5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!

Nomor keberuntungan? #IDNTimesSport

Nomor punggung adalah identitas bagi seorang pemain sepak bola. Itu tidak hanya angka, terkadang juga makna akan sesuatu dari personal sang pemain. Saat ini nomor 30 menjadi pembicaraan publik setelah sang mega bintang Lionel Messi meninggalkan Barcelona untuk gabung PSG.

Di klub barunya itu, Messi bakal mengenakan nomor punggung 30 karena nomor ikoniknya, yakni 10, sudah diisi oleh Neymar. Meski demikian, nomor 30 tidaklah asing. Beberapa pemain bintang pun sempat menggunakan nomor tersebut. Berikut di antaranya.

1. Aritz Aduriz

5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!Aritz Aduriz (as.com)

Aritz Aduriz menghabiskan seluruh karirnya di Spanyol, bermain untuk klub-klub seperti Real Mallorca, Valencia, dan yang paling lama, Athletic Bilbao. Dia bergabung dengan tim muda Bilbao pada usia yang tidak terlalu muda yaitu 19 tahun. Dia melakukan debutnya untuk Los Leones melawan Barcelona pada tahun 2002, dan hanya bermain tiga kali selama sisa musim tersebut.

Aduriz mengenakan nomor punggung 30 selama tahun pertamanya di Bilbao. Serangkaian transfer terjadi sebelum ia kembali ke klub Basque untuk periode ketiga pada 2012, dan kemudian gantung sepatu  pada 2020 lalu. Dia sendiri mengoleksi 172 gol bagi Bilbao dari 402 pertandingan.

2. David Luiz

5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!David Luiz (goal.com)

David Luiz memiliki perjalanan karier yang cukup menarik. Dia bergabung dengan Chelsea pada 2011 dari Benfica dengan harga 25 juta euro atau sekitar Rp422 milyar. Hebatnya, selama tiga musim di sana, David Luiz sukses persembahkan tiga trofi bergengsi, Liga Champions, Liga Europa dan FA Cup.

Pada 2014, dia dilepas ke PSG dengan harga tinggi yakni 49,5 juta euro atau sekitar Rp837 milyar. Namun, Chelsea kemudian memulangkannya dua musim kemudian pada 2016. Pada periode keduanya David Luiz mengenakan nomor punggung usai nomor 4 digunakan Fabregas. Dia kembali berhasil memberikan gelar dan saat itu adalah Premier League.

Baca Juga: Batal Pakai Nomor Punggung 7, Jadon Sancho Pilih Nomor 16? 

3. Thiago Alcantara 

5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!Thiago Alcantara (marca.com)

Thiago terkenal karena mengenakan nomor punggung 6 sepanjang kariernya,baik ketika di Bayern Munchen dan sekarang Liverpool. Namun ketika berseragam Barcelona, dia mengenakan beberapa nomor sebelum menetapkan nomor 11. Salah satunya adalah nomor 30, yang pernah digunakan Lionel Messi di awal kariernya.

Thaigo dianggap sebagai maester lapangan tengah dan memiliki gaya bermain elegan. Dia sangat disukai Pep Guardiola, yang kemudian membawanya ke Bayern Munchen. Sang pemain sudah merasakan banyak gelar bergengsi sepanjang kariernya, termasuk Liga Champions, LaLiga, dan Bundesliga.

4. Luca Toni 

5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!Luca Toni (eurosport.com)

Luca Toni adalah seorang penjelajah sejati di dunia sepak bola. Sepanjang kariernya, dia pernah membela 15 klub berbeda di berbagai liga top Eropa dengan koleksi 200 gol lebih. Dua klub besar di antaranya adalah Bayern Munchen dan Juventus. Namun pencapaian terbaiknya justru terjadi ketika berkostum Fiorentina.

Pada 2006 dia menjadi top skorer Serie A dengan torehan 31 gol, sebuah rekor baru, yang membuatnya meraih penghargaan Golden Shoe. Selama masa baktinya itu, dia mengenakan nomor punggung 30.

5. Lionel Messi

5 Pemain Bintang yang Pernah Mengenakan Nomor Punggung 30, Ada Messi!Lionel Messi (goal.com)

Lionel Messi merupakan mega bintang dengan nomor ikonik 10 saat berjaya bersama Barcelona. Dia mewarisi nomor tersebut dari bintang lainnya, Ronaldinho. Di awal kariernya di Nou Camp, Messi pernah mengenakan dua nomor berbeda, 19 dan 30. Nomor 30 ia kenakan selama periode 2004-2006.

Kini sang pemain kembali memilih mengenakan nomor punggung masa mudanya itu di PSG usai secara mengejutkan gagal perbaharui kontrak di Barcelona. Messi dikontrak PSG selama dua musim, dan kabarnya mendapatkan gaji 35 juta euro per tahun.

Penampilan debut Lionel Messi mengenakan nomor punggung 30 di PSG sangat dinantikan pecinta sepak bola. Bersama deretan pemain bintang PSG lainnya, dia diharapkan bisa menuntaskan ambisi klub untuk menjuarai Liga Champions. Bisakah Lionel Messi mewujudkan mimpi klub asal Paris itu?

Baca Juga: Barcelona Malah Lebih Cair Ketika Lionel Messi Hilang

Firli Purnagara Photo Verified Writer Firli Purnagara

#A_squad

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya