5 Fakta MVP Final Wilayah NBA Pertama dalam Sejarah

Stephen Curry dan Jayson Tatum jadi penerima perdana

Golden State Warriors sukses menjadi juara Wilayah Barat dalam NBA Playoffs 2022. Sementara itu, Boston Celtics menjadi nomor satu di Wilayah Timur setelah menang pada final wilayah.

Dua pemain terbaik dari dua tim di wilayah berbeda lantas menerima penghargaan baru tahun ini, yaitu Conference Finals Most Valuable Player. Stephen Curry jadi yang terbaik di Wilayah Barat ketika Jayson Tatum jadi yang terbaik di Wilayah Timur.

1. Pemain terbaik pada final wilayah pertama dalam sejarah

NBA sebelumnya tidak memiliki penghargaan pemain terbaik pada final wilayah. Mereka hanya punya penghargaan pemain terbaik musim reguler dan pemain terbaik pada final NBA.

Asosiasi bola basket tersohor sedunia itu lantas membuat penghargaan baru pada 2022, yaitu penghargaan pemain terbaik pada final wilayah. Penghargaan ini diberikan kepada masing-masing satu pemain yang tampil cemerlang di Wilayah Barat dan Timur.

NBA Conference Finals MVP dipilih melalui pemungutan suara. NBA melibatkan panel berisi media. Mereka memilih sesaat setelah final wilayah. Pemain yang mendapatkan suara terbanyak berhak memenangi penghargaan.

2. Nama penghargaan terinspirasi dari dua legenda NBA

5 Fakta MVP Final Wilayah NBA Pertama dalam SejarahLarry Bird dan Magic Johnson (nba.com)

nba

 

Trofi penghargaan dalam NBA umumnya melibatkan nama-nama legendaris, termasuk penghargaan baru ini. NBA Conference Finals MVP bahkan punya dua nama. Sebab, penghargaan ini diberikan masing-masing di Wilayah Barat dan Timur.

Trofi di Wilayah Barat bernama Trofi Earvin "Magic" Johnson, sementara di Wilayah Timur bernama Trofi Larry Bird. Magic Johnson (Los Angeles Lakers) dan Larry Bird (Boston Celtics) kebetulan merupakan pemain legendaris dari dua wilayah berbeda.

Johnson dan Bird punya rivalitas luar biasa saat berkarier dalam NBA. Rivalitas mereka bahkan tercipta sejak kuliah. Keduanya termasuk musuh bebuyutan papan atas dalam sejarah bola basket.

Baca Juga: 5 Catatan Menarik setelah Golden State Warriors Tembus Final NBA 2022

3. Stephen Curry cemerlang di Wilayah Barat

https://www.youtube.com/embed/Ppyq7dPHGbE

Stephen Curry tampil cemerlang bersama Golden State Warriors. Ia membawa timnya lolos ke Final NBA setelah mengalahkan Dallas Mavericks dalam lima pertandingan Final Wilayah Barat.

Curry mengoleksi 23,8 poin, 6,6 rebound, 7,4 assist, dan 1 steal per pertandingan di final wilayah. Dengan itu, dia berhak menjadi pemenang Trofi Earvin "Magic" Johnson pertama dalam sejarah.

4. Jayson Tatum mulai dewasa bersama Boston Celtics

https://www.youtube.com/embed/yEGN9qtWpzA

Jayson Tatum berhak atas Trofi Larry Bird. Sebagai pemain Boston Celtics, dia merasa terhormat menerima penghargaan dengan nama legenda Celtics. Apalagi, Tatum juga berhasil membuat timnya juara wilayah setelah mengalahkan Miami Heat pada Final Wilayah Timur.

Tatum mencetak rata-rata 25 poin, 8,3 rebound, 5,6 assist, dan 1,1 steal dalam 7 pertandingan final wilayah. Dia makin dewasa bersama Celtics. Bersama sang pemain, tim asal Boston itu juga jadi bisa kembali ke Final NBA untuk pertama kalinya sejak 2010.

5. Warriors dan Celtics bertemu pada Final NBA 2022

5 Fakta MVP Final Wilayah NBA Pertama dalam SejarahFinal NBA 2022 (nba.com)

Keberhasilan Golden State Warriors dan Boston Celtics menjadi juara di wilayah masing-masing membawa mereka ke Final NBA. Warriors yang selama 5—6 tahun ini mendominasi NBA mesti menghadapi Celtics yang punya gelar juara NBA terbanyak dalam sejarah kompetisi.

Ini merupakan pertandingan yang menarik. Sebab, tim terbaik tahun ini bisa bertemu pada final. Mereka akan membuktikan siapa yang paling hebat dalam NBA.

Final NBA berlangsung pada 3 Juni 2022 waktu setempat. Warriors akan menjamu Celtics terlebih dahulu di kandang mereka di Chase Center, San Francisco, California, Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Pebasket NBA Terbaik yang Bernomor Punggung 2 di NBA 2021/2022

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya