5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022

Celtics sukses menjungkalkan Miami Heat dalam tujuh game

Boston Celtics berhasil melaju ke Final NBA 2022. Kepastian itu didapat setelah menumbangkan Miami Heat di Final Wilayah Timur di FTX Arena, Miami, Florida, Amerika Serikat, Senin (30/5/2022).

Langkah Celtics terbilang tak mudah. Heat memaksa mereka tampil dalam tujuh game. Celtics bahkan harus bersiap menghadapi kampiun Wilayah Barat, Golden State Warriors, yang tengah dalam performa terbaik usai mengandaskan Dallas Mavericks dalam lima game.

Meski begitu, lolosnyaCeltics ke final meninggalkan beberapa catatan menarik. Apa saja?

1. Boston Celtics menundukkan Miami Heat untuk melaju ke final NBA

5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022Boston Celtics kalahkan Miami Heat pada final wilayah timur. (skysports.com)

Perebutan satu tiket ke Final NBA di Wilayah Timur harus ditentukan hingga game ketujuh. Celtics akhirnya menang dengan skor tipis 100-96. Jayson Tatum tampil sebagai bintang kemenangan mereka dengan catatan 26 poin. Jaylen Brown dan Marcus Smart juga tampil tak kalah baik dengan sumbangan masing-masing 24 poin.

Sementara, dari sisi Heat, Jimmy Butler kembali menampilkan performa terbaiknya dengan torehan 35 poin. Bam Adebayo dan Kyle Lowry turut menyumbang masing-masing 25 dan 15 poin. Namun, mereka tetap gagal membendung laju Celtics pada pertandingan penentuan.

2. Celtics kembali tampil di final untuk pertama kalinya sejak 2010

5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022Boston Celtics kalah dari Los Angeles Lakers pada final NBA 2010. (skysports.com)

Kembali tampilnya Boston Celtics ke partai final musim ini tentu sangat ditunggu oleh para pendukung mereka. Terakhir kali Celtics melaju ke final adalah pada 2010. Namun, mereka saat itu harus mengakui keunggulan Los Angeles Lakers.

Celtics pada tahun tersebut masih dihuni big three Kevin Garnett, Paul Pierce, dan Ray Allen. Kini, posisi tersebut digantikan para bintang muda Celtics yang siap menunjukkan permainan terbaik mereka.

Jika tampil sebagai juara, Celtics akan menjadi tim tersukses dalam sejarah NBA. Kini, mereka punya tujuh belas cincin juara. Jumlah itu sama dengan milik Los Angeles Lakers.

3. Jayson Tatum meraih gelar MVP Final Wilayah Timur

5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022Jayson Tatum meraih gelar MVP Final Wilayah Timur. (twitter.com/CBSSportsNBA)

Jayson Tatum resmi menjadi pemain pertama yang mendapatkan gelar MVP Final Wilayah Timur. Menariknya, trofi tersebut dinamai berdasarkan bintang Celtics pada era 1980-an, Larry Bird. Hal itu makin menambah spesial gelar yang ia dapatkan.

Tatum memang tampil dominan dalam laga final wilayah dengan rata-rata 25 poin, 8,3 rebound, 5,6 assist, dan 1,1 steal per game. Ia juga sangat efisien dengan akurasi tembakan mencapai 47,6 persen. Sementara, akurasi tembakan tiga angkanya menyentuh angka 36,7 persen.

Penampilan terbaik Tatum terjadi pada game keenam ketika Celtics tengah tertinggal 2-3 dari Heat. Namun, Celtics dibawanya menyamakan kedudukan dengan mencetak 47 poin. Ia kemudian kembali tampil menawan dengan 26 poin untuk memenangi game ketujuh.

Baca Juga: Boston Celtics Susul Warriors ke Final NBA 2021/22

4. Celtics mengalahkan 3 tim yang mengeliminasi mereka dalam 3 musim sebelumnya

Perjalanan Celtics ke partai final musim ini tak bisa dibilang mudah. Pada putaran pertama, mereka sukses menyapu tim unggulan, Brooklyn Nets. Selanjutnya, Celtics memenangi drama tujuh game melawan Milwaukee Bucks.

Pada partai final wilayah, mereka berhasil memulangkan Miami Heat. Itu terjadi dalam drama tujuh game. Menariknya, ketiga tim tersebut merupakan tim yang mengalahkan Celtics pada babak playoff dalam 3 musim sebelumnya. Kini, kekalahan tersebut mampu dibayar tuntas oleh Celtics.

5. Celtics harus mengatasi Golden States Warriors demi menjadi juara

5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022Golden State Warriors menembus partai final NBA 2021/2022. (twitter.com/warriors)

Meskipun berhasil melaju ke final, perjalanan Celtics belum selesai. Mereka harus menghadapi Golden State Warriors di Final NBA. Terlebih Warriors tengah dalam permainan terbaiknya saat ini.

MVP Final Wilayah Barat, Stephen Curry, menjadi pemain yang patut diwaspadai. Namun, jangan lupakan Klay Thompson dengan tembakan tiga angkanya yang mematikan. Masih ada juga Draymond Green dan beberapa pemain muda milik Warriors yang siap menyulitkan Celtics.

6. Ime Udoka menorehkan rekor tersendiri

5 Catatan Menarik setelah Boston Celtics Melaju ke Final NBA 2022pelatih Boston Celtics, Ime Udoka (skysports.com)

Lolosnya Celtics ke Final NBA 2022 tentu tak bisa lepas dari peran Ime Udoka. Pelatih berusia 44 tahun tersebut berhasil mengubah Celtics yang sempat terseok-seok pada awal musim hingga menembus final musim ini. Terlebih ini merupakan kali pertama ia menjabat sebagai kepala pelatih.

Udoka menorehkan rekor tersendiri, yakni menjadi pelatih rookie pertama yang sukses memenangi dua game ketujuh secara beruntun. Sebelum mengalahkan Heat, Celtics juga membekuk Bucks lewat drama tujuh game.

Boston Celtics harus menghadapi Golden State Warriors di partai final nanti. Mampukah mereka meraih cincin juara dan menjadi tim tersukses dalam sejarah NBA?

Baca Juga: Boston Celtics Tunjukkan Mental Apik di Final Wilayah NBA

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya