5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP Meksiko

Verstappen ukir rekor bersejarah

Max Verstappen kembali membuktikan dirinya layak menjadi juara dunia Formula 1 musim 2022 karena ia kembali meraih kemenangan pada GP Meksiko, Senin (31/10/2022). Ini merupakan kemenangan ke-14 Verstappen musim ini.

Verstappen yang mengawali balapan dari posisi terdepan tak membiarkan para pesaingnya berhasil mengejarnya. Pembalap asal Belanda tersebut bahkan berselisih 15 detik dari Lewis Hamilton di peringkat kedua. Berikut lima fakta menarik kemenangan Max Verstappen di GP Meksiko 2022.

1. Kemenangan keempat Verstappen di GP Meksiko

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP MeksikoMax Verstappen menjuarai GP Meksiko 2022. (twitter.com/redbullracing)

Max Verstappen menahbiskan dirinya sebagai raja di Sirkuit Hermanos Rodriguez usai menjadi juara musim 2022. Hal tersebut membuatnya telah memenangi GP Meskiko sebanyak empat kali.

Sebelumnya, pembalap asal Belanda tersebut juga menjadi pemenang pada 2017, 2018, dan 2021. Koleksi empat kemenangannya tersebut membuatnya jadi pembalap dengan kemenangan terbanyak di GP Meksiko.

2. Jadi pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam semusim

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP MeksikoMax Verstappen menjuarai GP Meksiko 2022. (formula1.com)

Max Verstappen musim ini berhasil mengoleksi 14 kemenangan yang membuatnya menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak dalam semusim. Bahkan, dengan satu seri tersisa, ia masih bisa mempertajam rekornya tesebut.

Sebelumnya, rekor impresif tersebut dipegang oleh Michael Schumacher dan Sebastian Vettel yang sama-sama meraih 13 kemenangan dalam semusim. Kini, Verstappen telah melampaui kedua pembalap legendaris tersebut.

Baca Juga: Lewis Hamilton Sebut Terlalu Dini Bicarakan Era Dominan Max Verstappen

3. Red Bull raih sembilan kemenangan beruntun

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP MeksikoMax Verstappen menjuarai GP Jepang 2022. (formula1.com)

Dengan kemenangan yang diraih Max Verstappen pada GP Meksiko, Red Bull telah mengoleksi sembilan kemenangan beruntun sejak GP Prancis. Delapan kemenangan menjadi milik Verstappen, sementara satu lainnya dipersembahkan Sergio Perez.

Raihan ini juga menyamai pencapaian mereka di musim 2013 ketika Sebastian Vettel meraih sembilan kemenangan beruntun. Namun, mereka masih tertinggal dua kemenangan dari McLaren yang mencatatkan sebelas kemenangan beruntun pada 1988.

4. Pemilik poin terbanyak dalam satu musim

Meskipun masih menyisakan satu balapan lagi di GP Abu Dhabi, Max Verstappen sudah melewati raihan poinnya musim lalu ketika menjadi juara dunia dengan 395,5 poin. Padahal, musim ini masih menyisakan satu balapan.

Bahkan, Verstappen memecahkan rekor poin terbanyak dalam semusim dengan mengantongi 416 poin. Jumlah tersebut mengungguli rekor yang sebelumnya dipegang Lewis Hamilton pada 2019 dengan 413 poin.

5. Jajaran podium sama seperti musim 2021

5 Fakta Menarik Kemenangan Max Verstappen di F1 GP MeksikoMax Verstappen, Lewis Hamilton, dan Sergio Perez meraih podium di GP Meksiko 2022. (twitter.com/redbullracing)

Satu hal yang menarik dari GP Meksiko 2022 adalah pembalap yang berada di atas podium sama persis dengan musim 2021. Max Verstappen menjadi juara diikuti oleh Lewis Hamilton di posisi kedua dan Sergio Perez di tempat ketiga.

Bahkan, posisi kelima dan keenam juga sama-sama ditempati duo Ferrari. Bedanya, kali ini Carlos Sainz yang berada di tempat kelima sementara Charles Leclerc di urutan keenam. George Russell berada di posisi keempat yang musim lalu ditempati Pierre Gasly.

 

Kemenangan di GP Meksiko membuktikan bahwa Sirkuit Hermanos Rodriguez menjadi tempat yang bersahabat bagi Max Verstappen. Ia mampu meraih kemenangan keempatnya di GP Meksiko sekaligus memecahkan rekor bersejarah.

Baca Juga: Red Bull Sepakati Dokumen FIA soal Pelanggaran Budget Cap

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya