Comscore Tracker

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester United

Tampil mengesankan sejak laga perdana

Musim ini Manchester United menjadi salah satu tim unggulan untuk bisa menjuarai Premier League. Ini tak lepas dari belanja musim panas kemarin, di mana MU sukses datangkan tiga bintang, Jadon Sancho, Raphael Varane dan Cristiano Ronaldo. Nama terakhir menjadi perhatian dunia di laga debutnya.

Secara fantastis, striker asal Portugal itu langsung mencetak brace di laga debutnya itu. Namun Cristiano Ronaldo bukanlah satu-satunya yang tampil luar biasa di laga debutnya untuk MU. Berikut ini lima pemain yang jalani debut terbaik bersama setan merah.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester UnitedZlatan Ibrahimovic (as.com)

Zlatan Ibrahimovic bergabung dengan Setan Merah pada 2016 secara gratis dari PSG. Saat itu dia sempat diragukan bisa tampil memukau di Premier League karena usianya yang sudah menginjak 34 tahun. Namun Ibrahimovic membungkam keraguan itu dengan mencetak satu gol di laga debutnya saat melawan Leicester United di ajang Community Shield, yang berakhir dengan skor 2-1 untuk Setan Merah.

Tak hanya itu, selang beberapa hari dia pun kembali mencetak satu gol di debut Premier League kala MU kalahkan Bournemouth dengan skor 1-3, dan 2 gol ke gawang Southampton di laga berikutnya. Di musim perdananya itu Ibra total mencetak 28 gol, dan mempersembahkan trofi Liga Europa untuk MU di bawah asuhan Jose Mourinho.

2. Anthony Martial

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester UnitedLingard dan Anthony Martial (sportsbet.io)

Biaya transfer Martial menyebabkan kehebohan ketika ia bergabung dari AS Monaco pada akhir jendela transfer musim panas 2015. Kala itu usianya masih 19 tahun, dan ditebus dengan angka 60 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Namun, dia langsung membuktikan kualitasnya dengan mencetak gol di laga debutnya melawan Liverpool, yang berbuah kemenangan 3-1.

Dia sekarang telah melewati 50 gol untuk MU, dan meskipun tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa momen indah, salah satunya hat-trick ke gawang Sheffield United pada 2020 lalu. Konsistensi menjadi masalah Anthony Martial di balik bakatnya yang besar selama ini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Mendapatkan Perlakuan Kurang Baik dari Manchester United

3. Marcus Rashford

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester UnitedMarcus Rashford (cnn.com)

Cedera yang dialami Rooney, Anthony Martial dan Will Keane memberi Rashford kesempatan tampil di Liga Europa untuk jalani laga debutnya. Saat itu Setan Merah sedang berjuang untuk membalikkan defisit gol di leg pertama melawan FC Midtjylland. Rashford, yang masih berusia 18 tahun kala itu, sukses mencetak brace dalam kemenangan 5-1.

Tidak hanya itu, dia menambahkan 2 gol lagi untuk membantu mengalahkan Arsenal di Premier League tiga hari kemudian, dan bahkan mencetak gol pada debutnya untuk timnas Inggris melawan Australia pada tahun yang sama.

4. Wayne Rooney

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Wayne Rooney (uefa.com)

Wayne Rooney harus menunggu beberapa saat untuk lakukan debutnya, setelah bergabung dengan MU dalam kondisi cedera pasca Piala Eropa 2004. Namun ketika kesempatan debutnya hadir, dia tak membuang kesempatan. Hanya butuh 17 menit baginya untuk mencetak gol ke gawang Fenerbahce dalam pertandingan grup Liga Champions. Bukan satu, melainkan tiga gol yang dia lesatkan di laga debutnya itu. 

Setelahnya, sejarah mencatatkan Rooney sebagai legenda Setan Merah dengan status top skor sepanjang masa klub, dengan torehan tinta emas lainnya.

5. Cristiano Ronaldo

5 Pemain dengan Aksi Debut Terbaik dalam Sejarah Manchester Unitedpotret Cristiano Ronaldo (twitter.com/SkySportsStatto)

Cristiano Ronaldo akhirnya tampil perdana untuk MU usai dipulangkan dari Juventus musim panas kemarin. Laga debutnya terjadi kala dia tampil sebagai starter di pekan ke-4 Premier League menghadapi Newcastle United. Menjadi saksi jutaan mata pecinta sepak bola, Cristianno Ronaldo langsung hadirkan performa memukau.

Dalam laga yang berakhir 4-1 itu, Cristiano Ronaldo mencetak dua gol, sekaligus membawa MU ke puncak klasemen Premier League. Sang striker kembali diturunkan di laga pembuka Liga Champions musim ini menghadapi Young Boys, dan kembali mencetak gol. Sayang, satu golnya itu berhasil dibalas tim lawan, sehingga MU harus kalah menyakitkan dengan skor 2-1.

Mencetak gol di laga debut adalah sebuah hal yang spesial bagi seorang pemain. Itu akan menjadi hal yang paling diingat fans. Dari deretan pemain di atas, dua pemain masih berkostum MU, Anthony Martial dan Cristiano Ronaldo. Bisakah keduanya memberikan kontribusi maksimal di musim ini?

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Senegal yang Membela Klub EPL di Musim 2021/2022 

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya