Comscore Tracker

5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1

Termasuk salah satunya insiden multi-21

Sebastian Vettel merupakan salah satu pembalap Formula 1 tersukses dengan koleksi empat gelar juara dunia. Sayang, musim 2022 ini menjadi musim terakhir bagi pembalap asal Jerman tersebut lantaran Vettel sudah menyatakan pensiun pada akhir musim nanti.

Meski telah menuai banyak prestasi, Vettel juga tak lepas dari beberapa momen kontroversial selama berkarier di Formula 1. Satu yang paling tak terlupakan adalah insiden Multi-21 yang melibatkan Mark Webber di GP Malaysia 2013.

Selain insiden tersebut, simak sederet momen kontroversial lain yang melibatkan Sebastian Vettel di Formula 1 berikut ini, yuk!

1. Menabrak Mark Webber di GP Jepang 2007

5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1Mark Webber pada GP Jepang 2007. (formula1.com)

Musim 2007 merupakan musim debut Sebastian Vettel di balik kemudi mobil Formula 1. Seperti halnya pembalap rookie lain yang kerap membuat kesalahan, Vettel yang saat itu membela Toro Rosso di GP Jepang pun juga mengalaminya. 

Vettel sebenarnya memukau banyak penonton ketika mampu tampil bagus di tengah guyuran hujan Sirkuit Suzuka. Namun, ia justru membuat kesalahan ketika mobil Toro Rosso miliknya menabrak bagian belakang mobil Red Bull milik Mark Webber.

Akibat kejadian tersebut, kedua pembalap terpaksa gagal menyentuh garis finis sekaligus kehilangan poin berharga. Saat itu Webber tengah berada di posisi lima besar. Tak heran jika ia pun begitu marah akibat aksi Vettel tersebut.

2. Manuver berbahaya terhadap Jenson Button di GP Belgia 2010

5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1Insiden antara Sebastian Vettel dan Jenson Button di GP Belgia 2010. (mclaren.com)

Meski pada musim 2010 Sebastian Vettel sudah punya mobil yang bisa membawanya bersaing di papan atas, secara pengalaman ia masih sangat muda dan kerap membuat kesalahan. Salah satu kesalahannya terjadi di GP Belgia ketika Vettel menabrak mobil McLaren milik Jenson Button.

Insiden tersebut jelas tak bisa diterima oleh pihak McLaren. Mereka kesal karena pembalapnya gagal mendapat poin. Bahkan, Martin Withmarsh yang merupakan team principal dari McLaren saat itu sempat menyebut Vettel sebagai crash kid.

Baca Juga: Sebastian Vettel Resmi Umumkan Pensiun Seusai Formula 1 2022 

3. Multi-21 di GP Malaysia 2013

5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1Sebastian Vettel dan Mark Webber di GP Malaysia 2013. (formula1.com)

Sebastian Vettel dan Mark Webber memang kerap kali bersitegang ketika keduanya menjadi rekan setim di Red Bull. Puncaknya perseteruan keduanya terjadi di GP Malaysia 2013.

Red Bull saat itu menggunakan kode Multi-21 yang berarti bahwa mobil 2 (Webber) akan finis di depan mobil 1 (Vettel). Namun, Vettel yang merasa mobilnya lebih cepat tetap mendahului Webber untuk merebut kemenangan.

Alhasil, tensi di antara keduanya makin memanas seusai balapan berakhir. Webber terlihat kesal karena ia seharusnya bisa menang balapan. 

4. Menghantam mobil Lewis Hamilton di GP Azerbaijan 2017

Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton bertarung ketat pada musim Formula 1 2017. Salah satu momen tak terlupakan terjadi di GP Azerbaijan.

Saat safety car tengah memasuki lintasan, Hamilton melakukan pengereman mendadak yang bikin Vettel kaget. Tak terima akan hal itu, Vettel kemudian berada di samping mobil Hamilton untuk kemudian menghantam mobil Mercedes tersebut.

Akibat perbuatannya, Vettel dijatuhi hukuman penalti. Ia cukup beruntung hanya mendapatkan penalti karena banyak pihak menganggap seharusnya Vettel didiskualifikasi dari balapan saat itu.

5. Menukar tanda posisi di parc ferme GP Kanada 2019

5 Momen Kontroversial Sebastian Vettel di Formula 1Sebastian Vettel menukan tanda posisi mobilnya di parc ferme GP Kanada 2019. (formula1.com)

Satu lagi duel menarik antara Sebastian Vettel dan Lewis Hamilton terjadi di GP Kanada 2019. Ketika itu, Vettel tengah nyaman memimpin jalannya balapan.

Tekanan yang diberikan Hamilton membuatnya melakukan kesalahan hingga melebar ke area rumput. Setelah kembali ke lintasan Vettel seharusnya memberikan posisi pertama kepada Hamilton.

Namun, Vettel enggan melakukan hal tersebut dan tetap berada di depan Hamilton. Keputusannya itu bikin Vettel dihukum penalti lima detik oleh stewards sehingga harus menyerahkan kemenangannya kepada Hamilton. Vettel yang merasa tak bersalah pun lantas menukar papan nomor dua di depan mobilnya dengan papan nomor satu milik Hamilton di parc ferme.

Sederet momen kontroversial tersebut turut mewarnai kiprah gemilang Sebastian Vettel di Formula 1. Jelang masa pensiunnya di akhir musim 2022 nanti, momen Sebastian Vettel mana yang paling berkesan di benakmu?

Baca Juga: Umumkan Pensiun, Mari Mengingat Momen Terbaik Sebastian Vettel di F1

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya