Comscore Tracker

5 Lapangan Basket di Bandung, Ada Tempat Latihan Prawira Bandung

C-Tra Arena jadi langganan Indonesian Basketball League

Bandung menjadi ibu kota Jawa Barat dengan kultur bola basket yang cukup menarik. Mereka tidak hanya punya klub-klub amatir, tetapi juga profesional. Sebut saja Prawira Bandung yang bermain di Indonesian Basketball League (IBL), liga bola basket tertinggi di Indonesia.

Prawira lama bermarkas di C-Tra Arena. Namun, C-Tra Arena tentu bukan satu-satunya lapangan basket di Bandung yang menjadi tempat latihan mereka. Ada beberapa lapangan yang sempat menjadi saksi usaha para penggawa Prawira dalam mengasah kemampuan.

Lapangan bola basket di Bandung ini juga bebas diakses publik. Harganya relatif terjangkau untuk ukuran lapangan basket di kota besar.

Beberapa komunitas bola basket bahkan sering menggelar acara di sana. Sementara, yang lainnya sekadar datang untuk mencari keringat.

Kalau ingin eksis bersama komunitasmu atau sekadar berkeringat, coba tengok lima lapangan basket di Bandung yang bisa kamu sewa di bawah ini. Banyak pilihan, nih!

1. GOR Pajajaran Bandung

GOR Pajajaran menjadi lapangan basket legendaris di Bandung. Beberapa acara olahraga sering menggelar pertandingan di sana. Salah satunya Developmental Basketball League (DBL), liga bola basket antarpelajar yang besar di Indonesia.

GOR Pajajaran berada di kompleks olahraga, tepatnya di Jalan Pajajaran, Bandung, Jawa Barat. Dia berdiri di antara trek lari dan GOR Tri Lomba Juang yang juga berisi lapangan bola basket. Bagian depannya biasa ditempati pedagang-pedagang kaki lima.

Prawira Bandung tidak benar-benar latihan di sini. Namun, mereka sempat menggelar latih tanding melawan tim kampus di GOR Pajajaran. Saat itu, Prawira masih bernama Garuda Bandung.

Kamu bisa menyewa GOR Pajajaran dengan menghubungi pengelola. Datang saja ke lokasi untuk bertanya-tanya. Fasilitasnya standar saja. Tersedia lapangan indoor berlantai kayu dengan ring yang cukup kuat untuk kamu tombok.

2. Stamford International School (SIS)

Lapangan basket Stamford International School (SIS) jadi favorit beberapa komunitas bola basket di Bandung. Lapangan ini juga sering menjadi tempat latihan Prawira Bandung. Mereka beberapa kali melantai di SIS untuk mengasah kemampuan para penggawanya.

Lapangan basket SIS ada di kompleks sekolah. Tepatnya di Allegro Altura Complex, Jalan Citra Green, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung, Jawa Barat.

Kamu bisa menikmati lapangan indoor berlantai kayu. Penerangan pada siang hari bisa menggunakan cahaya matahari yang masuk lewat jendela. Sementara, pada malam hari, kamu bisa mengandalkan cahaya lampu yang cukup terang.

3. Elite Arena

Elite Arena jadi pendatang baru yang tengah naik daun. Sesuai namanya, lapangan ini tampak elite dengan lantai kayu di dalam ruangan. Ia dikelilingi tribun penonton dengan deretan tempat duduk yang rendah.

Prawira Bandung juga sempat menjajal Elite Arena. Lapangan basket di Bandung ini bahkan menjadi saksi pertarungan mereka melawan tim-tim kampus dalam latih tanding.

Elite Arena tidak jauh dari C-Tra Arena yang biasa menjadi tempat penyelenggaraan IBL. Ia berlokasi di Jalan Cikutra Baru Nomor 25, Neglasari, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat.

Lapangan basket satu ini bisa kamu sewa seharga Rp600 ribu per 2 jam, baik pada hari kerja maupun akhir pekan. Kamu tinggal mengecek reservation.elitearena.id kalau mau tahu lengkapnya, termasuk mencari jadwal kosong.

Baca Juga: 5 Lapangan Basket di Jakarta, Suguhkan Fasilitas Lengkap

4. Siliwangi Basketball Court

Siliwangi Basketball Court juga termasuk lapangan basket baru di Bandung. Prawira Bandung dan Persib Bandung memeriahkan pembukaan lapangan ini pada Agustus 2020 lalu. Prawira bahkan sempat berlatih di sana sebelum menetap di satu tempat.

Siliwangi Basketball Court berada di kompleks olahraga. Kompleks ini memiliki segudang fasilitas, termasuk lapangan tenis dan gym. Bahkan, ada kafe untuk nongkrong. Belum lagi barbershop dan klinik psikoterapi.

Letak lapangan basket ini ada di Jalan Menado Nomor 37, Bandung, Jawa Barat. Kalau ingin menyewa lapangan basket, kamu bisa menghubungi pengelola melalui Whatsapp di nomor 087766001414. Harganya relatif terjangkau dengan rincian:

Hari kerja

  • Pukul 06.00—12.00 Rp150 ribu/jam;
  • Pukul 12.00—18.00 Rp200 ribu/jam;
  • Pukul 18.00—00.00 Rp250 ribu/jam.

Akhir pekan dan hari libur

  • Rp250 ribu/jam.

5. C-Tra Arena

C-Tra Arena menjadi lapangan legendaris. Sudah ada sejak akhir 1990-an, gelanggang olahraga ini menjadi saksi berbagai macam gelaran, termasuk Indonesian Basketball League (IBL). Final IBL 2019 dan 2022 juga berlangsung di sini. Bahkan, IBL (reborn) memulai pramusim di lapangan ini.

Pada 2016, Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat berlangsung di C-Tra Arena. Tim bola basket putra Jawa Barat menjadi kampiun setelah mengalahkan Jawa Timur. Lapangan ini telah mencoba keringat para atlet yang luar biasa.

C-Tra Arena sendiri merupakan markas Prawira Bandung saat ini. Selain bertanding, mereka juga berlatih di sini. Kamu bisa mampir ke Jalan Cikutra Nomor 278, Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat untuk mencoba lapang ini.

Lapangannya standar. Ada di dalam ruangan (indoor). Lantainya kayu. Ringnya cukup kuat untuk ditombok. Kapasitas tribunnya mencapai 5.000 orang.

Jika kamu mencari lapangan basket di Bandung yang legendaris, maka C-Tra Arena cocok untukmu. Namun, jika tidak peduli soal itu, kamu bisa mencoba empat lapangan lain yang tertera di atas. Kamu juga bisa mencoba lapangan baru, seperti Siliwangi Basketball Court dan Elite Arena.

Baca Juga: 5 Lapangan Basket NBA Paling Populer, Ada Markas Duo New York!

G.N. Putra Photo Verified Writer G.N. Putra

Senang dengan olahraga dan budaya populer. Pernah menulis untuk beberapa media.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya