Comscore Tracker

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masa

Ada LeBron James hingga Giannis Antetokounmpo

75 nama pebasket terbaik sepanjang masa telah dirilis oleh NBA dalam rangka memperingati 75 musim NBA berlangsung. Musim ini merupakan kali kedua NBA melakukan hal ini, sebelumnya mereka juga membuat daftar 50 pemain terbaik saat NBA menjalani musim ke-50 mereka.

Dalam daftar 75 pemain tersebut, tampak beberapa pemain bintang, macam Kareem Abdul-Jabbar, Magic Johnson, hingga Michael Jordan. Menariknya, ada beberapa pemain aktif yang namanya muncul dalam daftar tersebut. Padahal karier mereka bisa dibilang jauh dari kata selesai.

Namun, performa gemilang dan segudang prestasi membuat mereka layak disandingkan dengan para legenda NBA lainnya. Berikut 11 pemain aktif dalam daftar 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

1. Damian Lillard

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Damian Lillard (nba.com)

Damian Lillard mengawali debutnya di NBA pada tahun 2012 ketika terpilih di tempat keenam oleh Portland Trail Blazers. Tak butuh waktu lama, di musim pertamanya ia langsung bermain luar biasa dan meraih gelar Rookie of The Year. Setelah itu permainannya semakin meningkat dan pernah 6 kali terpilih masuk all star.

Kini, ia masih menjadi tulang punggung Blazers dalam mengarungi NBA musim 2021/2022. Meski penampilannya selalu menuai decak kagum, ia belum pernah membawa Blazers menginjak partai final. Meski begitu, Lillard tetaplah salah satu point guard terbaik saat ini.

2. Carmelo Anthony

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Carmelo Anthony (nba.com)

Carmelo Anthony dipilih oleh Denver Nuggets di tempat ketiga pada NBA draft 2003, salah satu draft terbaik sepanjang masa dengan banyak nama besar yang masuk ke NBA pada tahun ini. Sebut saja sederet nama seperti LeBron James, Dwyane Wade, hingga Chris Bosh menemani nama Carmelo Anthony di daftar draft tahun tersebut. 

Setelah membela Nuggets selama 8 musim, Anthony kemudian pindah ke New York Knicks pada tahun 2011. Bersama Knicks performanya semakin gemilang dan sempat menjadi salah satu kandidat peraih MVP. Anthony juga pernah menyabet gelar scoring title di tahun 2013.

Namun, setelah meninggalkan Knicks, ia tak lagi menjadi pemain bintang di timnya. Hal itu terjadi saat ia membela Oklahoma City Thunder, Houston Rockets, dan Portland Trail Blazers. Kini, Anthony tengah mengincar gelar NBA pertamanya bersama tim bertabur bintang, Los Angeles Lakers.

3. Anthony Davis

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Anthony Davis (nba.com)

Anthony Davis menjadi bagian penting Los Angeles Lakers ketika mereka menyabet gelar juara di tahun 2020 lalu. Meskipun Lakers harus kehilangan banyak pemain muda potensial untuk mendapatkan Davis, hal itu sebanding ketika pemain berusia 28 tahun itu mampu memberikan performa terbaiknya.

Musim lalu ia tak terlalu sering tampil akibat banyak berkutat dengan cedera. Namun, ketika ia dalam keadaan terbaiknya, tak ada yang mampu menghentikan duet Davis dan LeBron James. Apalagi kini Lakers kedatangan Russell Westbrook, Carmelo Anthony, dan Dwight Howard yang semakin membuat mereka perkasa.

Sebelum bersama Lakers, Davis lebih dulu membela New Orleans Pelicans dari musim 2012 hingga 2019. Bersama Pelicans, pemain yang pernah 8 kali masuk all star tersebut tak banyak memiliki rekan yang bagus sehingga timnya tak mampu berbicara banyak.

4. Russell Westbrook

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Russell Westbrook (nba.com)

Russell Westbrook sudah dipandang sebagai pemain hebat ketika masih berseragam Oklahoma City Thunder. Kala itu ia membuat trio muda menakutkan bersama Kevin Durant dan James Harden. Bahkan, mereka mampu masuk final di tahun 2012 sebelum akhirnya ditaklukan Miami Heat.

Westbrook merupakan pemain yang identik dengan triple double. Bahkan, dalam beberapa musim terakhir ia selalu mencatatkan rataan triple double tertinggi. Hal inilah yang membuatnya dianugerahi gelar MVP pada tahun 2017 silam.

Setelah meninggalkan Thunder, ia sempat berkostum Houston Rockets dan Washington Wizards, sebelum akhirnya bergabung dengan Los Angeles Lakers musim ini. Akankah pemain yang pernah 9 kali masuk all star ini akhirnya meraih cincin juara?

5. Chris Paul

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Chris Paul (nba.com)

Chris Paul merupakan pemain yang mampu memberi perubahan besar kepada setiap tim yang ia bela. Hal itu ia tunjukan musim lalu saat membawa Phoenix Suns mencapai babak final, padahal di musim sebelumnya Suns bahkan tak mampu lolos ke babak playoff.

Paul sendiri mengawali kariernya di NBA ketika ia terpilih di urutan keempat oleh New Orleans Hornets di tahun 2005. Di musim perdananya, ia mampu tampil gemilang dengan mencatatkan rataan 16 poin per game. Hal itu membuatnya dianugerahi gelar Rookie of The Year.

Baca Juga: Pernah Juara, 8 Pemain NBA Ini Kembali Berlaga setelah Pensiun

6. Kawhi Leonard

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Kawhi Leonard (nba.com)

Kawhi Leonard dipilih oleh Indiana Pacers di tempat ke-15 pada NBA draft tahun 2011 sebelum akhirnya ia ditukar ke San Antonio Spurs. Sejak saat itulah kariernya semakin bersinar. Bahkan, ketika Spurs menjadi juara di tahun 2014, Leonard sukses dinobatkan sebagai Final MVP.

Leonard memutuskan membela Toronto Raptors pada tahun 2018. Di musim pertamanya ia langsung sukses membawa tim asal Kanada itu menjadi juara NBA. Kini, kehadirannya bikin Los Angeles Clippers menjadi kekuatan baru di wilayah barat.

Tak hanya kemampuan menyerangnya saja yang mematikan, kemampuan Leonard dalam bertahan juga begitu kokoh. Hal ini ia buktikan dengan raihan 2 gelar Defensive Player of The Year. Leonard juga tercatat 5 kali masuk all star.

7. LeBron James

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret LeBron James (nba.com)

Nama LeBron James sering disandingkan dengan Michael Jordan sebagai The Greatest of All Time. Hal itu tak mengherankan, sebab James telah menuai banyak prestasi sejak pertama kali debut di NBA pada tahun 2003 bersama Cleveland Cavaliers.

Di musim pertamanya, ia mampu menyabet gelar Rookie of The Year. Di tahun keempatnya ia sudah membawa Cavaliers masuk ke partai final meski harus tunduk dari San Antonio Spurs. Barulah ketika membela Miami Heat, King James mampu meraih cincin juara.

LeBron sendiri sudah pernah menginjakkan kakinya di partai final sebanyak 10 kali, dimana ia 4 kali menjadi juara, sekaligus dinobatkan sebagai Final MVP. LeBron juga sukses 17 kali masuk all star dan 4 kali meraih gelar MVP. Kini ia mengincar gelar juara kelimanya bersama Lakers.

8. James Harden

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret James Harden (beinsports.com)

Musim lalu Brooklyn Nets menjadi penantang terkuat juara setelah mendatangkan James Harden dari Houston Rockets ketika mereka sudah memiliki pemain sekelas Kyrie Irving dan Kevin Durant di daftar roster mereka. 

Harden sendiri tampil luar biasa kala masih berseragam Rockets. Ia mampu 3 kali merebut gelar scoring title dan menjadi MVP di tahun 2018. Namun, ia tak pernah sekalipun membawa Rockets melaju ke partai final.

Ia justru menginjak final pada awal kariernya di tahun 2012 saat masih membela Oklahoma City Thunder. Bersama Westbrook dan Durant, mereka sukses membuat kejutan dengan mengalahkan para tim besar di wilayah barat. Namun, di final mereka harus mengakui keunggulan Miami Heat.

9. Kevin Durant

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Kevin Durant (nba.com)

Kevin Durant dianggap salah satu pemain terbaik di NBA saat ini. Bahkan di musim lalu, meski baru comeback dari cedera, permainannya tak terlihat menurun sedikitpun.

Durant sendiri mengawali kariernya di NBA pada tahun 2007 ketika dirinya terpilih di urutan kedua NBA draft. Debutnya pun ia lalui dengan gemilang dan membuahkan gelar Rookie of The Year. Bersama Thunder ia juga 4 kali meraih gelar scoring title dan sekali meraih MVP pada tahun 2014.

Puncak kariernya ia nikmati kala berseragam Golden States Warriors. Bersama Stephen Curry dan Klay Thompson, Durant sukses menyabet 2 gelar juara dan 2 gelar Final MVP.

10. Stephen Curry

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Stephen Curry (nba.com)

Meski dua musim belakangan Golden States Warriors tengah dalam masa sulit, performa Stephen Curry sepertinya tak terlihat menurun sama sekali. Terbukti, musim lalu ia masih mampu mencatatkan rataan 32 poin per game sehingga meraih gelar scoring title di akhir musim.

Semenjak kehadiran Curry di tahun 2009, Warriors sukses tampil sebagai tim paling dominan. Bahkan, di musim 2015/2016 mereka sukses mengukir 73 kemenangan sekaligus melampaui rekor milik Chicago Bulls di musim 1995/1996.

Curry merupakan pemain yang dikenal begitu handal dalam tembakan tiga angka. Hal itulah yang membuat Warriors sukses 5 kali melaju ke final dan 3 di antaranya menjadi juara. Curry juga pernah meraih 2 gelar MVP dan 7 kali masuk all star.

11. Giannis Antetokounmpo

11 Pemain Aktif yang Masuk Daftar 75 Pemain Terbaik NBA Sepanjang Masapotret Giannis Antetokounmpo (skysports.com)

Giannis Antetokounmpo menjalani debutnya di NBA setelah terpilih di tempat ke-15 pada draft tahun 2013 oleh Milwaukee Bucks. Musim pertamanya bersama Bucks tak berjalan mulus dengan hanya mencetak 6,8 poin per game.

Namun, perlahan ia mulai menemukan performa terbaiknya dan sukses menyabet gelar Most Improve Player di tahun 2017. Setelah itu, ia menjadi salah satu bintang NBA dan 2 kali dinobatkan sebagai MVP pada 2019 dan 2020.

Bahkan, ia menjadi pemain ketiga setelah Michael Jordan dan Hakeem Olajuwon yang meraih gelar MVP dan Defensive Player of The Year di tahun yang sama. Pencapaiannya semakin lengkap setelah musim lalu sukses membawa Bucks merebut cincin juara.

Meski karier mereka masih belum berakhir dan bahkan beberapa di antaranya masih dalam usia emas, performa dan pencapaian yang begitu gemilang sukses membuat nama mereka masuk dalam daftar 75 pemain terbaik NBA sepanjang masa.

Sumber: https://www.sportingnews.com/us/nba/news/full-nba-75-list-revealed-insights/uyrdd50455bs14lte5q8njxy8

Sumber: https://ca.nba.com/news/nba-75-team-list-players-75th-anniversary-season/6jov1u8vfe861lgnpqf55ct3f

Baca Juga: 5 Pemain NBA Draft 2018 dengan Nilai Perpanjangan Kontrak Terbesar

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya