Comscore Tracker

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester United

Ada pemain idolamu?

Manchester United adalah salah satu terbaik dan paling populer di dunia. Sepanjang sejarahnya, mereka sudah mencetak banyak pemain bintang dan meraih prestasi yang gemilang. Eric Cantona, Ruud van Nistelrooy, Wayne Rooney hingga Cristiano Ronaldo menjadi sederet bintang yang bersinar di Old Trafford.

Berlabel sebagai salah tu klub terkaya, MU tidak hanya royal dalam mendatangkan pemain sepak bola berlabel bintang, tetapi juga cerdas dalam melepas pemainnya ke klub lain dengan harga tinggi. Berikut ini adalah lima pemain termahal yang pernah dilepas Manchester United. 

1. Cristiano Ronaldo

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester Unitedpotret selebrasi gol Cristiano Ronaldo (twitter.com/Football_TaIk)

Man United menjadi titik transformasi Cristiano Ronaldo menjadi salah satu bintang terbaik dalam sejarah sepak bola. Dia gabung MU pada 2003 usai ditebus Sir Alex Fergusson dengan harga 19 juta euro atau sekitar Rp313 milyar. Di sana dia sukses persembahkan 3 gelar Premier League, 1 Liga Champions dan meraih gelar Ballon d'Or pertamanya.

Pada 2009 Real Madrid memecahkan rekor transfer dunia saat memboyongnya dengan harga 94 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun. Di Real Madrid, performa dan prestasinya semakin fantastis. Empat trofi Liga Champions dan 4 Ballon d'Or menjadi salah satu pencapaian terbaik yang ia raih di ibu kota Spanyol itu.

2. Romelu Lukaku

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester Unitedpotret selebrasi gol Romelu Lukaku (twitter.com/premierleague)

Di awal kariernya di Premier League, Romelu Lukaku gagal berisnar di Chelsea. Namun, dia berhasil menemukan permainan terbaiknya saat berkostum West Bromwich dan Everton. Ia sukses mencetak 87 gol dari 166 laga untuk The Toffies. Pada 2017, Man United kemudian memboyongnya ke Old Trafford dengan biaya 84,7 juta euro atau sekitar Rp1,4 triliun

Sayangnya, ketajaman Lukaku justru menurun saat gabung Setan Merah. Dia hanya mampu mencetak 42 gol dari 98 laga, serta kerap mendapatkan kritkan dari fans. Pada 2019 MU pun melepasnya ke Inter Milan dengan harga 74 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Di Italia, ia menemukan kembali ketajamannya di bawah asuhan Conte, bahkan musim lalu berhasil persembahkan gelar Scudetto.

Baca Juga: 8 Pemain Top yang Pernah Membela Manchester United dan West Ham United

3. Angel Di Maria

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester Unitedpotret selebrasi gol Angel Di Maria (twitter.com/ManUtd)

Sekilas, kedatangan Di Maria pada musim panas 2014 sangat masuk akal. Dia adalah rekor transfer termahal MU saat itu dengan harga 75 juta euro atau sekitar Rqp1,23 triliun. Saat itu dia baru saja membantu Real Madrid menjuarai Liga Champions ke-10, dan tampil sebagai man of the match di final. El Real melepasnya setelah mendatangkan James Rodriguez dari AS Monaco

Di Maria dipercaya menggunakan nomor keramat 7 di MU. Sayang, dia kesulitan beradaptasi dan performanya pun anjlok . Winger asal Argentina itu hanya bertahan semusim dengan torehan 4 gol dan 12 assist dari 34 laga. Pada 2015 MU melepasnya ke Paris-Saint-Germain, yang bersedia menebusnya dengan harga 63 juta euro atau sekitar Rp1,03 triliun. Di klub asal Paris itu, Di Maria menemukan kembali performa terbaiknya.

4. Daniel James

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester Unitedpotret Daniel James (twitter.com/Daniel_James_97)

Daniel James didatangkan Manchester United dari Swansea pada musim panas 2019 dengan biaya 15 juta paun atau sekitar Rp293 milyar plus bonus. Dia digadang-gadang sebagai salah satu talenta muda paling menjanjikan. Namun, meski menjadi salah satu pemain tercepat di Premier League, winger asal Wales itu tidak pernah benar-benar memanfaatkan aset tersebut secara efektif.

Dia hanya mencetak enam gol Liga Premier selama dua musimnya bersama Man United. Musim panas kemarin, ia menjadi korban kehadiran winger baru Jadon Sancho. Daniel James pun dijual ke Leeds United dengan harga 25 juta paun atau sekitar Rp488 milyar.

5. Morgan Schneiderlin

5 Pemain Aktif Termahal yang Pernah Dilepas Manchester Unitedpotret Morgan Schneiderlin (espn.in)

Schneiderlin adalah gelandang yang sangat menjanjikan saat bergabung dengan Setan Merah pada 2015. MU bahkan harus mengeluarkan dana 35 juta euro atau sekitar Rp577 milyar untuk memboyong pemain asal Prancis itu dari Southampton. Sayang, kariernya tak berjalan mulus di Old Trafford, yang kala itu diasuh Louis van Gaal.

Schneiderlin lebih sering duduk sebgaia pemain cadangan. Selama dua musim setengah di sana, ia hanya tampil dalam 47 laga di semua ajang. Jarangnya ia dapatkan waktu bermain reguler membuat posisinya di Timnas Prancis terpinggirkan. Pada 2017, ia memutuskan hengkang ke Everton dengan biaya 23 euro atau sekitar 379 milyar. Pada 2020 lalu, ia pulang ke Prancis untuk membela OGC Nice.

Itulah lima pemain termahal yang pernah dilepas Manchester United di bursa transfer. Rekor ini masih dipegang oleh Cristiano Ronaldo saat dilepas ke Real Madrid pada 2009. Dengan kualitas yang dimiliki, harga tinggi ini memang layak dilabelkan kepada mereka. Apalagi mereka kemudian memberikan dampak luar biasa di klub barunya.

Baca Juga: 5 Klub Top yang Tampil Kurang Meyakinkan di Liga Champions Sejauh Ini

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya