Comscore Tracker

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari Sekali

Nikola Jokic masuk jajaran elite

Nikola Jokic keluar sebagai Most Valuable Player (MVP) NBA alias pemain terbaik pada 2021/2022. Hasil itu membuatnya masuk ke jajaran elite.

Jokic menjadi center kelima dalam sejarah NBA yang menyabet gelar MVP lebih dari satu kali. Sebab, pada musim sebelumnya, dia mendapat penghargaan yang sama.

Sementara itu, empat pemain lainnya adalah Kareem Abdul-Jabbar (6), Bill Russell (5), Wilt Chamberlain (4), dan Moses Malone (3). Seperti apa profil kelima center di atas?

1. Kareem Abdul-Jabbar

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari SekaliKareem Abdul-Jabbar (dahulu Lewis Alcindor Jr) bermain untuk Milwaukee Bucks pada 1969—1975. (nba.com)

Kareem Abdul-Jabbar memulai debutnya di NBA pada 1969. Milwaukee Bucks memilihnya di urutan pertama. Abdul-Jabbar, yang saat itu masih bernama Ferdinand Lewis Alcindor Jr, pun mampu mengangkat nama Milwaukee di kancah bola basket tersohor sedunia.

Abdul-Jabbar mengantarkan Milwaukee Bucks menjadi juara untuk pertama kali dalam sejarah klub pada 1971. Performanya saat itu memang mengesankan. Dia bahkan terpilih sebagai MVP NBA sekaligus MVP Final.

Penghargaan itu menjadi awal dari kebesarannya. Kareem Abdul-Jabbar kembali merengkuh gelar MVP NBA pada 1972, 1974, 1976, 1977, dan 1980. Dia menjadi center dengan gelar MVP terbanyak dalam sejarah NBA.

2. Bill Russell

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari SekaliBill Russell meraih sebelas gelar juara NBA ketika bermain untuk Boston Celtics pada 1956—1969. (nba.com)

Bill Russell merupakan legenda NBA paling dihormati. Dia memiliki sebelas gelar juara, terbanyak di antara pemain mana pun. Russell mendapatkan gelar itu saat membela Boston Celtics pada 1956—1969.

Selama kariernya di NBA, Russell hanya pernah membela Celtics. Dia merupakan pemain yang loyal. Russell bahkan sempat menjadi pemain sekaligus pelatih sepanjang 1966—1969.

Bersama klub asal Boston itu, Bill Russell sukses merengkuh lima gelar MVP. Dia terpilih sebagai MVP pada 1958 dan 1961—1963 serta 1965.

Baca Juga: Nikola Jokic, Pemain Posisi Center Rasa Point Guard di NBA

3. Wilt Chamberlain

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari SekaliWIlt Chamberlain merupakan satu-satunya pemain NBA yang pernah mencetak 100 poin dalam 1 pertandingan. (nba.com)

Wilt Chamberlain memulai karier profesionalnya bersama Harlem Globetrotters, klub ekshibisi yang senang berkeliling dunia, karena belum memenuhi syarat untuk masuk ke NBA. Namun, dia berhasil debut bersama Philadelphia Warriors (kini Golden State Warriors) pada 1959.

Chamberlain merupakan center yang tangguh. Meski tidak membawa Warriors menjadi juara, dia sukses mengantarkan Philadelphia 76ers dan Los Angeles Lakers ke podium tertinggi pada 1967 dan 1972.

Wilt Chamberlain memang membela tiga klub berbeda selama bermain di NBA pada 1959—1973. Selama itu pula, dia merengkuh empat gelar MVP. Dia terpilih pada 1960 dan 1966—1968.

4. Moses Malone

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari SekaliMoses Malone menjadi legenda NBA dengan tiga gelar MVP. (nba.com)

Moses Malone termasuk anggota NBA Anniversary Team 50 dan 75. Kiprahnya selama bermain di kancah bola basket tersohor sedunia itu cukup mengesankan. Dia mengantongi tiga gelar MVP selama 1974—1995.

Malone mendapatkan dua gelar MVP saat membela Houston Rockets (1979 dan 1982). Satu lagi saat bersama Philadelphia 76ers (1983). Saat itu pulalah dia mendapatkan gelar juara NBA pertamanya.

Moses Malone hanya sekali juara. Namun, semua gelar yang dimilikinya cukup untuk membuatnya masuk ke jajaran elite, seperti NBA 50 dan 75.

5. Nikola Jokic

5 Center NBA yang Meraih Gelar MVP Lebih dari SekaliNikola Jokic, center Denver Nuggets, mendapat gelar MVP NBA dua kali beruntun pada 2021 dan 2022. (nba.com)

Nikola Jokic menjadi center satu-satunya yang aktif dalam daftar ini. Usianya masih 27 tahun. Dia baru menjadi wajah utama Denver Nuggets belakangan ini. Sebelumnya, pemain berjuluk Joker itu bermain di Eropa.

Pada 2020/2021, Jokic menerima gelar MVP untuk pertama kali. Dia mengalahkan pemain sekelas Joel Embiid dan Stephen Curry dalam perebutan penghargaan tersebut. Pemain asal Serbia itu pun bergabung dengan Dirk Nowitzki (Jerman) dan Giannis Antetokounmpo (Yunani) sebagai pemain Eropa dengan gelar MVP NBA.

Nikola Jokic memang punya talenta luar biasa. Dia bahkan kembali terpilih sebagai MVP pada 2021/2022. Ini merupakan gelar keduanya secara beruntun.

Dengan gelar barunya, Jokic bergabung dengan empat pendahulunya. Dia menjadi anggota center dengan gelar MVP lebih dari satu kali.

Meski begitu, Jokic belum sempat menjadi juara seperti yang lainnya. Dia masih berusaha. Akankah Nikola Jokic mewujudkan itu suatu hari nanti?

Baca Juga: 5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Back

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya