Comscore Tracker

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Ini

Ada yang usianya sudah 40 tahun, lho!

Satu dekade terakhir Tottenham menjadi salah satu klub elit di Premier League. Klub asal London ini pun banyak mengorbitkan pemain-pemain sepak bola bertalenta, sebut saja Luka Modric, Gareth Bale dan Harry Kane. Dalam sejarahnya, Spurs pun pernah mendatangkan pemain-pemain top seperti Dimitar Berbatov dan Robbie Keane. Kini keduanya sudah gantung sepatu sebagai pemain.

Menariknya, terdapat beberapa pemain lama yang pernah berkostum Spurs, dan kini mereka masih aktif bermain di usia tuanya. Siapa saja? Ini ulasannya.

1. Roman Pavlyuchenko  

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Inipotret Roman Pavlyuchenko (twitter.com/Vostok1981)

Siapa pun yang menonton Pavlyuchenko dalam performa terbaiknya di Tottenham, tidak meragukan jika dia adalah sosok penyerang ulung. Dia berkostum Spurs selama empat musim pada periode 2008-2012, dan mencetak 42 gol dari 113 pertandingan. Kini dia sudah berusia 39 tahun, dan masih aktif bermain di divisi ketiga Liga Rusia.

Saat ini dia bermain untuk Znamya Noginsk sejak 2019. Tottenham sendiri merupakan satu-satunya klub di luar Rusia yang pernah dia bela sepanjang kariernya.

2. Heurelho Gomes

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Inipotret Heurelho Gomes (bleacherreport.com)

Heurelho Gomes merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Tottenham. Dia membela Spurs selama lima musim dari 2008 hingga 2013 dengan menorehkan 135 penampilan dan 46 clean sheet.

Kiper asal Brasil ini kini telah menginjak usia 40 tahun, dan masih aktif bermain untuk Democratica, tim liga kasta bawah Brasil dari wilayah Minas Gerais. Selain Spurs, klub Eropa lainnya yang pernah dia bela adalah PSV Eindhoven, Hoffenheim dan Watford.

Baca Juga: 5 Klub dengan Kemenangan Terbanyak dalam Sejarah Premier League

3. Giovani dos Santos

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Inipotret Giovani dos Santos (goal.com)

Giovani dos Santos merupakan pemain berbakat lulusan akademi La Masia, yang pernah digadang-gadang The Next RonaldinhoNamun dia kesulitan mendapatkan waktu bermain di Barcelona, yang kala itu dihuni banyak pemain berkelas dunia. DIa pun hengkang ke Tottenham pada 2008. Sayang, kariernya di Inggris pun tak berjalan mulus. Dia lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Giovani hanya tampil dalam 33 laga dengan mencetak 3 gol selama tiga musim di sana. Dia kemudian kembali ke LaLiga dan bergabung dengan Real Mallorca. Selama kariernya di Eropa namanya tenggelam. Setelah sempat membela La Galaxy dan klub Meksiko America, saat ini pemain 32 tahun itu berstatus tanpa klub, dan dirumorkan akan kembali ke klub lamanya, LA Galaxy.

4. Reto Ziegler

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Inipotret Reto Ziegler (fcdallas.com)

Berbicara tentang Major League Soccer, di situlah Ziegler bermain hingga tahun lalu dengan berostum FC Dallas. Mantan pemain internasional Swiss bergabung dengan Spurs saat masih remaja pada tahun 2004, ketika Spurs berisi pemain seperti David Weir, Kevin Campbell dan Gary Naysmith.

Sekarang bek berusia 35 tahun itu bergabung dengan Lugano di negara asalnya Swiss menjelang musim 2021-22, setelah sebelumnya bermain di Jerman, Italia, Turki, dan Rusia selama kariernya yang panjang. Selain Spurs, klub besar yang pernah dia bela adalah Juventus dan Lokomotiv Moskow.

5. Calum Davenport

5 Eks Pemain Tottenham yang Masih Aktif Bermain Sampai Saat Inipotret Calum Davenport (goal.com)

Mantan bek Inggris U-21 ini belum lagi bermain sepak bola liga profesional selama lebih dari satu dekade usai melakukan career break sejak 2012. Namun, ia baru-baru ini kembali ke lapangan hijau dengan bergabung klub bernama Tavistock AFC. Klub ini bermain di tingkat kesembilan sepak bola Inggris.

Bek berusia 38 tahun ini pernah berkostum Tottenham selama tiga tahun sejak 2004. Namun, selama itu dia lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Dia hanya bermain sebanyak 19 laga untuk Spurs. Setelahnya, dia pernah membela West Ham, Watford dan Sunderland sebelum rehat pada 2012.

Sepak bola adalah sebuah passion bagi banyak pemain. Beberapa dari mereka bahkan masih tampil meski usianya sudah dinilai uzur. Bahkan meski tidak bermain di kasta tertinggi, mereka tetap tampil untuk menyalurkan hasrat bermain tersebut.

Baca Juga: 5 Pelatih Terbaik Liverpool Sejak Era Premier League Digelar

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya