5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik Podium

Tiga di antaranya meraih kemenangan

Swedia bukanlah negara yang dikenal banyak menghasilkan pembalap hebat di ajang Formula 1. Bahkan, terakhir kali ada pembalap asal Swedia di lintasan adalah pada musim 2018 ketika Marcus Ericsson membela Sauber.

Meski begitu, para pembalap Swedia sempat beberapa kali memanaskan persaingan di Formula 1. Raihan podium atau bahkan kemenangan sempat mereka persembahkan. Berikut lima pembalap Formula 1 asal Swedia yang pernah naik podium.

1. Jo Bonnier

5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik PodiumJo Bonnier (twitter.com/hondaracingwtcr)

Karl Jockum Jonas Bonnier atau yang kerap dipanggil Jo Bonnier memulai kariernya di Formula 1 pada musim 1956. Bertahan hingga musim 1971, Bonnier hanya pernah sekali merasakan manisnya podium.

Momen tersebut terjadi pada musim 1959 ketika ia memenangi GP Belanda bersama BRM. Pada 1966, Bonnier membangun tim Formula 1 miliknya sendiri bernama Anglo-Suisse Racing Team yang kemudian menjadi Ecurie Bonnier.

Baca Juga: Nostalgia 14 Kemenangan Sebastian Vettel Bersama Ferrari di Formula 1 

2. Reine Wisell

5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik PodiumReine Wisell (fiaresultsandstatistics.motorsportstats.com)

Dari 22 kali balapan di Formula 1, Reine Wisell tercatat hanya sekali meraih podium. Menariknya, podium tersebut justru ia dapat pada balapan debutnya di GP Amerika Serikat 1970 ketika membela Lotus.

Setelah itu, Wisell sempat membela BRM dan March tetapi tak pernah lagi merasakan podium. GP Swedia 1974 menjadi balapan terakhir Wisell di ajang Formula 1.

3. Gunnar Nilsson

5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik PodiumGunnar Nilsson (twitter.com/F1)

Gunnar Nilsson menjalani dua musim di Formula 1 untuk tim Lotus pada 1976 dan 1977. Mengendarai mobil Lotus 77 karya Colin Chapman, Nilsson meraih dua podium pada musim 1976 di GP Spanyol dan Austria.

Semusim berselang, Nilsson kembali menorehkan dua podium, tepatnya di GP Belgia ketika ia menjadi juara dan GP Inggris saat Nilsson finis ketiga. Hubungan yang memburuk dengan Colin Chapman membuat Nilsson tak lagi mengaspal di Formula 1.

4. Stefan Johansson

5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik PodiumStefan Johansson (twitter.com/SJohanssonF1)

Stefan Johansson meraih 12 podium sepanjang kariernya di Formula 1 dari 1980--1991. Masa-masa terbaik Johansson datang ketika ia membela Ferrari selama dua musim pada 1985 dan 1986. Bersama tim kuda jingkrak tersebut, Johansson sukses meraih enam podium.

Kepindahannya ke McLaren pada musim 1987 membuatnya mendapat tambahan lima podium. Satu podium lainnya didapat Johansson ketika membela tim papan bawah, Onyx. Sayang, hingga akhir kariernya, Johansson tak pernah sekali pun memenangi balapan Formula 1.

5. Ronnie Peterson

5 Pembalap Formula 1 asal Swedia yang Pernah Naik PodiumRonnie Peterson (formula1.com)

Ronnie Peterson bisa dibilang merupakan pembalap asal Swedia tersukses di Formula 1. Dari 103 balapan yang ia lakoni, Peterson sukses mengoleksi 26 podium dengan 10 di antaranya merupakan kemenangan.

Peterson bahkan dua kali mengakhiri musim sebagai runner up, yakni pada musim 1971 bersama March dan 1978 ketika membela Lotus. Peterson meninggal dunia secara tragis setelah mengalami kecelakaan fatal di GP Italia 1978. 

Kelima pembalap tersebut sukses menorehkan tinta emas bagi Swedia di ajang Formula 1 dengan raihan podium bahkan kemenangan. Akankah Swedia bisa kembali menghasilkan pembalap hebat yang bisa meneruskan prestasi mereka?

Baca Juga: Momen 10 Kemenangan Pertama Max Verstappen di Formula 1 

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya