5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debut

Ada juga yang langsung raih kemenangan, lho

Formula 1 merupakan ajang kompetisi balap mobil terpopuler di dunia dan sering disebut sebagai pinnacle of motorsport. Karena itu, tak mudah untuk seorang pebalap bisa berkompetisi, apalagi menuai kesuksesan di ajang ini. 

Namun, lain halnya dengan beberapa pebalap ini yang malah menjalani debut luar biasa di Formula 1. Meskipun setelah itu ada yang kariernya tak begitu sukses, tetap saja kesuksesan debut tersebut menjadi pengalaman yang begitu mengesankan.

Bahkan, ada pebalap yang langsung memenangi race pertamanya, lho! Berikut ini ulasan lima pembalap Formula 1 dengan debut terbaik sepanjang sejarah.

1. Reine Wisell (GP Amerika Serikat 1970)

5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debutpotret Reine Wisell (fijen.se)

Reine Wisell hanya pernah satu kali naik podium sepanjang kariernya di Formula 1. Menariknya, raihan tersebut justru terjadi pada balapan debutnya di GP Amerika Serikat musim 1970. Kala itu pembalap asal Swedia ini menjalani musim pertamanya bersama tim Lotus.

Wisell sendiri hanya mampu menempati peringkat kesembilan pada sesi kualifikasi. Namun, setelah bendera start dikibarkan, ia mampu menyalip satu demi satu pembalap di depannya. Akhirnya ia mampu finis posisi ketiga di belakang rekan setimnya, Emerson Fittipaldi, dan pembalap BRM, Pedro Rodriguez.

2. Lewis Hamilton (GP Australia 2007)

5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debutpotret Lewis Hamilton pada GP Australia 2007 (redbull.com)

Lewis Hamilton memang sudah menjadi sensasi sejak musim debutnya di Formula 1 pada tahun 2007. Berduet dengan dua kali juara dunia, Fernando Alonso di McLaren tak membuatnya gentar sedikit pun. Justru, ia mampu menunjukkan performa yang luar biasa.

Pada balapan perdananya di GP Australia, pebalap asal Inggris ini mampu mengunci posisi keempat pada sesi kualifikasi. Ketika balapan dimulai, Hamilton mampu tampil gemilang dan finis di urutan ketiga. Ia berada di belakang Kimi Raikkonen yang membela Ferrari dan rekan setimnya, Fernando Alonso.

Baca Juga: Arab Saudi Terus Kebut Pembangunan Sirkuit untuk Gelar Formula 1 2021

3. Kevin Magnussen (GP Australia 2014)

5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debutpotret Kevin Magnussen pada GP Australia 2014 (formula1.com)

Sama seperti Weisell, Magnussen juga hanya pernah meraih sekali podium sepanjang kariernya di Formula 1. Podium tersebut ia dapatkan ketika balapan debutnya untuk McLaren di GP Australia 2014. Magnussen sendiri kala itu ditunjuk McLaren untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Lewis Hamilton.

Pada balapan tersebut, pebbalap asal Denmark itu sukses menjadi yang tercepat kedua di belakang pilot Mercedes, Nico Rosberg. Sayang, setelah itu kariernya menurun dan tak mampu lagi bersaing di papan atas. Magnussen sendiri tak lagi berkompetisi di Formula 1 setelah kontraknya tak diperpanjang Haas musim lalu.

4. Jacques Villeneuve (GP Australia 1996)

5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debutpotret Jacques Villeneuve pada GP Australia 1996 (f1experiences.com)

Jacques Villeneuve datang ke Formula 1 berbekal gelar juara IndyCar di musim 1995. Williams pun tak ragu menduetkannya dengan Damon Hill untuk musim 1996. Pebalap asal Kanada itu tak butuh waktu lama untuk membuktikan kualitasnya di ajang balap terpopuler di dunia tersebut.

Pada GP Australia yang merupakan balapan pembuka, Villeneuve secara mengejutkan mampu meraih pole position. Bahkan, pada saat balapan ia sempat menjadi yang terdepan, sebelum akhirnya disalip oleh Hill. Tak buruk bagi debutan Formula 1 untuk finis di posisi kedua.

5. Giancarlo Baghetti (GP Prancis 1961)

5 Pebalap Formula 1 Ini Langsung Raih Podium di Balapan Debutpotret Giancarlo Baghetti pada GP Prancis 1961 (scuderiafans.com)

Giancarlo Baghetti bisa dibilang menjadi debutan terbaik di Formula 1 sepanjang sejarah. Balapan untuk Ferrari di musim 1961, ia secara mengejutkan mampu tampil sebagai pemenang setelah mengawali balapan dari grid ke-12. Itu menjadikannya satu-satunya debutan yang langsung menangi race di ajang Formula 1.

Balapan di sirkuit Reims, Prancis, Baghetti terus ditempel ketat oleh pebalap Porsche, Dan Gurney. Ketika melewati garis finis, Baghetti hanya unggul 0,1 detik saja dari pembalap asal Amerika Serikat tersebut. Sayang, itu menjadi kali terakhir ia keluar sebagai pemenang.

Kelima pembalap tersebut mampu menunjukkan kualitasnya pada balapan pertamanya di Formula 1. Meski setelahnya beberapa dari mereka tak lagi mampu berada di atas podium, setidaknya prestasi itu merupakan pengalaman indah yang tak akan terlupakan bagi mereka.

Baca Juga: 5 Rekor Max Verstappen di Formula 1, Calon Juara Dunia 2021

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya