Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023

Gasly tak sabar lakoni musim 2023 bareng Alpine

Pierre Gasly menghadapi tantangan baru bersama Alpine di Formula 1 2023. Ia pindah ke sana setelah beberapa musim bersama Red Bull dan AlphaTauri. Bergabungnya Gasly ke Alpine membuat mereka punya dua pembalap asal Prancis dengan Esteban Ocon.

Alpine menunjukkan potensinya setelah finis keempat di tabel konstruktor. Dengan modal bagus tersebut, ditambah pengalaman Gasly, Alpine berpotensi jadi salah satu kuda hitam yang siap merusak persaingan papan atas.

1. Musim pertama Gasly di luar keluarga Red Bull

Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023Pierre Gasly (formula1.com)

Pierre Gasly, yang merupakan bagian dari Red Bull Junior, pertama kali diberi kesempatan menjajal mobil Formula 1 pada beberapa balapan musim 2017 bersama Toro Rosso. Semusim berselang, ia dikontrak semusim penuh menggantikan Daniil Kvyat.

Gasly sempat membela Red Bull selama setengah musim pada 2019 sebelum kembali ke Toro Rosso. Namun, ia membuktikan kualitasnya dengan menyabet kemenangan pada GP Italia 2020 dan selalu konsisten mendapatkan poin.

2. Hengkangnya Fernando Alonso buka pintu Pierre Gasly menuju Alpine

Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023Fernando Alonso (formula1.com)

Pierre Gasly sebenarnya masih punya kontrak bersama AlphaTauri hingga 2023, tetapi ia memilih untuk bergabung bersama Alpine. Hal itu ia pilih setelah Fernando Alonso memutuskan untuk hijrah ke Aston Martin sehingga meninggalkan satu kursi kosong di Alpine.

Oscar Piastri yang sebelumnya sempat menjadi pengganti Alonso justru bergabung dengan McLaren. Gasly yang sepertinya sulit untuk kembali naik ke Red Bull dan mobil AlphaTauri yang kurang kompetitif akhirnya mantap memilih pindah ke Alpine.

Baca Juga: Otmar Szafnauer Beber Alasan Alpine Pilih Pierre Gasly di F1 2023 

3. Alpine memperlihatkan potensi mereka pada 2022

Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023Alpine (formula1.com)

Alpine sukses menempati peringkat keempat tabel konstruktor Formula 1 2022 dengan koleksi 173 poin. Hal ini jelas lebih baik dari musim sebelumnya yang hanya menghuni peringkat kelima dengan 155 poin.

Sebenarnya, Alpine berpotensi mendulang lebih banyak poin jika tak bermasalah dengan reabilitas mesin yang membuat mereka beberapa kali kehilangan poin. Alpine juga diharapkan mampu mengganggu persaingan papan atas yang saat ini dikuasai Red Bull, Ferrari, dan Mercedes.

4. Pierre Gasly melihat potensi besar bersama Alpine pada 2023

Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023Pierre Gasly (formula1.com)

Melihat performa Alpine musim lalu membuat Gasly yakin timnya bisa bersaing untuk musim depan. Konsistensi finis di zona poin merupakan hal yang sulit diraih Gasly bersama AlphaTauri, tetapi bisa saja tidak sesulit itu bersama Alpine. Bahkan, Fernando Alonso sempat meraih posisi kedua di sesi kualifikasi GP Kanada. 

"Jika Anda melihat perkembangan tim selama beberapa tahun terakhir, cukup mengesankan bagi saya bagaimana kemajuan mereka. Tim sedang mengembangkan mobil dengan sangat baik. Tiap kali mereka membawa suku cadang baru, mereka membuat kemajuan," ujar Gasly mengutip Racing News 365.

5. Pierre Gasly akan bersaing dengan Esteban Ocon

Pierre Gasly Lihat Potensi Besar Alpine di Formula 1 2023Esteban Ocon dan Pierre Gasly (formula1.com)

Pierre Gasly dan Esteban Ocon sudah saling mengenal sejak kecil. Sama-sama berasal dari Prancis membuat mereka kerap bersaing di ajang karting. Namun, keduanya punya hubungan yang tak terlalu baik.

Hal ini membuat persaingan di garasi Alpine memanas di antara keduanya. Adanya Gasly dan Ocon juga membuat kembalinya duet sesama Prancis sejak terakhir kali terjadi pada 1994.

Pierre Gasly akan menjalani musim 2023 dengan suasana baru setelah memilih bergabung bersama Alpine. Performa mereka yang menjanjikan pada 2022 membuat Gasly yakin timnya bisa tampil kompetitif.

Baca Juga: Pierre Gasly Percaya Diri Raih Hasil Fantastis Bersama Alpine

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya