda penurunan performa dari James. Ia tetap eksis dan mampu berkontibusi besar bagi timnya, Los Angeles Lakers. James mencatat 24,8 poin, 7,2 rebound, dan 7,8 assist sepanjang musim 2023/2024.

Menariknya lagi, James masih bisa menembus NBA All-Star 2024 dan kembali dipercaya sebagai kapten tim Wilayah Barat. Terpilihnya James di NBA All-Star 2024 juga menambah sejarah baru. Ia jadi pemain dengan penampilan terbanyak di NBA All-Star mecapai 20 kali. James menyalip rekor yang sebelumnya dipegang Kareem Abdul-Jabbar dengan 19 penampilan.

Faktor usia tidak menjadi penghalang bagi kelima pemain di atas untuk tetap tampil apik. Mereka bahkan bisa terpilih di ajang NBA All-Star 2024 meski usianya sudah terbilang tua. Konsisitensi merupakan hal penting dari keberhasilan kelima pemain tersebut.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Soal NBA All Star 2024, LeBron James Pecahkan Rekor

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Verified Writer Muhammad Faisal Ramadhan

Berusaha menjadi lebih baik, tanpa merasa lebih baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya