Comscore Tracker

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1

Gudangnya pembalap hebat

Sejak pertama kali dipertandingkan, Formula 1 telah menghasilkan 33 juara dunia dari 14 negara yang berbeda. Daftar pembalap tersebut termasuk tujuh kali juara dunia Michael Schumacher dan Lewis Hamilton yang tampil dominan di eranya masing-masing.

Dari sekian banyak negara yang pembalapnya pernah tampil di ajang Formula 1, hanya beberapa yang sukses meraih titel juara. Namun, ternyata ada negara yang merupakan penghasil para juara. Negara-negara ini sukses meraih banyak titel di ajang Formula 1. Berikut 5 negara tersukses sepanjang sejarah F1.

1. Inggris

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1driving.co.uk

Tak ada yang bisa menyangkal bahwa negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth ini merupakan yang tersukses di ajang Formula 1. Tak tanggung-tanggung, mereka berhasil meraih 20 gelar juara dunia dari 10 pembalap yang berbeda.

Yang tersukses adalah Lewis Hamilton dengan tujuh gelar juara dunia. Selain Hamilton, ada Jackie Stewart dengan tiga gelar serta Jim Clark dan Graham Hill yang masing-masing meraih dua titel.

Baca Juga: 10 Potret dan Fakta Lewis Hamilton, Pemecah Rekor Michael Schumacher

2. Jerman

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1telegraph.co.uk

Jerman berada di tempat kedua sebagai negara tersukses di ajang Formula 1. Mereka sukses menempatkan tiga pembalapnya sebagai juara dunia, yakni Michael Schumacher, Sebastian Vettel, dan Nico Rosberg.

Meskipun hanya tiga pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia, secara total Jerman sukses mengemas 12 gelar. Juara dunia terakhir diraih oleh Nico Rosberg musim 2016.

3. Brazil

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1bbc.com

Sama seperti Jerman, Brazil juga berhasil menempatkan tiga pembalapnya sebagai juara dunia Formula 1. Gelar pertama mereka diraih pada musim 1971 oleh Emerson Fittipaldi.

Pembalap lainnya adalah Nelson Piquet yang namanya diabadikan menjadi salah satu sirkuit di negaranya. Terakhir ada Ayrton Senna, peraih tiga gelar juara dunia yang meninggal akibat kecelakaan hebat di sirkuit Imola.

4. Finlandia

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1skysports.com

Cukup mengejutkan memang melihat Finlandia masuk ke dalam daftar ini. Karena sepanjang sejarah bergulirnya ajang Formula 1, mereka hanya mengirimkan sembilan pembalapnya.

Tiga di antara mereka berhasil meraih gelar juara dunia. Yang pertama diraih Keke Rosberg, dua gelar dari Mika Hakkinen, serta sumbangan satu gelar dari Kimi Raikkonen sukses membuat Finlandia cukup ditakuti di ajang F1.

5. Austria

5 Negara Penghasil Gelar Juara Dunia Terbanyak di Ajang Formula 1nytimes.com

Gelar juara dunia Formula 1 bagi Austria pertama kali diraih oleh Jochen Rindt, tepatnya di musim balap 1970. Kala itu ia bersaing sengit dengan Jacky Ickx, pembalap asal Belgia.

Tiga gelar lagi diraih oleh Niki Lauda, tepatnya pada tahun 1975, 1977, dan 1984. Sempat menyatakan pensiun pada tahun 1979 ia kembali membalap pada musim 1982 bersama Mclaren hingga benar-benar pensiun tahun 1985.

 

Itulah kelima negara pengahasil juara dunia Formula 1 terbanyak. Bukan tak mungkin mereka akan menambah jumlah pembalapnya untuk meraih titel juara Formula 1 nantinya.

Baca Juga: Formula 1 Catatkan Kerugian 386 Juta Dolar AS Sepanjang Musim 2020

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya