5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Belanda

Samai kemenangan musim 2021

Double Dutch delight, Max Verstappen kembali menjalani pekan sempurna pada GP Belanda yang digelar pada Minggu (4/9/2022). Ia mampu memberikan kemenangan di depan publiknya sendiri.

Dengan kemenangan tersebut, Verstappen kian menjauhi para pesaingnya yang tak kunjung menemukan cara untuk mengalahkannya. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Belanda.

1. Pertahankan takhtanya di GP Belanda

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP BelandaMax Verstappen menjuarai GP Belanda 2022. (formula1.com)

Mengawali balapan dari pole position, Max Verstappen langsung memimpin jalannya balapan ketika bendera start dikibarkan. Verstappen pada akhirnya meraih kemenangan diikuti George Russell dan Charles Leclerc.

Kemenangan tersebut juga mengulangi capaian yang ia raih pada musim 2021 saat Verstappen juga menjadi yang tercepat di sirkuit Zandvoort. Ia juga menjadi pembalap tuan rumah pertama yang memenangi GP Belanda.

2. Verstappen raih empat kemenangan beruntun

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP BelandaMax Verstappen menjuarai GP Belgia 2022. (formula1.com)

Dominasi Max Verstappen masih belum terputus dengan kemenangannya di GP Belanda. Hal ini membuatnya telah mengemas empat kemenangan beruntun sejak GP Prancis. Ini juga menjadi rekor kemenangan beruntun terbanyak baginya.

Verstappen mengikuti jejak Nico Rosberg yang menjadi pembalap terakhir selain Lewis Hamilton yang mampu menorehkan catatan serupa. Juara dunia 2016 tersebut meraih tujuh kemenangan beruntun dari akhir musim 2015 hingga awal musim 2016.

Baca Juga: Max Verstappen Pakai Helm dengan Desain Spesial pada F1 GP Belanda

3. Samai jumlah kemenangannya musim 2021

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP BelandaMax Verstappen (formula1.com)

Dengan raihan kemenangan di GP Belanda, Verstappen musim ini sudah mengemas sepuluh kemenangan. Hal ini menyamai jumlah kemenangannya pada musim 2021 ketika ia menjadi juara dunia.

Verstappen yang tengah tampil panas berkesempatan melampaui catatan milik Lewis Hamilton dengan sebelas kemenangan dalam satu musim. Ia bahkan masih mungkin melewati rekor yang dibuat Michael Schumacher dan Sebastian Vettel yang meraih tiga belas kemenangan dalam satu musim.

4. Verstappen kini unggul 109 poin dari Charles Leclerc

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP BelandaMax Verstappen dan Charles Leclerc (formula1.com)

Charles Leclerc kembali menemui jalan terjal untuk menghadang laju Max Verstappen. Meski mengawali balapan dari posisi kedua, ia harus puas mengakhiri balapan di urutan ketiga. Hasil ini membuatnya beselisih 109 poin dari Verstappen.

Tak hanya kesulitan mengejar Red Bull, Ferrari juga tampak kewalahan melawan Mercedes. Bahkan, jika tak ada safety car jelang balapan berakhir, Ferrari bisa saja tak menempatkan satu pun pembalapnya di jajaran podium.

5. George Russell pertama kalinya kunci posisi kedua

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP BelandaGeorge Russell meraih podium pada GP Belanda 2022. (formula1.com)

George Russell berhasil mengunci podium kedua bagi Mercedes pada GP Belanda. Itu merupakan hasil finis terbaiknya sejak bergabung dengan pabrikan asal Jerman Tersebut. Russell bahkan merasa bisa bersaing menjadi juara jika tak ada safety car.

Mercedes sepertinya masih harus menunggu lebih lama lagi untuk meraih kemenangan perdana mereka musim ini. Meski sudah meraih dua belas podium, baik Russell maupun Hamilton belum sekali pun menapaki puncak podium.

 

Kemenangan yang diraih Max Verstappen semakin membuatnya mengungguli para pesaingnya. Dengan dominasinya dalam empat balapan terakhir, bukan tak mungkin Verstappen kembali meraih banyak kemenangan musim ini.

Baca Juga: Max Verstappen Beri Penilaian pada Mobil Formula 1 Musim 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya