5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Back

Hanya pemain bintang konsisten yang mampu melakukannya!

Meraih penghargaan NBA MVP bukanlah sebuah hal yang mudah. Dibutuhkan konsistensi dengan permainan yang menawan sepanjang regular season berlangsung. Pasalnya, penghargaan ini diberikan kepada pebasket terbaik selama semusim.

Hebatnya, terdapat beberapa pemain yang mampu mendapatkannya lebih dari sekali; bahkan melakukannya secara back to back. Berikut ini penulis sajikan daftar dan ulasan lima pebasket terakhir yang sukses meraih penghargaan NBA MVP secara back to back.

1. Steve Nash

5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Backpotret Steve Nash (nba.com)

Nama yang pertama dalam daftar ini ialah point guard legendaris asal Kanada, Steve Nash. Pria yang kini menjabat sebagai pelatih Brooklyn Nets ini mampu meraih penghargaan NBA MVP pertamanya pada tahun 2005. Ia mampu mengalahkan Shaquille O’ Neal melalui hasil suara yang cukup tipis.

Semusim selanjutnya, atau tepatnya pada tahun 2006, Nash kembali meraih penghargaan NBA MVP. Untuk kali ini, ia berhasil unggul jauh dari LeBron James dan Dirk Nowitzki yang jadi saingan terdekatnya. Kehebatan Nash dalam playmaking merupakan keunggulan telak yang berhasil memenangkannya.

2. LeBron James

5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Backpotret LeBron James (tampabay.com)

Sejak masih muda LeBron James telah digadang-gadang akan menjadi superstar. Prediksi tersebut berbuah hasil ketika ia menjadi pemenang NBA MVP 2009. Setelah itu, ia kembali memenangkannya pada tahun 2010 setelah unggul jauh dari Kevin Durant dan Kobe Bryant.

Tidak hanya sampai di situ, LeBron James kembali melakukan back to back dalam memenangkan penghargaan NBA MVP pada tahun 2012 dan 2013. Pada tahun 2012, ia unggul jauh dari Kevin Durant dan Chris Paul. Sedangkan, pada tahun 2013, Kevin Durant dan Carmelo Anthony menjadi pesaing terdekatnya.

Baca Juga: 6 Tim NBA yang Mengirim Lebih dari Satu Pemain pada NBA All-Star 2022

3. Stephen Curry

5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Backpotret Stephen Curry (instagram.com/stephencurry30)

Perlu diakui jika Stephen Curry merupakan shooter terbaik yang pernah bermain di NBA. Menjadi raja tembakan 3 angka dalam sepanjang sejarah NBA adalah bukti nyata dari kegemilangan Stephen Curry. Pada tahun 2015, Stephen Curry berhasil memenangkan penghargaan NBA MVP pertamanya.

Saat itu, ia berhasil menang telak atas James Harden dan LeBron James. Setelah itu, atau tepatnya pada tahun 2016, Curry berhasil memenangkan penghargaan NBA MVP kedua dalam kariernya. Pada kesempatan kali ini, ia kembali unggul jauh dari LeBron James dan Kawhi Leonard.

4. Giannis Antetokounmpo

5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Backpotret Giannis Antetokounmpo (nba.com)

Sempat diragukan pada awal kariernya di NBA, Giannis Antetokounmpo kini menjelma sebagai pemain bintang yang sangat dominan. Giannis hampir memiliki seluruh penghargaan bergengsi yang bisa didapatkan oleh pemain NBA, termasuk penghargaan NBA MVP.

Hingga tahun 2022, Giannis telah mendapatkan dua kali penghargaan tersebut. Uniknya lagi, ia mendapatkannya secara back to back pada tahun 2019 dan 2020. James Harden, Paul George, dan LeBron James pernah menjadi saingat terdekatnya dalam perburuan gelar ini.

5. Nikola Jokic

5 Pebasket Terakhir Sukses Meraih NBA MVP Secara Back to Backpotret Nikola Jokic (sportsbeezer.com)

Nama terbaru yang berhasil meraih penghargaan NBA MVP secara back to back ialah Nikola Jokic. Pria asal Serbia ini merupakan cerminan center modern yang memiliki kemampuan dominan di bawah rim disertai kemampuan tembakan apik dan playmaking yang luar biasa.

Penghargaan NBA MVP pertama Jokic didapat pada tahun 2021. Kala itu, Jokic unggul cukup jauh dari Joel Embiid dan Stephen Curry. Sedangkan pada tahun ini, Jokic berhasil mendapatkan penghargannya setelah mengungguli Joel Embiid dan Giannis Antetokounmpo.

Termasuk kelima nama di atas, total telah ada 13 pebasket hebat yang telah mampu meraih penghargaan NBA MVP secara back to back. Nama lain selain daftar pemain di atas ialah, Tim Duncan, Michael Jordan, Magic Johnson, Larry Bird, Moses Malone, Kareem Abdul-Jabbar, Wilt Chamberlain, dan Bill Russell.

Baca Juga: Nikola Jokic Kembali Merebut Trofi MVP NBA

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya