5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga Inggris

Salah satunya sukses bawa tim juarai liga

Rusia bukanlah negara yang dikenal kuat dalam sepak bola, para pemainnya pun tak ada yang berlabel bintang. Meski begitu, mereka kerap kali mengejutkan di kancah Eropa, seperti saat mereka menjadi semifinalis Piala Eropa 2008 ataupun mengalahkan Spanyol pada Piala Dunia 2018 lalu.

Para pemainnya pun banyak juga yang berkarier di beberapa liga top Eropa. Tak terkecuali liga Inggris yang sering dikatakan sebagai liga terbaik di dunia. Berikut lima pemain sepak bola asal Rusia terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris.

1. Yuri Zhirkov

5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisYuri Zhirkov (90min.com)

Yuri Zhirkov menjadi pemain Rusia termahal kala ia menerima tawaran Chelsea pada musim 2009. Kala itu The Blues harus membayar senilai £18 juta atau setara dengan Rp351 miliar untuk mendatangkannya dari CSKA Moscow. Namun, ia justru mengalami cedera jelang musim dimulai dan baru debut enam bulan berselang.

Zhirkov beruntung kala Ashley Cole mengalami cedera dan absen selama tiga bulan, hal itu membuatnya mendapat satu tempat di posisi bek kiri. Penampilannya pun lumayan bagus dan turut membantu Chelsea meraih gelar Liga Inggris dan Piala FA. Namun, kembalinya Cole membuat ia kembali duduk di bangku cadangan, dan akhirnya kembali ke Rusia bersama Anzhi Makhachkala pada musim 2011.

2. Roman Pavlyuchenko

5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisRoman Pavlyuchenko (bleacherreport.com)

Roman Pavlyuchenko didatangkan Tottenham Hotspur pada musim 2008 usai tampil tajam bersama Spartak Moscow. Ia mencetak gol debutnya untuk Spurs dalam laga melawan Newcastle United di ajang Piala Liga. Namun, aksi tak terpujinya ketika diganti dalam laga melawan Manchester City membuat pelatihnya saat itu, Harry Redknapp cukup marah.

Semusim berselang ia hanya menjadi pilihan keempat, di belakang Robbie Keane, Peter Crouch, dan Jermaine Defoe. Karier Pavlyuchenko bersama The Lily White pun akhirnya berakhir pada tahun 2012, saat ia kembali ke Rusia dengan membela Lokomotiv Moscow. Kini ia bermain di kasta ketiga Liga Rusia bersama Znamya Noginsk.

Baca Juga: 5 Film Sepak Bola Terbaik Sepanjang Sejarah, Sudah Pernah Menonton?

3. Alexei Smertin

5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisAlexei Smertin (theathletic.com)

Alexei Smertin pernah bermain untuk empat tim Liga Inggris sepanjang kariernya. Ia mengawali petualangannya di tanah Ratu Elizabeth ketika menerima tawaran dari Chelsea pada musim 2003, namun ia justru dipinjamkan ke Portsmouth. Ia baru menjalani debut bersama The Blues saat Jose Mourinho menjabat sebagai pelatih semusim berselang. 

Meski tak banyak bermain, Smertin sukses mendapat gelar Liga Inggris. Semusim berselang ia kembali dipinjamkan ke Charlton Athletic. Ia pun mengakhiri kontraknya dengan Chelsea dan memilih pulang ke Rusia bersama Dynamo Moscow pada 2006. Namun, di musim yang sama ia memutuskan bergabung ke Fulham, yang juga menjadi pelabuhan terakhirnya.

4. Andrey Arshavin

5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisAndrey Arshavin (90min.com)

Fans Arsenal mungkin tak akan melupakan aksi Andrey Arshavin kala ia mencetak 4 gol dalam laga melawan Liverpool, padahal ia hanyalah seorang gelandang serang. Meski baru setengah musim membela Arsenal, ia berada di posisi kedua sebagai pemain terbaik Arsenal musim itu.

Arshavin kemudian dipinjamkan ke Zenit St Petersburg pada tahun 2012, usai menit bermainnya semakin berkurang. Ia kemudian resmi dipermanenkan Zenit semusim berselang. Arshavin selanjutnya berkarier bersama Kuban Krasnodar, sebelum mengakhiri kariernya bersama Kairat di Liga Kazakhstan.

5. Andrei Kanchelskis

5 Pemain asal Rusia Terbaik yang Pernah Bermain di Liga InggrisAndrei Kanchelskis (thesefootballtimes.co)

Andrey Kanchelskis mungkin bisa dikatakan sebagai pemain terbaik Rusia yang pernah bermain di Liga Inggris. Ia bukanlah nama hebat kala Manchester United mendatangkannya dari Shakhtar Donetsk pada musim 1991. Namun, di bawah asuhan Sir Alex Ferguson, ia bisa menjadi salah satu kunci United kembali merengkuh gelar Liga Inggris untuk pertama kalinya dalam 26 tahun.

Selain itu ia juga turut meraih gelar Piala Super Eropa, Piala Liga, dan Piala FA. Pada musim 1995 Kanchelskis akhirnya pergi ke Everton usai 4 musim bersama setan merah dengan catatan 48 gol dari 145 penampilan. Setelahnya, ia sempat membela Manchester City dan Southampton selama berkarier di Premier League.

Pemain Rusia bisa dibilang cukup sedikit yang berkarier di Liga Inggris, yang memang dikenal sangat ketat dan keras. Namun, ada juga yang meraih kesuksesan dengan meraih beberapa gelar.

Baca Juga: 5 Rekor Internasional yang Belum Terpecahkan dalam Sejarah Sepak Bola

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya