Comscore Tracker

Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP Austria

GP Austria merupakan balapan ke-100 bagi Ocon

Charles Leclerc meraih kemenangan pada Formula 1 GP Austria yang dihelat pada Minggu (10/7/2022). Namun, kredit juga harus diberikan kepada Esteban Ocon yang sukses menempati peringkat kelima.

Balapan di sirkuit Red Bull Ring kali ini juga cukup berkesan bagi Ocon. Pasalnya, ini merupakan balapan ke-100 di Formula 1 bagi pembalap asal Prancis tersebut. Ia pun cukup senang dengan hasil yang ia dapatkan, Ocon bahkan menyebutnya sebagai perfect weekend.

1. Esteban Ocon finis keenam pada sprint race

Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP AustriaEsteban Ocon (formula1.com)

GP Austria merupakan salah satu balapan pada musim 2022 yang menggelar sprint race. Pada saat sesi kualifikasi, Esteban Ocon memulainya dengan baik untuk mengamankan posisi kelima.

Pada saat sprint race berlangsung, pembalap asal Prancis tersebut harus turun satu posisi ke urutan keenam. Hasil tersebut juga sekaligus menentukan posisinya pada saat balapan di hari Minggu berlangsung.

Ocon sendiri merasa cukup puas dengan hasil yang diraihnya di sprint race. Ocon mengatakan bahwa ia telah memaksimalkan semuanya dan ini merupakan hasil yang bagus untuk menghadapi balapan. Ia juga cukup senang bisa meraih poin.

2. Ocon sempat terlibat duel dengan beberapa pembalap

Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP AustriaEsteban Ocon pada GP Austria 2022. (formula1.com)

Pada saat balapan, Ocon sempat berada di posisi ketiga seusai bendera start dikibarkan. Setelah menjalani pit stop pertamanya pada lap ke-15, Ocon sempat membuat manuver cerdik ketika menyalip Zhou Guanyu dan Yuki Tsunoda.

Ocon juga sempat berada di posisi keempat sebelum ia disalip oleh Lewis Hamilton pada lap ke-30. Ia kemudian kembali turun satu posisi usai didahului oleh pembalap Mercedes lainnya, George Russell, pada lap ke-60.

Baca Juga: Charles Leclerc Sukses Finis Pertama pada GP Austria

3. Ocon sangat puas usai finis di posisi kelima

Menjelang akhir balapan, mobil Ferrari milik Carlos Sainz mengalami kerusakan mesin yang membuatnya gagal menyentuh garis finis. Hal ini sekaligus membuat Ocon finis di posisi kelima pada akhir balapan.

Ocon mengatakan bahwa ini merupakan minggu yang sempurna baginya dan tim. Menurutnya, tak ada yang lebih baik lagi pada balapan kali ini selain meraih posisi kelima dan mendapatkan 13 poin dalam sesi wawancara seusai balapan GP Austria.

4. Ocon kini berada di peringkat delapan klasemen sementara

Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP AustriaEsteban Ocon (twitter.com/OconEsteban)

Posisi kelima pada GP Austria merupakan capaian finis terbaiknya sejauh ini pada musim 2022. Raihan yang sama juga ia dapatkan pada balapan sebelumnya di GP Inggris.

Hasil ini membuat Ocon menempati urutan kedelapan klasemen pembalap sementara dengan koleksi 52 poin. Ocon unggul 6 poin dari Valtteri Bottas dan masih tertinggal 12 angka dari Lando Norris.

Selain itu, tambahan poin dari Ocon juga membuat Alpine menduduki posisi kelima klasemen konstruktor. Kini mereka memiliki poin yang sama dengan McLaren dengan 81 poin, sekaligus memanaskan persaingan di baris tengah.

5. Alonso alami balapan yang buruk

Esteban Ocon Senang Raih Posisi Kelima di Formula 1 GP AustriaFernando Alonso gagal melakoni start pada sprint race di GP Austria 2022. (formula1.com)

Berbeda dengan Ocon, Fernando Alonso mengalami pekan yang cukup buruk di Red Bull Ring. Masalah bermula dari masalah elektronik pada mobilnya yang membuat juara dunia dua kali tersebut gagal melakoni start di sesi sprint race.

Hal itu membuatnya harus mengawali balapan dari posisi ke-19. Namun, mesin baru yang diberikan oleh Alpine membuat Alonso bisa mengakhiri balapan di peringkat kesepuluh, sekaligus menyegel satu poin baginya.

 

Esteban Ocon menunjukkan penampilan yang impresif pada balapannya yang ke-100 di GP Austria. Ia pun berharap hasil bagus ini dapat berlanjut di sisa balapan musim ini.

Baca Juga: Fernando Alonso Puji Performa Alpine di Dua Balapan Awal F1 Musim 2022

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya