Comscore Tracker

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!

Teknologinya canggih!

Formula 1 merupakan salah satu ajang balap mobil paling bergengsi di dunia. Memulai musim pertama pada tahun 1950, telah banyak tim yang mengikuti Formula 1. Di antara banyaknya konstruktor tersebut ada yang sukses dengan meraih banyak gelar juara, baik konstruktor maupun driver.

Kesuksesan konstruktor dipengaruhi oleh banyak hal, seperti teknologi yang canggih, pembalap berkualitas, hingga tunjangan dana dari sponsor. Kombinasi hal-hal tersebut membuat tim-tim tersebut menjadi dominan.

Berikut 6 konstruktor paling sukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Formula 1.

1. Ferrari

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!f1mania.net

Bergabung sejak musim perdana Formula 1, tentunya Ferrari punya segudang prestasi untuk dibanggakan. Tim berlogo kuda jingkrak ini trlah memenangi 16 gelar konstruktor dan 15 titel juara dunia pembalap. Gelar konstruktor pertama mereka dapatkan musim 1961, sedangkan juara dunia pembalap pertama diraih oleh Alberto Ascari tahun 1952.

Sepanjang sejarahnya, banyak pembalap hebat yang pernah membela Ferrari. Sebut saja Niki Lauda, Alain Prost, dan Ayrton Senna pernah berada di tim ini. Namun, pembalap tersukses yang pernah membalap bagi tim berwarna merah ini adalah Michael Schumacher dengan 5 gelar juara dunia.

Baca Juga: Ferrari Sempat Pertimbangkan Rekrut Valentino Rossi Jadi Pembalap F1

2. Williams

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!ft.com

Tim yang dipimpin oleh bos terlama di tim Formula 1, Frank Williams, ini juga cukup sukses. Tampil perdana musim 1978, mereka langsung menuai sukses dua tahun kemudian ketika Alan Jones meraih gelar juara dunia, sekaligus titel konstruktor pertama bagi Williams.

Kesuksesan mereka diraih di dekade '80 dan '90-an saat mereka meraih 9 titel konstruktor dan 7 gelar juara dunia. Nama-nama tenar yang pernah membela Williams adalah Nelson Piquet, Alain Prost, dan Damon Hill.

3. McLaren

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!formula1.com

Tahun 1974 adalah awal dari kedigdayaan McLaren. Ketika itu mereka meraih gelar konstruktor sekaligus titel juara dunia lewat Emerson Fittipaldi. Tim yang didirikan oleh Bruce Mclaren ini cukup sukses di ajang Formula 1.

Gelar juara dunia terakhir mereka diraih oleh Lewis Hamilton pada musim balap 2008, sedangkan titel konstruktor terakhir diraih pada tahun 1999 dengan duet David Coulthard dan sang juara dunia, Mika Hakkinen.

4. Mercedes

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!formula1.com

Selanjutnya ada tim yang sangat dominan beberapa musim ke belakang dengan Lewis Hamilton dan Nico Rosberg meraih gelar juara dunia dalam 7 musim terakhir. Dalam kurun waktu tersebut tak ada konstruktor lain yang mampu mengganggu dominasi mereka.

Namun, kesuksesan mereka telah dimulai jauh sebelum itu, yakni ketika Juan Manuel Fangio meraih dua gelar juara dunia di musim 1954 dan 1955. Sepanjang sejarahnya, mereka sukses meraih 8 gelar konstruktor dan 12 titel juara dunia pembalap.

5. Lotus

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!f1i.com

Lotus meraih banyak kesuksesan pada dekade '60 dan '70-an. Kala itu mereka menjadi tim yang tampil kuat dengan kemampuan mobil yang cukup gahar. Tak tanggung-tanggung, mereka meraih 7 titel konstruktor dan 6 gelar juara dunia pembalap.

Dihuni oleh beberapa pembalap kenamaan pada eranya, seperti Jim Clark, Graham Hill, dan Emerson Fittipaldi semakin membuat mereka tak terbendung. Sayang, setelahnya Lotus tak mampu meraih gelar juara lagi.

6. Red Bull

6 Konstruktor Tersukses Sepanjang Sejarah Formula 1, Tim Juara!thecheckeredflag.co.uk

Tak seperti tim-tim sebelumnya yang sarat akan sejarah, Red Bull merupakan tim muda yang baru pertama kali mengaspal pada musim balap 2005. Kala itu tim berlogo banteng tersebut berisikan trio pembalap David Coulthard, Christian Klien, dan Vitantiano Liuzzi.

Mereka baru merasakan kesuksesan kala merekrut pembalap asal Jerman, Sebastian Vettel. Kombinasi mereka mampu menghasilkan 4 titel konstruktor dan 4 gelar juara dunia yang semuanya diraih oleh Vettel.

 

Itulah 6 konstruktor tersukses sepanjang sejarah F1. Akankah Ferrari bisa mempertahankan gelar sebagai yang terbaik ataukah tim lain mampu mengalahkan dominasinya. Kita lihat saja.

Baca Juga: F1 2021: Perez Butuh 5 Balapan Untuk Bisa Cepat dengan Red Bull

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya