Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP Catalunya

Akankah di musim 2022 muncul juara baru?

Para penggemar MotoGP tak akan menunggu terlalu lama untuk melihat para pembalap kesayangan mereka kembali tampil di lintasan. Sirkuit Catalunya akan menjadi lanjutan seri kesembilan yang akan digelar pada Minggu (5/6/2022).

Menariknya, dari enam seri sebelumnya selalu menampilkan pemenang yang berbeda. Musim lalu puncak podium berhasil diraih oleh pembalap KTM, Miguel Oliveira. Dengan persaingan yang begitu ketat musim ini, bukan tak mungkin akan muncul pemenang baru.

1. Valentino Rossi (GP Catalunya 2016)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaValentino Rossi menjuarai GP Catalunya 2016. (motogp.com)

Valentino Rossi yang mengawali balapan dari posisi kelima harus berjuang keras untuk menjadi pemenang GP Catalunya 2016. Pada saat race dimulai, ia bahkan harus turun dua posisi ke urutan ketujuh.

Rossi perlahan mulai merangkak naik hingga akhirnya menjadi yang terdepan. Meski begitu, Marc Marquez tak membiarkan The Doctor menang dengan mudah. Namun, semua yang dilakukan Marquez tak mampu menggusur Rossi dari posisi terdepan hingga balapan selesai.

GP Catalunya 2016 ini merupakan pekan yang cukup kelam bagi dunia MotoGP. Karena saat itu pembalap Moto2, Luis Salom, menghembuskan nafas terakhirnya usai mengalami kecelakaan fatal pada sesi latihan bebas.

2. Andrea Dovizioso(GP Catalunya 2017)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaAndrea Dovizioso menjuarai GP Catalunya 2017. (motogp.com)

GP Catalunya 2017 menjadi balapan sempurna bagi rider Ducati, Andrea Dovizioso. Walaupun hanya berada di urutan ketujuh saat start. Dovizioso mampu menjadi yang tercepat di akhir balapan, bahkan unggul lebih dari tiga detik dari Marc Marquez di urutan kedua.

Kemenangan ini juga merupakan kemenangan back to back pertama bagi Ducati sejak Casey Stoner melakukannya pada 2010. Karena sebelum balapan di Catalunya, Dovizioso juga sukses menaklukan sirkuit Mugello.

Baca Juga: Bagnaia Siap Balapan dalam Kondisi Cuaca Apa pun di GP Catalunya  

3. Jorge Lorenzo (GP Catalunya 2018)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaJorge Lorenzo menjuarai GP Catalunya 2018. (motogp.com)

Kebersamaan Jorge Lorenzo bersama Ducati memang bisa dibilang tak terlalu impresif. Meski begitu, pembalap berjuluk Porfuera tersebut mampu meraih tiga kemenangan. Salah satunya terjadi di GP Catalunya 2018.

Kemenangan tersebut juga cukup spesial bagi Lorenzo karena itu merupakan raihan podium ke-150 baginya. Kemenangan Lorenzo dari pole position juga tergolong cukup langka di Catalunya. Karena sebelum Lorenzo hanya ada tiga pembalap yang mampu menang di Catalunya dari pole position, yakni Luca Cadalora, Mick Doohan, dan Valentino Rossi.

4. Marc Marquez (GP Catalunya 2019)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaMarc Marquez menjuarai GP Catalunya 2019. (motogp.com)

GP Catalunya 2019 berjalan cukup chaos di awal-awal lap. Hal itu karena pada lap kedua, empat pembalap papan atas, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi sudah keluar balapan akibat mengalami insiden.

Kejadian tersebut membuat Marc Marquez tak tersentuh di posisi terdepan. Kemenangan ini terasa lebih spesial bagi Marc Marquez karena Catalunya merupakan kampung halamannya. Sayang, Marquez akan absen pada gelaran GP Catalunya musim ini.

5. Fabio Quartararo (GP Catalunya 2020)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaFabio Quartararo menjuarai GP Catalunya 2020. (motogp.com)

Setelah pada musim 2019 harus puas menjadi runner-up di belakang Marc Marquez. Fabio Quartararo tampil menawan dengan menjadi pemenang semusim berselang. Ia menggapai puncak podium setelah mengatasi persaingan dari dua pembalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins.

Kemenangan ini merupakan kemenangan ketiganya di musim tersebut dan sempat membuatnya menjadi kandidat kuat juara dunia, sebelum disalip Joan Mir di akhir musim. Kini Quartararo berkesempatan kembali berjaya di Catalunya.

6. Miguel Oliveira (GP Catalunya 2021)

Ada Pemenang Berbeda dalam 6 Balapan Terakhir MotoGP CatalunyaMiguel Oliveira menjuarai GP Catalunya 2021. (motogp.com)

Meskipun hanya mencatatkan waktu terbaik keempat pada sesi kualifikasi. Pembalap KTM, Miguel Oliveira, mampu mengambil alih posisi terdepan yang saat itu diperebutkan oleh Fabio Quartararo dan Jack Miller.

Namun, penantang sebenarnya adalah Johann Zarco yang sempat menempel ketat Oliveira pada akhir balapan. Namun, pembalap asal Portugal tersebut tampil tenang dan mampu meraih satu-satunya kemenangan di musim tersebut.

 

GP Catalunya terbukti selalu menyajikan tontonan yang menarik di setiap balapan, karena selalu menampilkan pemenang yang berbeda dalam enam musim terakhir. Lantas, akankah muncul juara baru pada musim ini?

Baca Juga: Hampir Semua Pembalap MotoGP 2022 Pernah Podium di Sirkuit Catalunya

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya