5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!

 Ada tiga pelatih yang meraihnya secara beruntun

Liga Champions dan Europa League adalah dua kompetisi antarklub Eropa dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Berbicara soal kualitas dan prestise, tentu Liga Champions lebih unggul. Namun, Europa League pun bukan turnamen yang mudah. Maka memenangi Liga Champions maupun Europa League pasti sama-sama capaian yang membanggakan.

Tak hanya bagi pemain, seorang pelatih pun berhak berbangga jika bisa memenangi salah satu kejuaraan tersebut. Apalagi kalau berhasil memenangi keduanya! Ternyata, ada sejumlah pelatih yang pernah sukses melakukannya, lho. Ini dia lima pelatih di antaranya.

1. Bob Paisley

5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!Bob Paisley (liverpoolfc.com)

Pertama ada Bob Paisley, pelatih tersukses sepanjang sejarah Liverpool. Paisley adalah pelatih asal Inggris yang menangani Liverpool pada 1974 hingga 1983. Selama 9 musim tersebut, The Reds berhasil dibawanya memenangi 20 trofi. Enam belas trofi di antaranya adalah trofi domestik, termasuk 6 gelar Liga Inggris.

Liverpool tak hanya dominan di Inggris selama dilatih Paisley, tapi juga di Eropa. Mereka berhasil menjuarai Piala UEFA, kompetisi yang kini bernama Europa League, pada musim 1975/76. Bagi Liverpool, itu adalah trofi Eropa kedua mereka sepanjang sejarah.

Setelah itu, Liverpool bersama Paisley makin menggila dan sukses memenangi Liga Champions 2 kali beruntun di musim 1976/77 dan 1977/78. Plus satu trofi lagi di musim 1980/81, Paisley pun jadi pelatih pertama yang tiga kali mengangkat trofi Liga Champions, sebelum disamai oleh Carlo Ancelotti dan Zinedine Zidane.

2. Giovanni Trapattoni

5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!Giovanni Trapattoni (90min.com)

Sementara Giovanni Trapattoni sukses memenangi Liga Champions dan Piala UEFA bersama Juventus. Pertama, Trapattoni membawa Juve menjuarai Piala UEFA 1976/77 dengan mengalahkan Athletic Bilbao di final. Trapattoni pun menjadi pelatih pertama yang berhasil mempersembahkan trofi Eropa bagi Si Nyonya Tua.

Kemudian, Trapattoni juga berhasil membawa Juve meraih trofi Liga Champions pertama mereka di musim 1984/85. Setelah itu Trapattoni sempat melatih Inter Milan, tapi ia kembali ke Juve di tahun 1991 dan sukses meraih trofi Piala UEFA keduanya di musim 1992/93. Jelas, Trapattoni adalah pelatih yang sangat berjasa dalam sejarah Juventus.

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Memperkuat Klub Premier League Saat Ini

3. Louis van Gaal

5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!Louis van gaal (90min.com)

Berikutnya ada Louis van Gaal, pelatih asal Belanda yang meraih sukses luar biasa saat menanangi Ajax Amsterdam pada 1991 hingga 1997. Selama periode tersebut, Van Gaal berhasil membawa Ajax memenangi 11 trofi. Bahkan di musim pertamanya pun ia langsung mengantarkan Ajax meraih Piala UEFA.

Setelah itu, koleksi trofi Eropa Van Gaal bertambah kala Ajax sukses menjuarai Liga Champions 1994/95. Ajax bahkan sempat hampir meraih dua gelar beruntun, tapi di musim berikutnya mereka takluk dari Juventus di final. Selain dua trofi tersebut, Van Gaal juga meraih Piala Super UEFA dan Piala Interkontinental bersama Ajax.

4. Jose Mourinho

5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!Jose Mourinho (90min.com)

Jose Mourinho juga tak ketinggalan ada di daftar ini. Mourinho meraih sukses pertamanya di kancah Eropa bersama FC Porto di musim 2002/03 dengan memenangi Piala UEFA. Bahkan, Porto juga meraih 2 trofi lain di musim tersebut. Selanjutnya, Porto membuat kejutan di musim 2003/04 dengan menjuarai Liga Champions meski tak diunggulkan.

Setelah itu, Mourinho berhasil menambah lagi masing-masing satu trofi Liga Champions dan Europa League. Ia membawa Inter Milan meraih Liga Champions 2009/10, lalu mengantarkan Manchester United memenangi Europa League 2016/17. Jelas, Mourinho adalah salah satu pelatih dengan prestasi terhebat di kancah Eropa.

5. Rafael Benitez

5 Pelatih yang Pernah Menangi Liga Champions dan Europa League, Hebat!Rafael Benitez (90min.com)

Terakhir, ada Rafael Benitez berhasil meraih 2 trofi Piala UEFA dan 1 Liga Champions, tapi dengan tiga klub berbeda. Pertama, Benitez sukses mengantarkan Valencia juara Piala UEFA di musim 2003/04. Sukses tersebut membuat Liverpool merekrutnya di awal musim 2004/05.

Hebatnya, Benitez langsung membawa The Reds juara Liga Champions di musim pertamanya. Itu membuat Benitez jadi pelatih ketiga yang menjuarai Piala UEFA dan Liga Champions secara beruntun, setelah Paisley dan Mourinho. Satu lagi trofi Europa League berhasil diraih Benitez pada musim 2012/13, kali ini bersama Chelsea.


Itulah lima pelatih yang pernah memenangi Liga Champions serta Piala UEFA atau Europa League. Adakah pelaih lain yang bisa menandingi pencapaian mereka di masa depan?

Baca Juga: 5 Pemain Top Argentina yang Memperkuat Klub Premier League Saat Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya