Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCL

Ajax cetak rekor terbaik sepanjang sejarah klub

Ajax melanjutkan performa impresif mereka di musim. Di pekan ke-4 Liga Champions, mereka sukses meraih kemenangan sempurna usai tumbangkan Dortmund di Signal Iduna Park dengan skor 1-3. Tim tuan rumah sendiri harus bermain pincang sejak menit ke-29 setelah Matt Hummels diganjar kartu merah.

Tertinggal lebih dulu lewat gol penalti Marco Reus di menit ke-37, Ajax lakukan comeback di 20 menit akhir laga lewat tiga gol yang dicetak Dusan Tadic (72'), Sebastien Haller (83') dan Davy Klaassen (90+3). Berikut ini lima fakta yang mengiringi kemenangan Ajax.

1. Kemenangan sempurna pertama dalam sejarah Ajax

Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCLselebrasi kemenangan Ajax pasca laga (uefa.com)

Tergabung di grup C bersama Dortmund, Sporting Lisbon dan Besiktas, Ajax berhasil meraih empat kemenangan sempurna di fase grup. Dengan 12 poin yang mereka raih dari empat laga, Ajax memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Hebatnya, torehan empat kemenangan sempurna ini menjadi rekor terbaik sepanjang sejarah klub di ajang ini.

Klub asal Belanda ini pun menyusul  Bayern Munchen, Juventus dan Liverpool, yang sudah  lolos ke babak 16 besar lebih awal. Anak asuh Erik ten Hag ini pun menjadi tim kedua paling tajam di  UCL musim ini dengan mencetak 14 gol dan hanya kebobolan 2 gol saja.

2. Catatan impresif Sebastien Haller dan Dusan Tadic

Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCLselebrasi gol pemain Ajax (twitter.com/ChampionsLeague)

Striker Ajax, Sebastien Haller melanjutkan tren positif dengan selalu mencetak gol di empat laga awal Liga Champions fase grup. Torehan ini berhasil menyamai catatan impresi para pemain top seperto Ze Carlos (1993), Alessandro Del Piero (1995), Diego Costa (2014) dan Erling Haaland (2019).

Total striker 27 tahun itu sudah mencetak tujuh gol dari empat laga, dan hanya terpaut satu gol dari top skor sementara Robert Lewandowski. Rekan setimnya, Dusan Tadic pun tak kalah impresif. Satu golnya membuat Tadic menjadi top skor kedua Ajax di Liga Champions dengan sembilan gol di bawah Jari Litmanen dengan koleksi 20 gol.

Baca Juga: 5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!

3. Dortmund bersaing dengan Sporting untuk satu tiket tersisa

Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCLselebrasi gol pemain Dortmund (uefa.com)

Dengan satu tiket sudah dikantongi Ajax, tiket tersisa bakal menjadi rebutan dua tim, Dortmund dan Sporting Lisbon. Di laga lainnya grup C, Sporting berhasil mengalahkan Beskitas dengan skor telak 4-0. Dengan kemenangan ini, Sporting menyamai poin Dortmund dengan enam poin, sedangkan Beskitas dipastikan tersingkir usai gagal meraih satu pun poin.

Dengan dua laga tersisa, laga Dortmund melawan Sporting akan menjadi duel hidup mati. Keduanya akan saling berhadapan di pekan ke-5 pada 25 November mendatang di kandang Sporting.

4. Anthony jadi Man of The Match

Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCLpotret Anthony (uefa.com)

Winger Ajax, Anthony terpilih sebagai Man of The Match dalam laga ini lewat kontribusi luar biasa yang ia berikan. Pemain yang baru berusia 21 tahun ini berhasil mencetak hattrick assist untuk semua gol Ajax dalam laga ini. Total pemain asal Brasil ini sudah mencetak satu gol dan empat asisst dari empat laga Liga Champions.

Sang pemain baru bergabung dengan Ajax pada 2020 lalu dari klub Brasil, Sao Paolo. Di bawah arahan ten Hag, ia berkembang menjadi salah satu pemain muda paling berbakat di Eredivisi. Di liga domestik ia sudah mencetak tiga gol dari delapan gol.

5. Pertandingan selanjutnya, laga berat di liga domestik

Raih Tiket 16 Besar! 5 Fakta Kemenangan Ajax atas Dortmund di UCLpotret duel Dortmund vs Ajax. (uefa.com)

Tiga hari berselang, kedua tim sudah harus kembali berlaga, kali ini di liga domestik. Ajax bakal menghadapi Go Eagels di pekan ke-12 Eredivisi. Saat ini Ajax sedang memuncaki klasemen dengan keunggulan dua poin dari PSV, sehingga kemenangan menjadi wajib jika tak ingin tergusur.

Sedangkan Dortmund akan menghadapi lawan berat RB Leipzig. Die Borussien saat ini berada di urutan kedua dengan selisih satu poin saja dari Bayern Munchen. Mereka harus mempertahankan konsistensi kemenangan di Bundesliga demi mmemutus dominasi Bayern Munchen.

Itulah lima faka menarik yang mengiringi kemenangan Ajaz atas Dortmund. Dengan rekor sempurna yang mereka  torehkan di UCL, Ajax berpotensi melangkah sangat jauh kali ini. Dengan deretan pemain muda berbakat di bawah arahan Erik ten Hag, banyak pihak menilai mereka akan mampu memberikan kejutan di musim ini.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya